Manado

Aturan Transportasi Online Efektif Februari 2018, Ada Sejumlah Pembatasan Operasi

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Monday, 06 November 2017 09:01   203 kali
Hindro Surahmat
MANADO (BK): Terbitnya Peraturan Menteri (PM) nomor 108 Tahun 2017, tentang penyelenggaraan angkutan orang dengan kendaraan bermotor umum tidak dalam trayek, atau istilah kerennya, aturan resmi terkait beroperasinya Transportasi berbasis online, memunculkan beberapa regulasi mengikat untuk para sopir, aplikator dan jumlah dari transportasi online di salah satu daerah.
 
Salah satu yang selama ini menjadi sorotan yakni pertumbuhan transportasi online yang begitu membludak, dalam PM nomor 108 tahun 2017 tersebut, kini bisa diatur oleh Pemerintah Daerah tempat transportasi online ini beroperasi.
 
"Jadi, pemerintah daerah dalam hal ini Gubernur bisa membatasi jumlah kuota kendaraan transportasi online. Lewat peraturan Gubernur, kuota jumlah kendaraan bisa diberlakukan. Nantinya rencana tersebut diumumkan kepada masyarakat," kata Sekretaris Dirjen Hubungan Darat Hindro Surahmat.
 
Dirjen Perhubungan Darat memberi 3 cara bagi pemerintah daerah untuk menghitung kuota moda perhubungan berbasis online, yang terus bertambah dan menyesaki jalanan di Kota Manado dan sekitarnya. 
 
Pertama, yang paling sederhana, dengan menggunakan sistem regresi yang mengkalkulasi antara jumlah penduduk dan pendapatan regional domestik bruto (PDRB).
 
Yang kedua suply and demand, dimana ada survei awal untuk mendapatkan data sekunder seperti pergerakan dan variabel pendukung lainnya.
 
Ketiga adalah pola dinamis seperti yang sering digunakan JAICA dalam tata kelola transportasi kota, dengan mengumpulkan lebih banyak lagi data untuk melakukan akumulasi dengan pembahasan serba komprehensif.
 
Selain kuota, ada kebijakan utama yang harus dipenuhi oleh para sopir transportasi online, yakni keharusan memiliki SIM A Umum.
 
Sementara, Walaupun sudah diberlakukan oleh Kementerian sejak 1 November 2017 ini, efektif aturan ini mulai diperketat 3 bulan kemudian atau tepatnya di Februari 2018.
 
"Jadi semua aturan termasuk SIM A Umum untuk para pengendara transportasi online berlaku pada Februari 2018. Dan itu sudah wajib semuanya," kata Surahmat kembali.
 
(jusuf kalalo)
Komentar ()
Berita Manado
Manado
03 Jan 2018 / dibaca 155 kali
MANADO (BK): Trotoar di Kota Manado masih kurang bersahabat untuk para pejalan kaki. Tak hanya dipenuhi dengan lubang 'jebakan',...
Manado
01 Jan 2018 / dibaca 189 kali
MANADO (BK): Taman Kesatuan Bangsa (TKB) yang merupakan ikon kota Manado dipercantik dengan ditempatkannya air mancur menari atau Dancing...
Manado
28 Dec 2017 / dibaca 139 kali
MANADO (BK): Walikota Manado GS Vicky Lumentut memimpin para Aparatur Sipil Negara (ASN) melakukan giat bersih-bersih daerah terdampak bencana...
Manado
28 Dec 2017 / dibaca 184 kali
MANADO (BK): Umat nasrani di Sulawesi Utara mengucapkan terima kasih kepada GP Ansor dan Banser Nahdlatul Ulama (NU) yang setiap tahunnya...
Manado
27 Dec 2017 / dibaca 139 kali
MANADO (BK): Kepala Bidang (Kabid) Humas Polda Sulawesi Utara, Kombes Pol Ibrahim Tompo SIK menyatakan jika selama perayaan Natal di Sulawesi...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2018 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.