Hukum

Pemusnahan Babuk Tipidum di Kejari Manado Terapkan Protokol Kesehatan

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Thursday, 10 December 2020 12:23   260 kali
Kajari Manado, Maryono bersama pejabat instansi terkait tetap menjaga jarak dan menggunakan masker saat pelaksanaan pemusnahan barang bukti tindak pidana umum di halaman Kejari Manado. (foto: Acha)
 
 
 
MANADO (BK) : Kejaksaan Negeri (Kejari) Manado melaksanakan pemusnahan barang bukti tindak pidana umum (Babuk Tipidum) di halaman Kantor Kejari Manado, Kamis (10/12/2020). Pemusnahan dalam rangka memperingati Hari Anti Korupsi Sedunia, 9 Desember kemarin.
 
Babuk yang dimusnahkan berupa sabu-sabu seberat 110.38 gram, ganja 339.60 gram, obat psikotropika jenis zypraz alprazolam sebanyak 55 tablet, obat keras sebanyak 1.792 tablet, senjata tajam 47 buah, air softgun 1 buah, senjata api 1 buah, senjata angina 1 buah dan handphone 7 buah yang digunakan dalam tindak pidana kejahatan.
 
Untuk pemusnahan barang bukti berupa sabu-sabu, ganja dan handphone dilakukan dengan cara dibakar di dalam tong/drum.
 
Kajari bersama instansi terkait seperti Polresta Manado, Pengadilan Negeri Manado, BNN Kota Manado, Bea Cukai, BPPOM, Dinas Kesehatan Kota Manado menyulut api ke dalam tong secara bersamaan.
 
Untuk obat keras dan psikotropika dilakukan dengan cara diblender/dihaluskan, lalu dibuang. Sedangkan untuk senjata tajam dan senjata api pemusnahannya dengan cara dipotong menggunakan mesin gerinda.
 
“Barang bukti yang dimusnahkan ini adalah yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap,” ujar Maryono ketika memberikan sambutan.
 
Pelaksanaan pemusnahan babuk Tipidum ini dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan. Disediakan hand sanitizer untuk digunakan seluruh undangan yang hadir.
 
Seluruh peserta yang hadir saling menjaga jarak serta menggunakan masker. Begitu juga dengan saat pemusnahan dilakukan, Kajari dan pejabat lainnya menggunakan sarung tangan, setelah itu mencuci tangan di tempat yang disediakan.
 
(acha/bk-8)
Komentar ()
Berita Hukum
Hukum
26 Nov 2020 / dibaca 105 kali
Personil Polda Sulut yang akan digeser dalam Bawah Kendali Operasi (BKO) untuk pengamanan pelaksanaan Pilkada Serentak 2020, sedang...
Hukum
24 Nov 2020 / dibaca 165 kali
MANADO (BK) : Prestasi besar dilakukan Direktorat Reserse Narkoba (Ditresnarkoba) Polda Sulut. Dalam waktu 11 hari berhasil mengungkap lima...
Hukum
20 Nov 2020 / dibaca 127 kali
FOTO BERSAMA. Tim Komisi III DPR RI berfoto bersama dengan Kapolda dan Wakapolda Sulut, usai mengadakan rapat untuk membahas penanganan...
Hukum
19 Nov 2020 / dibaca 307 kali
Kedua pelaku pencurian dengan kekerasan saat berada di dalam ruangan penyidik Satuan Reskrim Polresta Manado. (foto: istimewa)  ...
Hukum
19 Nov 2020 / dibaca 711 kali
Kapolsek Sario, Iptu Ilham Matulangi. (foto: ist)       MANADO (BK) : Kapolsek Sario, Iptu Ilham Matulangi...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2021 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.