Bitung

Bitung Torang Pe Rumah, Cara Pemuda Bitung Merawat Toleransi

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Thursday, 24 October 2019 22:14   433 kali
Ketua Panitia Diskusi Publik Bitung Torang Pe Rumah, Rocky Oroh saat menyampaikan sambutannya. (foto: acha)
BITUNG (BK) : Unsur pemuda di Kota Bitung yang tergabung dalam Forum Kebersamaan Sulawesi Utara menggelar Diskusi Publik Bitung Torang Pe Rumah. Diskusi ini mengisyaratkan pesan kedamaian untuk terus menjaga hidup harmonis dengan menjaga toleransi.
 
 
Diskusi yang digelar di ruang sidang Kantor Walikota Bitung, Lantai IV, Kamis (24/10/2019), diikuti Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Organisasi Masyarakat (Ormas), siswa serta undangan lainnya.
 
 
Hadir sebagai pemantik dalam diskusi tersebut, Walikota Bitung Maximilian Lomban, Kapolres Bitung AKBP Stefanus Tamuntuan dan Komandan Kodim 1310 Bitung Letkol Inf Kusnandar.
 
 
 
Para pemantik pada Diskusi Publik Bitung Torang Pe Rumah. Dari kiri ke kanan, Dandim 1310 Bitung Letkol Inf Kusnandar, Walikota Bitung Maximilian Lomban dan Kapolres Bitung AKBP Stevanus Tamuntuan serta Ketua Panitia Pelaksana Diskusi Publik Rocky Oroh. (foto: acha)
 
 
Ketua Panitia, Rocky Oroh dalam sambutannya mengatakan diskusi publik Bitung Torang Pe Rumah sebenarnya rutin dilaksanakan semasa dirinya dan beberapa rekan masih aktif di dunia jurnalistik. Tapi dalam 5 tahun terakhir tidak digelar lagi.
 
 
“Kami kemudian merasa terpanggil lagi dan menginisiasi diskusi digelar lagi, apalagi bertepatan dengan momen peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-91,” ujar Rocky.
 
 
Menurutnya, diskusi bertema, “Bersama Pemuda Kita Rajut Kebersamaan, Bersatu Torang Kuat Menuju Bitung Hebat Bitung Kota Damai”, sangat penting diangkat lagi karena melihat serta mencermati perkembangan sosial dan masyarakat Kota Bitung yang semakin berkembang, seiring pertumbuhan penduduknya yang juga ikut meningkat.
 
 
“Merajut kebersamaan dalam bingkai Bitung Torang Pe Rumah sudah harus kita jalankan bersama-sama, mengingat di Kota Bitung inilah tempat kita hidup, tempat lahir kita, tempat kita mencari nafkah, bekerja dan berusaha sehingga harus kita jaga bersama-sama,” terang Rocky.
 
 
 
Peserta Diskusi Publik Bitung Torang Pe Rumah. (foto: acha)
 
 
Perkembangan kemasyarakatan akhir-akhir ini yang semakin kompleks dengan berbagai permasalahan, terutama media sosial yang salah, menurutnya menjadi satu faktor yang dapat menjadi penyebab timbulnya gesekan antara sesama warga masyarakat Bitung. Dan tentunya pada ujungnya akan menghambat segala aspek aktifitas.
 
 
“Untuk itu penting bagi kita hari ini untuk menyatukan visi dan persepsi bahwa, Bitung torang pe rumah ini harus torang jaga, terutama dalam hal kerukunan dan toleransi,” ungkapnya lagi. 
 
 
Bitung menurutnya harus dijaga dari kepentingan kepentingan kelompok yang hendak merusak tatanan kehidupan sudah terbangun dengan baik yang akhir-akhir banyak menyusupi berbagai elemen masyarakat melalui paham paham yang tidak cocok dengan budaya Indonesia dan bertentangan dengan karakter masyarakat Indonesia yang cinta kedamaian dan cinta hidup rukun.
 
 
“Kami berharap, dengan digelarnya diskusi publik ini, kita semua bisa saling merangkul untuk mencegah masuknya kepentingan kepentingan yang dapat merusak falsafah Bumi Nyiur yaitu Torang Samua Basudara,” tandasnya.
 
 
(acha/bk-8)
Komentar ()
Berita Bitung
Bitung
08 Oct 2018 / dibaca 873 kali
BITUNG (BK) : Meidy Montesoria Tuwo merayakan Pengucapan Syukur bersama kerabat dan masyarakat sekitar kediamannya di Kelurahan Girian Indah,...
Bitung
17 Aug 2018 / dibaca 957 kali
BITUNG (BK) : Patut ditiru apa yang dilakukan kelompok anak muda yang tergabung dalam Kelompok Muda Pencinta Alam (KMPA) Tindakan Antusias...
Bitung
12 Jul 2018 / dibaca 886 kali
BITUNG (BK) : Letkol Marinir Nandang Permana Jaya SE resmi menjabat Komandan Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) VIII Bitung....
Bitung
24 Jun 2018 / dibaca 1032 kali
BITUNG (BK) : Satlantas Polres Bitung berhasil menjadi jawara dalam ajang Police Movie Festival (PMF) ke-5 yang digelar Divisi Humas Polri....
Bitung
02 Jun 2018 / dibaca 1044 kali
BITUNG (BK): Basarnas Sulut berhasil menyelamatkankan pambut (kapal) penangkap ikan yang mengalami mati mesin di laut. Pambut berlambung...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2019 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.