Hukum

Sambangi Kecamatan Sario, Ini yang Dilakukan Tim Penerangan Hukum Kejati Sulut

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Thursday, 23 May 2019 21:49   104 kali
Kasi Penkum Kejati Sulut, Yoni E Mallaka saat memberikan penyuluhan tentang TP4D dan cara pengelolaan keuangan. (foto : Penkum Kejati Sulut)
 
 
 
 
MANADO (BK) : Pemerintah Kecamatan dan turunannya merupakan ujung tombak dalam pelayanan kepada masyarakat, khususnya yang berkaitan dengan pengelolaan keuangan. Untuk itu, pengelolaan keuangan harus dilaksanakan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
 
 
Hal ini dikatakan Kepala Seksi Penerangan Hukum (Kasi Penkum) Kejaksaan Tinggi Sulawesi Utara (Kejati Sulut), Yoni E Mallaka, saat memberikan penyuluhan dan penerangan hukum di Aula Kantor Kecamatan Sario, Selasa (21/5/2019).
 
 
“Apalagi akan ada dana kelurahan yang dikucurkan pemerintah pusat. Jadi harus sesuai dengan petunjuk teknis dan petunjuk pelaksanaan yang ada, sehingga tindak terjadi tindak pidana korupsi,” ujar Mallaka.
 
 
Ia mengatakan, di tahun 2019, pemerintah akan mengucurkan dana kelurahan sebesar Rp 3 triliun, yang dialokasikan kepada 8.122 kelurahan di Indonesia. Termasuk diantaranya, kelurahan-kelurahan yang ada di Kota Manado.
 
 
Terkait dengan Tim Pengawalan, Pengamanan Pemerintahan, dan Pembangunan Pusat-Daerah (TP4D), Mallaka menerangkan bahwa salah satu tugas dari TP4D adalah mengawal, mengamankan dan mendukung keberhasilan pembangunan melalui upaya preventif/pencegahan dan persuasif.
 
 
“Jika ada Instansi Pemerintah termasuk di dalamnya Pemerintah Kecamatan Sario, BUMN maupun BUMD yang melaksanakan suatu proyek pembangunan, dan ada keragu-raguan, dapat meminta pengawalan dari TP4D Kejati Sulut maupun TP4D Kejari Manado,” sarannya.
 
 
Foto bersama usai penyuluhan. (foto : Penkum Kejati Sulut)
 
 
Mallaka pun mencontohkan bahwa untuk pengelolaan dana desa di seluruh desa yang ada di Kabupaten Minahasa, telah dilakukan pengawalan dan pengamanan oleh TP4D Kejari Minahasa.
 
 
Sementara Kasi E pada Asisten Inteligen (Asintel) Kejati Sulut, Khathryna I Pelealu memberikan penyuluhan tentang narkotika dan obat-obatan terlarang lainnya (narkoba), termasuk di dalamnya ancaman pidana seperti yang diatur dalam UU Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkoba.
 
 
Ikent, panggilan akrab Khathryna, mengatakan sudah ada 94 jenis narkoba baru yang masuk ke Indonesia. Karena itu, dibutuhkan kerja keras dari semua pihak baik pemerintah, penegak hukum, maupun masyarakat untuk memberantas hal-hal tersebut.
 
 
“Guna memberantas penyalahgunaan narkoba, Tim Penkum Kejati Sulut telah masuk ke sekolah-sekolah, instansi-instansi pemerintah, untuk membentengi diri sendiri, keluarga dan lingkungan sekitar dari ancaman narkoba,” terang Ikent.
 
 
Sebelumnya, Camat Sario Handry Lasut dalam sambutannya, sangat mengapresiasi apa yang dilakukan Tim Penkum Kejati Sulut tersebut. Menurutnya, kegiatan seperti ini sangat penting dalam rangka menunjang lancarnya pelaksanaan tugas aparatur di Kecamatan Sario.
 
 
“Saya berharap ASN bisa mengerti dengan materi yang diberikan oleh Tim Penkum Kejati Sulut,” tandasnya.
 
 
Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Kantor Camat Sario ini dihadiri oleh jajaran pemerintah Kecamatan Sario, para Lurah dan jajaran serta Kepala Lingkungan se-Kecamatan Sario. Sedangkan Tim Penkum Kejati Sulut mengikutkan anggota timnya yaitu Reny Hamel, Augustinus Nong dan Tertius Lumimbus.
 
 
Selesai pemaparan dari kedua narasumber, dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab. Juga dilaksanakan penyerahan Stiker dan Brosur Anti Korupsi dan Anti Narkoba kepada para peserta yang secara simbolis, yang diserahkan oleh Kasi Penkum Yoni Mallaka kepada Camat Sario Handry Lasut.
 
 
(acha/bk-8)
 
Komentar ()
Berita Hukum
Hukum
13 May 2019 / dibaca 181 kali
Kajati Sulut, M Roskanedi bersama Kepala Kanwil DJP Suluttenggomalut Agustin Vita Avantin, melakukan penandatanganan Memorandum of...
Hukum
11 May 2019 / dibaca 216 kali
MANADO (BK) : Team Lipan Polsek Malalayang mengamankan seorang pria yang tertangkap warga karena mencuri. Pria tersebut kepergok sedang...
Hukum
03 May 2019 / dibaca 128 kali
MANADO (BK) : Kepala Kejaksaan Tinggi Sulawesi Utara (Kajati Sulut), M Roskanedi melantik Pengurus Karate-Do Gojukai Indonesia Cabang...
Hukum
01 May 2019 / dibaca 103 kali
MANADO (BK) : Kepala Kejaksaan Tinggi Sulawesi Utara (Kajati Sulut), M Roskanedi menegaskan, rakyat adalah pemegang kedaulatan tertinggi dan...
Hukum
01 May 2019 / dibaca 210 kali
JAKARTA (BK): Pada konferensi pers, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), di Gedung KPK, Selasa kemarin, Wakil Ketua KPK Basaria Pandjaitan...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2019 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.