Manado

BBPOM Manado Gelar Sosialisasi Untuk Pelaku Usaha se-Sulut

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Thursday, 24 September 2020 09:45   256 kali

 

 
 
MANADO (BK) : Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Manado menggelar acara sosialisasi keamanan pangan kepada pelaku usaha pangan olahan di lantai II aula balai besar POM Manado 22-23 September 2020.
 
 
Kegiatan yang dihadiri oleh para pelaku usaha se-Sulut ini sengaja digelar dua hari untuk mematuhi potokol kesehatan yang ditetapkan oleh pemerintah dengan adanya pembatasan jumlah peserta yang hadir.
 
 
 
Rangkaian kegiatan tersebut juga diisi dengan tanya jawab dari pihak penyelenggara (BPOM Manado) dan para undangan (pelaku usaha) yang ada untuk mendengar langsung kendala-kendala apa saja yang ada di lapangan.
 
 
Dalam kesempatan ini hadir sebagai narasumber, Drs. Johnny Dera, Apt, Dra. Maria Sarlota Patabang, Apt, Dra. Sarinah, Apt dan Selvitarena, S.Si.,Apt, yang memberikan pembekalan mengenai pembuatan izin edar produk dengan BBPOM, bagaimana proses produksi yang baik, pelabelan/kemasan dan persyaratan untuk tambahan pangan dalam produk.
 
 
Menurut Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi BBPOM Manado, Dra Sarlota Patabang, Apt, mewakili Kepala BBPOM Manado,Sandra M.P. Linthin, Apt, M.Kes menjelaskan, bahwa kegiatan ini adalah untuk membantu dan mensosialisasikan kepada pelaku usaha lokal agar produk olahannya bisa dipasarkan dengan baik sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
 
 
 
” Kami melihat di Kota Manado banyak produk olahan lokal yang punya nilai jual yang tinggi. Namun, disayangkan produk tidak bisa masuk ke pasar modern seperti Ritel atau Super Market, karena tak memiliki izin edar. Untuk itu, kami mulai mengantisipasinya dengan mengambil langkah pendekatan kepada pelaku usaha lokal, dengan cara memberikan pembekalan, sosialisasi, pelatihan sampai dengan pendampingan,” kata Sarlota.
 
 
Lanjutnya, untuk pendampingan terhadap pelaku usaha lokal, harusnya dilakukan secara bersama-sama dengan instansi-instansi terkait, seperti Dinas Perdagangan dan Dinas Koperasi UKM. Secara bersama-sama, bekerjasama dalam pendampingan pelaku usaha lokal.
 
 
“Pendampingan secara bersama-sama dilakukan, sehingga bisa menghasilkan kualitas produk lokal yang bisa diterima di pasaran, terjamin dan punya nilai jual yang baik,” tutup Sarlota.
 
(Stev/Bk-8)
Komentar ()
Berita Manado
Manado
16 Aug 2020 / dibaca 370 kali
MANADO (BK) : Wakil Wali kota Manado Mor Dominus Bastiaan menghadiri ibadah Hari Ulang Tahun ke-47 Pdt.Argemiro Marimpung, Gembala GPDI Pniel...
Manado
15 Aug 2020 / dibaca 248 kali
MANADO (BK) : Seorang lansia (lanjut usia) di kota Manado Katrina Tahendung alias Oma Katrin berusia 71 tahun yang viral di media sosial...
Manado
14 Aug 2020 / dibaca 319 kali
MANADO (BK) : Walikota Manado GS Vicky Lumentut dan Wakil Walikota Mor Dominus Bastiaan (GSVL-MOR), begitu peduli dengan tenaga harian lepas...
Manado
14 Aug 2020 / dibaca 0 kali
MANADO (BK) : Kajati Sulawesi Utara (Sulut), Igbal Arif, SH, MH, mengunjungi Ruang Cerdas Command Center (C3) Pemerintah Kota Manado, Kamis...
Manado
13 Aug 2020 / dibaca 226 kali
MANADO (BK) : Tanggal 10 Agustus 2020 yang lalu adalah tepat satu tahun diberlakukannya Indonesia-Chile Comprehensive Economic Partnership...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2021 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.