Hukum

Kejati Sulut, BPN dan PT PLN UIP Sulbagut Samakan Persepsi Pengadaan Tanah untuk Kepentingan Umum

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Tuesday, 22 October 2019 21:36   236 kali
MANADO (BK) : Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Sulut, Andi Muh Iqbal Arief membuka kegiatan sharing session pengadaan tanah untuk kepentingan umum oleh Jaksa Pengacara Negara (JPN) Kejaksaan se-Sulut di lingkungan PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Sulawesi Bagian Utara (UIP Sulbagut).
 
 
Menurutnya, kegiatan ini untuk menyatukan persepsi tiga lembaga pemerintah, yaitu Kejaksaan, PLN dan Badan Pertanahan Nasional (BPN), dimana pengadaan tanah untuk kepentingan umum, harus tetap mengacu pada Undang-undang Nomor 2 Tahun 2012 tentang pengadaan tanah beserta aturan pelaksanaannya.
 
 
“Momentum ini sangat berguna ini dapat diikuti secara sungguh-sungguh dan dijadikan pedoman supaya pendampingan Jaksa Pengacara Negara untuk kegiatan pengadaan tanah di lingkungan PLN  di Sulut dapat dilaksanakan tepat guna, tepat mutu dan tepat sasaran,” ujar Kajati saat membuka sharing session yang diadakan di Swissbell Hotel Manado, Selasa (22/10/2019).
 
 
Dengan tetap mengacu pada perundang-undangan, lanjut Kajati, akan menghindarkan dari potensi permasalahan pertanahan yang mungkin terjadi pada PT. PLN (Persero) di Sulut karena dilaksanakan sesuai ketentuan yang berlaku saat ini.
 
 
Pimpinan 3 lembaga pemerintah yang hadir pada pertemuan itu adalah Asisten Perdata dan Tata Usaha Negara (Asdatun) Jurist Precisely Sitepu, General Manager PT. PLN (Persero) UIP Sulbagut Mimin Insani dan Kepala Bidang Hukum Kantor Wilayah (Kanwil) Badan Pertanahan Negara (BPN) Provinsi Sulut, Budi Tarigan mewakili Kakanwil BPN Provinsi Sulut.
 
 
Selain itu juga dihadiri para Kepala Kejaksaan Negeri se-Sulut, para Kasi di Bidang Datun Kejati Sulut dan para Kasi Datun Kejari se-Sulut, para pejabat pada PT. PLN (Persero) UIP Sulbagut dan pejabat pada Kanwil BPN Provinsi Sulut.
 
 
Selanjutnya Kajati mengatakan bidang Penindakan Hukum Kejati Sulut akan membantu semua instansi baik pemerintah maupun BUMN/BUMD. Dia berharap terjalin komunikasi yang transparan agar bila terjadi kesalahan dalam pembangunan dapat diselesaikan dengan baik.
 
 
“PT PLN UIP Sulbagut jangan ragu-ragu untuk menyampaikan persoalan hukum yang ada,” tandas Andi.
 
 
Sebelumnya, General Manager PT. PLN (Persero) UIP Sulbagut, Mimin Insani mengapresiasi Kejati Sulut dan BPN mau bekerjasama dengan baik.
Insani mengatakan kerjasama dengan Kejati Sulut sudah dilaksanakan sejak tahun 2017 hingga sekarang.
 
 
“Sudah ada pendampingan proses pengadaan sebanyak 22 paket yang dilaksanakan PT PLN (Persero) UIP Sulbagut. Kami harapkan sharing session ini bisa menambah wawasan terhadap persoalan-persoalan yang selama ini terjadi di lapangan yang pada umumnya memakan waktu penyelesaian pengadaan tanah,” terangnya.
 
 
Insani berharap dari sharing session ini lahir pemikiran-pemikiran baru dan terobosan-terobosan yang akan memudahkan semua pihak untuk bisa menyelesaikan permasalahan pengadaan tanah, sehingga pembangunan kelistrikan di Provinsi Sulut dapat berjalan lancar tepat waktu.
 
 
“Dengan demikian, tujuan dari pembangunan bisa diselesaikan dengan baik dan mempercepat pertumbuhan ekonomi kita karena listrik merupakan infrastruktur bagi pertumbuhan ekonomi,” pungkas Insani.
 
 
Kepala Bidang Hukum Kantor Wilayah (Kanwil) Badan Pertanahan Negara (BPN) Provinsi Sulut, Budi Tarigan juga tampil membawakan materi atasannya Freddy Kolintama, tentang mekanisme pengadaan tanah bagi pembangunan untuk kepentingan umum, serta permasalahan pertanahan dalam pelaksanaan pengadaan tanah bagi pembangunan untuk kepentingan umum.
 
 
(acha/bk-8)
Komentar ()
Berita Hukum
Hukum
23 Nov 2019 / dibaca 145 kali
MANADO (BK) : Tim Resmob Polda Sulut menangkap pasangan suami-istri (pasutri), karena diduga melakukan pencurian di sejumlah minimarket....
Hukum
20 Nov 2019 / dibaca 271 kali
MANADO (BK) : Tim Resmob Polda Sulut mengungkap kasus pencurian yang sering terjadi di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Prof dr RD Kandou...
Hukum
20 Nov 2019 / dibaca 170 kali
MANADO (BK) : Sebanyak 69 orang mahasiswa Universitas Pertahanan (Unhan) melakukan “Study Visit” ke Markas Komando (Mako)...
Hukum
19 Nov 2019 / dibaca 131 kali
Danlantamal VIII, Laksamana Pertama TNI Gig Jonias Mozes Sipasulta bersalaman dengan Pangkoarmada II Laksamana Muda TNI Heru Kusmanto. (foto:...
Hukum
18 Nov 2019 / dibaca 411 kali
Kadisfaslanal Laksamana Pertama TNI Puguh Santoso disambut Wadanlantamal VIII, Kolonel Laut (P) Johanes Djanarko Wibowo di Mako Lantamal VIII...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2019 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.