Ekonomi

Luncurkan Aplikasi Mudik, BPJS Permudah Prosedur Pelayanan Kesehatan

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Thursday, 15 June 2017 21:50   325 kali
(foto : acha)
MANADO (BK) : Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan menerapkan kebijakan khusus terkait prosedur pelayanan bagi peserta JKN-KIS yang melaksanakan mudik lebaran tahun ini. BPJS Kesehatan juga menggandeng Dinas Kesehatan Provinsi Sulut untuk menyediakan posko-posko layanan kesehatan di beberapa titik padat pemudik.
 
 
“Ini sebagai wujud kepedulian terhadap kenyamanan dan kepuasan peserta untuk memperoleh pelayanan kesehatan menjelang Hari Raya Idul Fitri tahun ini,” ujar Kepala BPJS Kesehatan Cabang Manado, dr Greisthy Borotoding pada Konferensi Pers Mudik Nyaman Bersama BPJS Kesehatan, Kamis (15/6/2017).
 
 
Dia mengatakan, peserta JKN-KIS yang sedang mudik dapat berobat ke luar wilayah tanpa harus melapor ke Kantor Cabang BPJS Kesehatan setempat. “Untuk prosedurnya, peserta dalam kondisi darurat maupun non darurat dapat langsung berobat ke IGD rumah sakit terdekat yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan,” terang Borotoding.
 
 
Kebijakan penyederhanaan itu katanya, berlaku sejak 19 Juni 2017 sampai dengan 2 Juli 2017. Dengan diterapkannya kebijakan tersebut, peserta JKN-KIS yang sakit saat mudik ataupun telah sampai ke tempat tujuan tidak harus melapor ke Kantor Cabang BPJS Kesehatan setempat.
 
 
“Kebijakan tersebut mengacu pada prinsip portabilitas yang diemban BPJS Kesehatan,” ungkap wanita berparas cantik ini.
 
 
Untuk memastikan kelancaran peserta dalam memperoleh pelayanan kesehatan yang diperlukan, BPJS Kesehatan juga telah menciptakan aplikasi Mudik BPJS yang dapat didownload secara gratis di Google Play Store untuk perangkat android. Dalam aplikasi tersebut menyediakan nomor-nomor telpon penting, alamat kantor BPJS Kesehatan, fasilitas kesehatan yang menjadi mitra BPJS, tanya jawab, info, tips BPJS Kesehatan, lokasi penting serta media sosial BPJS Kesehatan.
 
 
“Di samping itu, selama libur lebaran, masyarakat tetap dapat menghubungi BPJS Kesehatan Care Center 1500400 untuk menjadi peserta JKN-KIS, kami tetap menempatkan petugas untuk tetap stand-by melayani masyarakat,” jelas Borotoding.
 
 
Sementara itu, Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Sulut, dr. Lidya Evalien Tulus mengatakan selama libur lebaran seluruh puskemas dan rumah sakit tetap akan selalu dibuka. “Silahkan lapor kepada kami jika menemukan rumah sakit atau Puskesmas yang tidak buka,” tandasnya.
 
 
Dinkes juga akan melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) kelayakan pengemudi kendaraan angkutan umum yang melayani perjalanan pemudik. Belum ditentukan waktu pelaksanaannya, namun dia berjanji akan melakukannya dalam waktu dekat ini.
 
 
"Yang jelas dalam waktu dekat ini, dan sekarang ini masih sedang kami koordinasikan dengan Dinas Perhubungan,” pungkasnya.
 
 
(acha/bk-8)
Komentar ()
Berita Ekonomi
Ekonomi
19 Jun 2017 / dibaca 282 kali
JAKARTA (BK) : PT PLN (Persero) menggelontorkan dana santunan sebesar Rp 10 miliar untuk menyantuni anak Yatim Piatu dan kaum Dhuafa yang...
Ekonomi
15 Jun 2017 / dibaca 326 kali
MANADO (BK) : Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan menerapkan kebijakan khusus terkait prosedur pelayanan bagi peserta JKN-KIS...
Ekonomi
01 Jun 2017 / dibaca 279 kali
MANADO (BK) : Prediksi kebutuhan uang menghadapi Ramadan dan Idul Fitri 1438 Hijriyah atau tahun 2017 di Sulawesi Utara (Sulut) diperkirakan...
Ekonomi
22 May 2017 / dibaca 268 kali
JAKARTA (BK): Wakil Sekretaris Jenderal DPP Partai Golkar, Jerry Sambuaga mengatakan, ada tiga hal yang harus dimiliki sebelum ekonomi kreatif...
Ekonomi
20 May 2017 / dibaca 359 kali
MANADO (BK) : Pemadaman listrik kini kerap terjadi di Kota Manado dan sekitarnya. Hampir setiap hari listrik alami ‘byar-pet’...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2017 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.