Lingkungan

Upaya Lestarikan Taman Laut Bunaken, BTNB Tanam Mangrove di Desa Wawontulap

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Tuesday, 20 March 2018 22:32   696 kali
dok foto : istimewa
MANADO (BK) : Balai Taman Nasional Bunaken (BTNB) melakukan penanaman bibit mangrove di Desa Wawontulap Kecamatan Tatapaan Kabupaten Minahasa Selatan, Selasa (20/3/2018).
 
 
"Ini adalah bagian dari upaya pengkayaan karang dan bakau untuk pelestarian kawasan Taman Nasional Bunaken," ujar Kepala BTNB, Fariana Prabandari melalui rilis yang diterima beritakawanua.com, Selasa (20/3/2018).
 
 
Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan dan instansi terkait seperti Polres Minahasa Selatan, Kodim 1302 Minahasa, Koramil dan Polsek Tumpaan, dilibatkan dalam kegiatan ini. Juga Pos Angkatan Laut Arakan, murid dan pelajar SDN Wawontulap dan SMPN Satap Tatapaan serta Kader Konservasi Taman Nasional Bunaken.
 
 
Menurut Fariana, kegiatan ini masih dalam rangkaian Hari Bakti Rimbawan ke 35, yang mengambil tema “Melalui Bhakti Rimbawan, Kita Tingkatkan Pengelolaan Lingkungan Hidup Untuk Kesejahteraan Rakyat”.
 
 
Direncanakan, akan ditanam sebanyak 500 bibit mangrove menggunakan sistem propagul dengan jarak 1x1 meter. Propagul sendiri adalah buah mangrove yang telah mengalami perkecambahan.
 
 
dok foto : istimewa
 
 
Sementara itu, Eko Wahyu Handoyo, S.Hut, MA, Pengendali Ekosistem Hutan menjelaskan, dipilihnya konsep propagulasi dikarenakan kemudahan mencari bibit di sekitar lokasi kegiatan, dengan perlakuan sehingga cocok sesuai dengan pengkayaan ekosistem serta mudah tumbuh.
 
 
"Perhatian utama adalah pelibatan masyarakat setempat dalam penyiapan bahan tanam mangrove berupa ajir untuk penanaman bibit," terang Eko.
 
 
Adapun pengkayaan karang menggunakan pendekatan transplantasi dengan media terbuat dari besi yang dibentuk seperti rak meja. Jumlah rak disiapkan sebanyak 5 buah dengan isi fragmen karang transpant sebanyak 175 buah.
 
 
Mangrove dan Terumbu Karang merupakan kesatuan ekosistem pesisir yang memiliki manfaat besar dalam kehidupan. Mangrove menjadi bagian penting bagi kehidupan kita, beberapa fungsi utamanya antara lain sebagai pelindung pantai dari erosi dan abrasi, intrusi air laut, melindungi pemukiman dari terpaan gelombang dan badai.
 
 
Mangrove juga menjadi tempat berkembang biak berbagai hewan seperti udang, kepiting, burung serta menjadi bagian edukasi wisata. Bahkan paling penting adalah zat hijau daun tanaman mangrove penyerap karbon CO2 sehingga memitigasi perubahan iklim.
 
 
"Demikian pula terumbu karang sebagai habitat satwa, biota dan ikan, sebagai ekosistem unik yang membutuhkan waktu berjuta tahun untuk hingga dapat tercipta utuh dan indah," jelasnya.
 
 
dok foto : istimewa
 
 
Peran serta masyarakat katanya, menjadi sangat penting sebagai pemanfaat utama dari ekosistem pesisir laut dari mangrove dan karang. Edukasi dan pelibatan aktif masyarakat melalui pengkayaan karang dan bakau di Desa Wawontulap, diharapkan akan mengetahui manfaat yang besar untuk kelangsungan hidup baik sebagai sumber nafkah (perikanan) dan sumber jasa (wisata alam).
 
 
"Secara tidak langsung, masyarakat telah terlibat dalam pelestarian kawasan Taman Nasional Bunaken," harap Eko.
 
 
Desa Wawontulap adalah desa pesisir yang berada di bagian selatan Taman Laut Bunaken dan menjadi salah satu sentra perikanan. Hanya berjarak 25 km dari Manado dan 15 km dari Amurang, dan bisa ditempuh menggunakan jalur darat.
 
 
"Diharapkan dengan kegiatan ini, desa ini berpotensi menjadi rural village," pungkas Eko.
 
 
(acha/bk-8)
 
Komentar ()
Berita Lingkungan
Lingkungan
09 Nov 2016 / dibaca 988 kali
DENPASAR (BK)Bupati Minahasa Drs Jantje Wowiling Sajow MSi tampil memukau menjadi Nara Sumber dalam The 16th World Lake Conference atau Kongres...
Lingkungan
17 Sep 2016 / dibaca 1254 kali
MANADO (BK): Kapal pembangkit listrik terapung Karadeniz Powership Zeynep Sultan ternyata ramah lingkungan. Pasalnya, tidak ditemukan limbah...
Lingkungan
17 Sep 2016 / dibaca 1127 kali
MANADO (BK): Kepedulian Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Manado terhadap lingkungan patut diacungi jempol. Salah satunya dengan melaksanakan...
Lingkungan
13 Sep 2016 / dibaca 1179 kali
MANADO (BK) : Dinas Pertanian Kota Manado menargetkan menanam 11 ribu bibit mangrove di tahun 2016 ini. Pantai Tongkeina, Bunaken dan Alung...
Lingkungan
14 Aug 2016 / dibaca 1312 kali
MANADO (BK): Para mahasiswa ini patut diacungi jempol. Mereka rela berlumpur ria hanya untuk mengikuti Sekolah Jurnalistik untuk Mahasiswa...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2019 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.