Hukum

Lantamal VIII Manado Musnahkan 1.520 Liter Cap Tikus Ilegal

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Friday, 21 December 2018 23:49   146 kali
Pemusnahan miras jenis cap tikus di Lantamal VIII Manado. (foto : acha)
MANADO (BK) : Sebanyak 1.520 liter minuman keras (miras) jenis Cap Tikus, dimusnahkan di halaman Markas Komando (Mako) Lantamal VIII Manado, Jumat (21/12/2018).
 
 
Pemusnahan dilakukan dengan cara dibakar dan ditumpahkan ke tanah. Komandan Lantamal VIII Manado, Laksamana Muda Gig Jonies Mozes Sipasulta memimpin langsung pemusnahan miras jenis lokalan itu.
 
 
“Miras ini hasil sitaan operasi gabungan saat akan dinaikkan ke atas kapal di beberapa pelabuhan yang ada di Sulawesi Utara. Operasi Second Fleet Quick Response namanya,” ujar Danlantamal, usai pemusnahan.
 
 
 
 
Pemusnahan dengan cara dibakar oleh Komandan Lantamal VIII Manado, Laksamana Muda Gig Jonies Mozes Sipasulta. (foto : acha)
 
 
Operasi gabungan itu katanya, melibatkan personel Angkatan Laut, Darat, Kepolisian, Bea Cukai, BPOM, Otoritas Pelabuhan di Bitung, Manado, Amurang dan Tahuna. “Operasi hanya satu bulan setengah, tapi hasilnya malah lebih banyak dari operasi sebelumnya,” kata Sipasulta.
 
 
Sipasulta mengatakan, akan terus melakukan operasi rutin dan terukur untuk menertibkan peredaran miras ilegal. Untuk itu, dia berharap kerjasama dan dukungan seluruh komponen, termasuk masyarakat.
 
 
“Penertiban miras ini sebagai bentuk penciptaan kondisi aman, nyaman serta bebas dari pemakaian miras secara berlebihan,” pungkas perwira tinggi berpangkat dua bintang itu.
 
 
 
 
Pemusnahan dengan cara dituangkan ke tanah. (foto : acha)
 
 
Sementara itu, secara terpisah Kadispen Lantamal VIII Manado, Mayor (T) Jusuf Ali menerangkan ada berbagai cara penyelundupan miras jenis cap tikus ini. Ada yang dimasukkan ke dalam botol mineral dan dikemas lagi dalam dus seperti layaknya dus air mineral.
 
 
Juga ada yang dimasukkan ke dalam kemasan plastik, sehingga apabila diletakkan, akan menyesuaikan dengan tempatnya. “Mereka menyelundupkannya dengan cara dititipkan saja sehingga tidak diketahui siapa pemiliknya,” ungkapnya.
 
 
(acha/bk-8)
Komentar ()
Berita Hukum
Hukum
15 Feb 2019 / dibaca 117 kali
MANADO (BK) : Aksi membobol warung tetangganya, berujung jeruji besi bui bagi JM alias John (18). Warga Kelurahan Ranotana Weru, Lingkungan...
Hukum
13 Feb 2019 / dibaca 138 kali
MANADO (BK) : Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Sulut, M Roskanedi mengatakan bahwa Kejaksaan RI dapat memberikan pendampingan hukum di Bidang...
Hukum
13 Feb 2019 / dibaca 1062 kali
MANADO (BK) : Hari Wijayanto (22), menjadi korban penikaman di depan Freshmart Bahu Manado, Selasa (13/2/2019) tengah malam. Pria asal Desa...
Hukum
08 Feb 2019 / dibaca 372 kali
MANADO (BK) : Komandan Pangkalan Utama AL (Lantamal) VIII Manado Laksamana Pertama TNI Gig Jonias Mozes Sipasulta, menghimbau kepada seluruh...
Hukum
06 Feb 2019 / dibaca 219 kali
MANADO (BK) : Kasus pembunuhan terjadi di Kelurahan Perkamil Lingkungan V, Kecamatan Paal Dua, Kota Manado. Rumbhe Mandak (49), tewas setelah...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2019 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.