Bitung

Cara KMPA TANSA Refleksikan Kemerdekaan RI ke-73

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Friday, 17 August 2018 23:44   1069 kali
KMPA Tansa melaksanakan upacara bendera memperingati Hari Kemerdekaan RI. (foto : ist)
BITUNG (BK) : Patut ditiru apa yang dilakukan kelompok anak muda yang tergabung dalam Kelompok Muda Pencinta Alam (KMPA) Tindakan Antusias Simpati Alam (TANSA) Sulawesi Utara dalam merefleksikan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-73.
 
 
Selain memperingati dengan melaksanakan Upacara Bendera, para anak muda ini juga melaksanakan bhakti sosial membersihkan lokasi wisata Batu Angus Bitung, dengan mengangkat sampah-sampah yang berserakan, Jumat (17/8/2018) pagi.
 
 
Kegiatan ini kemudian mendapat respon positif dari sejumlah komunitas yang berada di Kota Bitung. Tercatat, kegiatan bersih-bersih itu dihadiri Komunitas Vespa Bitung, Mahasiswa Pencinta Alam (MPA) STIE Petra Bitung, KPA Katsuwonus Adv, KPA Coral Bitung serta Pemerhati Sungai Kota Bitung.
 
 
Ketua KMPA TANSA Sulut, Fernando Laira mengungkapkan, selain memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia, kegiatan ini bertujuan membangun semangat para-pemuda untuk selalu mencintai lingkungan. Juga untuk menyadarkan para pengunjung di lokasi wisata Batu Angus untuk tidak membuang sampah sembarangan.
 
 
“Ada 60 karung sampah yang berhasil kami angkut. Umumnya sampah plastik bekas makanan seperti snack maupun botol plastik bekas air mineral dan soda,” ujar Laira.
 
 
 
Bersih-bersih pantai Wisata batu Angus. (foto : ist)
 
 
Pemerhati Sungai Kota Bitung, Epang Pangalila mendukung kegiatan yang dilakukan KMPA Tansa Sulut. Pangalila yang juga menjadi pembina dalam upacara peringatan Hari Kemerdekaan yang digelar KMPA Tansa, meminta kegiatan seperti ini harus terus dilakukan sebagai upaya dalam melestarikan lingkungan.
 
 
“Jadilah pemuda yang mencintai alam dan lingkungan karena itu bagian dari menjaga NKRI,” tandasnya.
 
 
Saran bagus dikemukakan Vano Tambanaung, anggota KPA Coral Bitung yang menyebut perlunya pendataan barang bawaan pengunjung yang bisa menjadi sampah plastik ketika datang ke lokasi wisata Batu Angus. Data itu nantinya akan dicocokkan lagi ketika pengunjung kembali pulang.
 
 
“Pengunjung tidak lagi membuang sampah sembarangan karena barang bawaan sudah didata saat masuk ke lokasi,” tukasnya.
 
 
Begitu pun dengan sampah dari laut yang terbawa ke darat oleh arus air, dia berharap Pemerintah Kota Bitung lebih tegas menanganinya. “Harus ada himbauan kepada pemilik kapal untuk tidak membuang sampah ke laut agar laut serta pantai kita bisa bebas dari sampah plastik,” pungkas Tambanaung.
 
 
(acha/bk-8)
Komentar ()
Berita Bitung
Bitung
24 Feb 2019 / dibaca 628 kali
BITUNG (BK): Lagi, anggota DPR RI, Jerry Sambuaga mengunjungi Kota Bitung, Minggu (24/2/2019). Sebelum bertemu dengan warga, ia beribadah...
Bitung
22 Feb 2019 / dibaca 972 kali
BITUNG (BK): Calon anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI dari daerah pemilihan Provinsi Sulawesi Utara, Jerry Sambuaga mengadakan...
Bitung
19 Feb 2019 / dibaca 473 kali
BITUNG (BK) : Kejaksaan Negeri (Kejari) Bitung masuk dalam 5 Kejari yang ditetapkan sebagai unit kerja Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah...
Bitung
04 Jan 2019 / dibaca 678 kali
BITUNG (BK): Pemilu 2019 prosesnya cukup panjang. Bawaslu sendiri sadar bahwa untuk melaksanakan fungsi pengawasan diperlukan peran semua...
Bitung
07 Dec 2018 / dibaca 640 kali
BITUNG (BK) : Polisi Militer Lantamal VIII Manado menyisir Tempat Hiburan Malam (THM) yang berada di Kota Bitung, Sulawesi Utara. Penyisiran...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2020 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.