Hukum

Lantamal VIII Musnahkan Babuk Miras Senilai 800 Juta

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Friday, 21 February 2020 16:20   129 kali
Danlantamal VIII, Laksamana Pertama TNI, Gig Jonias Mozes Sipasulta memimpin proses pemusnahan babuk miras di Mako Lantamal VIII Manado. (foto: acha)
 
 
 
MANADO (BK) : Lantamal VIII Manado melakukan pemusnahan barang bukti minuman keras (miras) hasil operasi bersama "2nd Fleet Quick Response" Lantamal VIII dengan Unsur Maritim Sulut, Jumat (21/2/2020).
 
 
Sebanyak 2.700 liter miras jenis minuman lokal Captikus dan miras asal luar negeri dimusnahkan dengan cara dituangkan ke dalam lobang tanah yang disediakan di samping Mako Lantamal VIII.
 
 
“Ini adalah hasil operasi selang periode bulan Agustus 2019 - Februari 2020 di Pelabuhan Manado dan Bitung,” ujar Danlantamal VIII, Laksamana Pertama TNI, Gig Jonias Mozes Sipasulta, sambil menuangkan miras ke dalam got.
 
 
 
 
Proses pemusnahan babuk miras ilegal dengan cara dibuang ke tanah. (foto: acha)
 
 
Danlantamal merinci hasil penangkapan sejak bulan Agustus tahun 2019 sebanyak 1.785 liter captikus serta 6 liter minuman jenis Carlo Rossi dan 3,9 liter minuman jenis zabana yang diamankan di kantor Tim Intelijen. Kemudian, kemarin malam disita lagi sebanyak 1.100 liter dan sembilan galon captikus.
 
 
Sedangkan modus yang digunakan untuk menyelundupkan miras tersebut, dengan cara dikemas dalam jerigen, botol air mineral dan plastik besar yang disamarkan dalam dus. Miras tersebut disita dari kapal penumpang KM Sinabung, KM Karya Indah dan KM Barcelona II yang akan dikirim ke Papua, Ternate dan Kepulauan Talaud.
 
 
Danlantamal juga merinci harga sebotol captikus di Papua sebesar Rp100 ribu berdasarkan hitungan dari BNN Provinsi Sulut. Karena itu, banyak orang yang tergiur untuk membawanya kesana.
 
 
 
 
Pemusnahan babuk miras ilegal dengan cara dibakar. (foto: acha)
 
 
“Jadi bisa dibayangkan sebotol captikus dalam kemasan botol mineral 600 ml seharga Rp100 ribu. Hitung sendiri, jika ditotal, seluruh miras ini berharga Rp800 juta,” ucap Sipasulta.
 
 
“Kita musnahkan demi kebaikan kita semua".
 
 
Sementara itu, ikut dalam pemusnahan, Kapolresta Manado, Danlanudsri, Wadanlantamal VIII, para Asisten Danlantamal VIII, Kadis/Kasatker Lantamal VIII, para Perwira Lantamal VIII serta tamu undangan.
 
 
(acha/bk-8)
 
Komentar ()
Berita Hukum
Hukum
11 Jan 2020 / dibaca 480 kali
MANADO (BK) : Tiga orang pemuda mengalami kecelakaan di ruas jalan Daan Mogot, Kelurahan Tikala Baru, Kecamatan Tikala, Kota Manado. Motor...
Hukum
10 Jan 2020 / dibaca 5956 kali
JAKARTA (BK) : Setelah menjalani kurun waktu 3 bulan persidangan, Rabu 8 Januari 2020 kemarin akhirnya Pengadilan Negeri Jakarta Pusat...
Hukum
09 Jan 2020 / dibaca 256 kali
Kapolsek Pineleng, Iptu Shirley Mangelep bersama Danramil 1309-04/Pineleng, Mayor Inf Alex Musak pada penanaman pohon di lingkungan Polsek...
Hukum
09 Jan 2020 / dibaca 157 kali
MANADO (BK) : Seorang pekerja bangunan ditemukan tewas dalam kamar kostnya di Kelurahan Paniki Bawah, Lingkungan I, Kecamatan Mapanget Kota...
Hukum
08 Jan 2020 / dibaca 210 kali
JAKARTA (BK): Salah satu Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) terjaring operasi tangkap tangan (OTT). OTT dikabarkan digelar di Bandara...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2020 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.