Hukum

KPPS Minsel Akui Salah Hitung Suara

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Thursday, 30 May 2019 04:23   2614 kali
Ketua Majelis Sidang Ratna Dewi Pettalolo didampingi Anggota Majelis Sidang Fritz Edward Siregar dan Rahmat Bagja.

JAKARTA (BK): KPU Minahasa Selatan (Minsel) mengakui adanya kesalahan dalam proses penghitungan suara di pemilihan umum (pemilu) 2019.

 

Hal tersebut terungkap dari kesaksian anggota KPPS pada sidang lanjutan di Kantor Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI, Jalan Thamrin Jakarta, Rabu (29/5/2019).

 

Sidang dipimpin Ketua Majelis Hakim, Ratna Dewi Pettalolo didampingi Rahmat Badja, dan Fritz Edward Siregar.

 

Akibat kesalahan yang dilakukan KPPS Minsel membuat adanya perbedaan antara formulir C1, DA1 dan DAA1 berbeda jumlahnya. Oleh karena itulah, kata kuasa hukum pelapor, Oktavianus Rasubala, kesalahan proses tersebut menyebabkan dugaan pengelembungan suara pada calon anggota dewan tertentu.

 

Pada sidang pemeriksaan saksi itu, pihak pelapor menghadirkan saksi ahli bernama Margarito Kamis. Sidang lanjutan akan dilaksanakan pada Jumat pekan ini untuk mendengar kesimpulan majelis hakim.

 

Menanggapi kesalahan dari pihak KPPS, Sultan Zulkarnaen selaku Pengurus DPD Partai Golkar Provinsi Sulut, menilai perlu diadakannya penghitungan ulang suara di Minsel. "KPU Minsel sudah mengakui adanya kesalahan, sehingga seharusnya diadakan penghitungan ulang dengan membuka kotak suara dan menghitung C1 Plano diseluruh TPS yg ada di Minsel," ujarnya.

 

Politisi asal Bolaang Mongondow Selatan, itu juga menambahkan masih ada kemungkinan terjadinya kecurangan yang terstruktur, sistematis, dan masif. "Apabila ada human error di anggota KPPS dalam proses input, seharusnya terjadi di beberapa TPS saja. Namun ini terjadi hampir di seluruh TPS dan merugikan satu pihak saja," ungkap Sultan Zulkarnaen.

 

(jerman/bk-1)

 

Komentar ()
Berita Hukum
Hukum
23 Jun 2019 / dibaca 151 kali
(Ilustrasi)         MANADO (BK) : Sempat mendapat perawatan di rumah sakit, Stenly Manis (18),...
Hukum
22 Jun 2019 / dibaca 355 kali
(Ilustrasi)      MANADO (BK) : 2 orang meninggal dunia dan satunya kritis setelah tertimpa pohon yang tumbang...
Hukum
21 Jun 2019 / dibaca 117 kali
MANADO (BK) : Penyumbang terbesar terjadinya over kapasitas di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) dan Rumah Tahanan (Rutan) adalah narapidana dan...
Hukum
21 Jun 2019 / dibaca 110 kali
MANADO (BK) : Bidang Dokkes Polda Sulut menggelar bhakti kesehatan di Desa Kalasey 2 Kecamatan Mandolang Kabupaten Minahasa, Jumat...
Hukum
17 Jun 2019 / dibaca 324 kali
Anggota Inafis Polresta Manado membawa jasad lansia yang ditemukan meninggal dunia di dalam kamar rumahnya. (Fistel Mukuan/Tribun Manado)  ...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2019 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.