Bolmong

Karinda Cs ke Lokasi PT Conch North Sulawesi, Pekerja Cina Lari Bersembunyi

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Thursday, 18 May 2017 21:37   502 kali

LOLAK (BK): Ada hal menarik saat Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Utara melakukan kunjungan kerja ke lokasi pabrik semen milik PT Conch North Sulawesi di Desa Solog, Kecamatan Lolak, Kamis (18/5/2017).

 

Sejumlah pekerja asal Cina lari terbirit-birit ketika melihat rombongan Komisi IV masuk di area perusahaan seluas 200 hektar. Mereka lari ke arah masuk hutan dan ke laut naik speedboat.

 

“Kunjungan kami (Komisi IV) di PT Conch North karena ada laporan dari masyarakat dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM). Karena, perusahaan mempekerjakan orang Cina yang hanya pakai visa turis,” kata Ketua Komisi IV DPRD Sulut, James Karinda kepada beritakawanua.com.

 

Ia menyatakan, kunjungan tersebut bersama dengan Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Provinsi Sulut.  “Gubernur harus tegas tindak perusahaan yang belum kantongi izin tapi sudah beroperasi. Selain itu, pekerja asing asal Cina sangat banyak. Ini menyalahi aturan. Kami sayangkan Pemprov belum bertindak terkesan membiarkan kondisi ini terus berlangsung,” tegas Karinda di lokasi PT Conch North.

 

Dijelaskan, kunjungan kerja Komisi IV yang membidangi tenaga kerja dan lingkungan hidup berdasarkan  surat tugas Ketua DPRD da aduan masyarakat.

 

Tiga legislator asal Kabupaten Bolaang Mongondow, Dang Legoh, Muslimah dan Rita sangat kecewa karena mereka melihat langsung pekerja asal Cina lari saat DPRD dan Dinas Ketenagakerjaan turun di lokasi perusahaan. Yang tertinggal di lokasi perusahaan semen itu, hanya pekerja lokal. Sedangkan pekerja Cina lari menyembunyikan diri.

 

Karinda dari Fraksi Demokrat menyatakan, daerah rugi karena Pendapat Asli Daerah (PAD) mengenai pengujian lingkungan kerja dan kesehatan  tenaga kerja serta perpanjangan izin mempekerjakan tenaga kerja asing yang semestinya harus dibayar sebesar 100 dolar tidak masuk bagi negara.

 

“Perusahaan tidak melakukan pengujian alat-alat K3 (Keselamatan, Kesehatan, Kerja). Juga tidak mengikutsertakan BPJS bagi pekerja lokal dan asing. Ini temuan kami di lapangan,” papar dia.

 

Sebagaimana diketahui, PT Conch North Sulawesi menginvestasi pada pabrik semen sebesar Rp10 triliun.

 

(patria)

 

 

 

 

 

 

 

Komentar ()
Berita Bolmong
Bolmong
13 Feb 2017 / dibaca 323 kali
BOLMONG (BK): Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) membantu warga di pesisir Pantai Inobonto untuk...
Bolmong
13 Feb 2017 / dibaca 316 kali
BOLMONG (BK): Cuaca ekstrim yang melanda wilayah Pantai Utara (Pantura) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong). Akibatnya, gelombang air pasang...
Bolmong
12 Feb 2017 / dibaca 348 kali
BOLMONG (BK): Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sulut menilai Pilkada Bolmong rawan akurasi data pemilih. Hal ini diungkapkan Johnny...
Bolmong
10 Feb 2017 / dibaca 389 kali
BOLMONG (BK): Hajar Latama (32), warga Desa Nonapan Baru Kecamatan Poigar Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), hanyut di sungai Nonapan....
Bolmong
09 Feb 2017 / dibaca 420 kali
BOLMONG (BK): Sebanyak 346 pengawas Tempat Pemungutan Suara (TPS), dibekali dengan Bimbingan Teknik (Bimtek) oleh Badan Pengawas Pemilu...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2017 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.