Kotamobagu

Ribuan Warga Kotamobagu Tumpah Ruah ke Jalan

Pemerintah Kota Kotamobagu Sukses Gelar Cap Go Meh
Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Saturday, 11 February 2017 17:29   473 kali
Ribuan warga yang menyaksikan perayaan Cap Go Meh di Kotamobagu. (foto : acha)

KOTAMOBAGU (BK): Perayaan Cap Go Meh yang dirangkai dengan Karnaval Budaya Daerah, disambut antusias di Kotamobagu. Ribuan warga tumpah ruah turun ke jalan untuk menyaksikan perayaan ini. Sepanjang jalan yang akan dilalui karnaval dan Cap Go Meh ini, warga sudah menyemut di pinggir jalan, Sabtu (11/2/2017) siang.

 

Perayaan yang dipusatkan di Jalan Kartini Pusat Kota Kotamobagu ini diawali dengan doa pembukaan yang dibawakan Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kotamobagu, Irmanto Usuli. Kemudian dilanjutkan dengan laporan Ketua Panitia Pelaksana, Suryono Wijoyo.

 

Selanjutnya Walikota Kotamobagu, Tatong Bara memberikan sambutan dan membuka secara resmi Karnaval Budaya Daerah dan Perayaan Cap Go Meh yang mengambil tema Nusantara Satu Merajut Kebhinekaan, Memperkokoh NKRI.

 

Iring-iringan karnaval dimulai dengan spanduk bertuliskan Karnaval Budaya Daerah dan Perayaan Cap Go Meh. Di belakangnya ada atraksi Drum Band dari Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Model Kotamobagu.

 

Dilanjutkan dengan sekelompok anak-anak dari Panti Asuhan yang membawa Spanduk Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB). Kemudian Uyo dan Nanu (Putra dan Putri) yang menggunakan baju adat Mongondow.

 

Lalu berturut-turut Tarian Kabela, Tari Tuitan, Tari Mosau, Tari Maleo, musik bambu klarinet, Tari Bali, Kuda Kepang, Masamper dan Tari Wushu.

 

Perayaan Cap Go Meh mulai terasa ketika lima Barongsai (Naga Liong) beratraksi ketika memasuki jalan depan panggung kehormatan. Dilanjutkan pembawa spanduk TTID dan 36 bendera dan disusul mobil pikulan dan barisan umat TTID.

 

Puncak perayaan yang ditunggu-tunggu warga pun berada di urutan terbelakang. Dua buah kio dengan dua orang tangsin diiringi tiga bendera pengantar kio berjalan perlahan melintas di depan panggung kehormatan. Kedua tangsin lalu melakukan atraksi mengerikan dengan menusuk mulut menggunakan pedang dan tombak, serta memotong punggung.

 

Sedangkan rute yang dilalui adalah dimulai dari Jalan Kartini berbelok kiri ke Jalan Ahmad Yani. Selanjutnya kembali belok kiri ke Jalan Suprapto dan belok lagi di Jalan Pasar 23 Maret. Iring-iringan kemudian ke Jalan Terminal, masuk Jalan Ahmad lagi dan finish di Jalan Kartini kembali.

 

(acha/bk-8)

Komentar ()
Berita Kotamobagu
Kotamobagu
09 Feb 2017 / dibaca 349 kali
KOTAMOBAGU (BK): Berbagai cara wartawan memaknai Hari Pers Nasional (HPN) yang diyakini jatuh pada tanggal 9 Februari. Di Kotamobagu,...
Kotamobagu
08 Feb 2017 / dibaca 370 kali
KOTAMOBAGU (BK): Puskesmas Kelurahan Gogagoman Kecamatan Kotamobagu Barat membantah telah memarahi dan membentak pasien pemegang Kartu...
Kotamobagu
08 Feb 2017 / dibaca 362 kali
KOTAMOBAGU (BK): Seorang warga pemegang Kartu Indonesia Sehat (KIS), dimintai bayaran dan dibentak saat berobat di Puskesmas Rawat Inap...
Kotamobagu
07 Feb 2017 / dibaca 398 kali
KOTAMOBAGU (BK): Tim Maleo Kota Polsek Kotamobagu berhasil mengungkap kasus pembobolan toko pakaian yang terjadi di Kelurahan Gogagoman...
Kotamobagu
06 Feb 2017 / dibaca 353 kali
KOTAMOBAGU (BK): Hujan deras disertai angin kencang melanda Kota Kotamobagu dan sekitarnya. Sejumlah pohon tumbang serta jalan-jalan dipenuhi...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2017 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.