Lingkungan

AJI Manado Gandeng Mahasiswa Ikut Jurnalis Trip Lingkungan

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Tuesday, 29 November 2016 01:43   1207 kali
Jurnalis Trip yang dilaksanakan AJI Manado. (foto : ishak)
MANADO (BK) : Belasan wartawan dari Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Manado melakukan perjalanan yang bertajuk Jurnalis Trip. Menggandeng Pers Mahasiswa Politeknik Manado, mereka mengunjungi 5 lokasi yang ada di Kota Manado, Minahasa dan Bitung yang berhubungan dengan lingkungan hidup, Sabtu (26/11/2016) pekan lalu.
 
 
Lokasi pertama yang dikunjungi adalah pusat pengelolaan sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sumompo Manado. Selanjutnya rombongan mengarah ke pusat penyelamatan satwa dilindungi Tasikoki yang berada di Kecamatan Kema Kabupaten Minahasa Utara.
 
 
Masih di Minahasa Utara, trip berlanjut ke Desa Tumaluntung untuk melihat pengelolaan limbah kotoran babi yang dijadikan biogas sehingga bisa dimanfaatkan sebagai bahan bakar. Masyarakat setempat menjadikan biogas sebagai sumber energi cahaya dan keperluan memasak.
 
 
Perjalanan lalu dilanjutkan ke Kabupaten Minahasa dengan mengunjungi Danau Tondano. Mereka kemudian mendapati adanya penyempitan dan pendangkalan danau yang diakibatkan tanaman eceng gondok.
 
 
Lokasi terakhir yang dikunjungi adalah Desa Rurukan yang masuk dalam wilayah administrasi Kota Tomohon. Desa yang terkenal dengan udara dingin ini menyajikan wisata agro dengan tanaman sayuran yang menghijau di perbukitan.
 
 
Ketua AJI Manado Yoseph Ikanubun mengatakan, jurnalis trip adalah bagian dari program AJI dalam Jurnalisme Lingkungan yang bekerja sama dengan lembaga Development and Peace (DNP) dari Kanada sepanjang tahun 2016 ini.
 
 
"Wartawan diharapkan bisa memberikan tulisan dan berita yang didapat selama trip dan hasil karya akan dinilai pada Jurnalis Award yang akan digelar pada awal Desember mendatang," ungkapnya.
 
 
Anggota Pers Mahasiswa Politeknik, Febriani Rahayu mengapresiasi kegiatan-kegiatan yang dilakukan AJI Manado. Selain disibukkan dengan rutinitas membuat karya jurnalistik, mereka tetap selalu peduli dengan lingkungan.
 
 
"Kami berharap kegiatan yang bertemakan lingkungan hidup bisa menjadi agenda rutin AJI Manado untuk kedepannya," tandasnya.
 
 
(acha/cdn)
 
Komentar ()
Berita Lingkungan
Lingkungan
26 Nov 2016 / dibaca 1846 kali
MANADO (BK): Manado ternyata berpredikat darurat sampah. Fakta ini terungkap pada Forum Group Discussion (FGD) yang digelar Aliansi Jurnalis...
Lingkungan
09 Nov 2016 / dibaca 1087 kali
DENPASAR (BK)Bupati Minahasa Drs Jantje Wowiling Sajow MSi tampil memukau menjadi Nara Sumber dalam The 16th World Lake Conference atau Kongres...
Lingkungan
17 Sep 2016 / dibaca 1390 kali
MANADO (BK): Kapal pembangkit listrik terapung Karadeniz Powership Zeynep Sultan ternyata ramah lingkungan. Pasalnya, tidak ditemukan limbah...
Lingkungan
17 Sep 2016 / dibaca 1249 kali
MANADO (BK): Kepedulian Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Manado terhadap lingkungan patut diacungi jempol. Salah satunya dengan melaksanakan...
Lingkungan
13 Sep 2016 / dibaca 1315 kali
MANADO (BK) : Dinas Pertanian Kota Manado menargetkan menanam 11 ribu bibit mangrove di tahun 2016 ini. Pantai Tongkeina, Bunaken dan Alung...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2019 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.