Manado

Bentuk Dukungan HMI Manado untuk Pemilu Serentak 2024

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Friday, 17 June 2022 15:19   755 kali
Ketua HMI DPO Manado, Rizki Dandy Mantali. (Foto: FB)
MANADO (BK) : Pemilihan umum (Pemilu) dan pemilihan kepala daerah (Pilkada) bakal digelar serentak pada 2024 nanti. Meski begitu, tahapan pemilu sudah dimulai 14 Juni 2022.
 
Pemilu untuk memilih presiden dan wakil presiden, lalu anggota dewan perwakilan rakyat (DPR) RI, dewan perwakilan daerah (DPD) RI, serta dewan perwakilan rakyat daerah (DPRD) provinsi dan kabupaten/kota digelar pada 14 Februari 2024.
 
Sementara, pilkada untuk memilih gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati, serta wali kota dan wakil wali kota di seluruh Indonesia bakal digelar 27 November 2024. 
 
Pesta demokrasi lima tahunan ini mendapat tanggapan dari salah satu ormas mahasiswa yang tergabung dalam Kelompok Cipayung (Cipayung Plus), Himpunan Mahasiswa Islam (HMI).
 
Di Manado, Ketua HMI MPO Manado Rizky Dandi Mantali mengatakan sangat mendukung pelaksanaan pemilu serentak 2024. Dukungan yang diberikan adalah independensi.
 
"Kita (HMI) kan punya yang namanya independensi, independensi dalam organisasi, itulah yang kami jaga," ujarnya di Manado, Jumat (17/6/2022).
 
HMI, katanya memang selalu dikaitkan dengan politik dalam setiap gelaran pemilu. Ia pun mengatakan HMI tidak berafiliasi dengan partai politik ataupun organisasi apapun.
 
"Kami sangat mendukung (pemilu), akan tetapi kami tetap memegang teguh terkait dengan independen tersebut," tegasnya.
 
Lanjutnya, kalau pun senior-senior di HMI kemudian berafiliasi dengan partai-partai politik yang ada di Indonesia, itu adalah senior atau alumni. Artinya, mereka terlepas dari yang namanya organisasi HMI.
 
"Jadi kalaupun misalnya kader mau terlibat di politik itu tidak masalah, akan tetapi tidak membawa background organisasi. Jadi itu atas dasar pribadi sendiri tidak mengaitkan dengan yang namanya organisasi," terang mahasiswa jurusan Hukum Ekonomi Syariah di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Manado.
 
"Jadi kalau pun misalnya dikaitkan dengan politik, sampai dengan saat ini HMI MPO itu tetap memegang teguh independensi sehingga tidak ada keterlibatan dengan partai politik ataupun organisasi-organisasi yang lainnya," tegasnya lagi.
 
Kembali ke pemilu, Dandy menyebut juga dukungan HMI untuk pemilu 2024 agar penyelenggaraannya harus terlaksana secara langsung, umum, bebas dan rahasia (LUBER). Asas LUBER ini yang nantinya akan menciptakan pemilu yang berkualitas.
 
"Pemilu serentak 2024 harus menganut asas LUBER ini, kami tidak mengharapkan pemilu yang disertai cara-cara kotor atau curang," ungkap pemuda asal Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) ini.
 
Dandy juga mengajak masyarakat untuk tetap menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) selama berlangsungnya tahapan pemilu 2024.
 
“Kami berharap agar proses serta tahapan pelaksanaan pesta demokrasi rakyat tersebut dapat berjalan jujur, adil, damai, aman dan sejahtera. Tak hanya bagi umat tetapi juga seluruh bangsa, khususnya di Manado," pungkasnya.
 
Editor: Asrar Yusuf
Komentar ()
Berita Manado
Manado
19 Mar 2022 / dibaca 372 kali
MANADO (BK) : Polsek Tuminting, Polresta Manado melakukan pengecekan ketersediaan minyak goreng di sejumlah supermarket dan toko di wilayah...
Manado
17 Mar 2022 / dibaca 598 kali
MANADO (BK) : Komandan Korem 131/Santiago, Brigjen TNI Mukhlis, SAP MM mengunjungi universitas terbesar di Sulawesi Utara, Universitas Sam...
Manado
13 Mar 2022 / dibaca 508 kali
  MANADO (BK) :  Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GmnI) makin masif membentuk kadernya diberbagai Universitas.  ...
Manado
12 Mar 2022 / dibaca 390 kali
MANADO (BK) : Wali Kota Manado, Andrei Angouw mengunjungi Markas Korem 131/Santiago, Jumat (11/3/2022). Kedatangan wali kota didampingi...
Manado
06 Mar 2022 / dibaca 571 kali
MANADO (BK) : Kodim 1309/Manado terus memelihara bentuk kemanunggalan TNI dengan rakyat. Salah satunya dibuktikan pada kerja bakti...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2022 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.