Manado

Umbas: Sulut Kehilangan Tokoh Jurnalis Pejuang Freddy Roeroe

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Tuesday, 14 May 2019 12:11   477 kali
Mendiang almarhum Freddy Roeroe, wartawan senior Sulut bersama mantan Gubernur Sulut, yang kini Duta Besar Indonesia untuk Filipina, Sinyo Harry Sarundajang. (foto : istimewa)
 
 
 
MANADO (BK) : Wartawan senior Sulawesi Utara (Sulut), Freddy Roeroe telah berpulang. Kepergian wartawan senior Harian KOMPAS itu meninggalkan duka mendalam tak hanya bagi keluarga.
 
 
Kabut duka kepergian Bung FR, begitu mendiang biasa disapa, juga menggelayuti kalangan jurnalis di Sulut. Tak terkecuali buat wartawan senior lainnya asal Sulut, Michael Umbas.
 
 
Umbas yang kini berkarya di pusat turut mengungkapkan belasungkawanya. “Kita kehilangan seorang tokoh jurnalis pejuang. Bung FR mendedikasikan dirinya total demi Sulawesi Utara dalam segala lingkup dan aspek,” ujarnya, Senin (13/5/2019).
 
 
Katanya, Bung Freddy telah banyak memberi sumbangsih untuk kemajuan Sulut. Beliau berkontribusi lewat ide dan tulisan untuk berbagai hal strategis terkait Bumi Nyiur Melambai.
 
 
“Lebih dari itu sosok FR berada di belakang banyak gagasan kemajuan Sulut,” ungkap Umbas yang kini dipercayakan Presiden Jokowi sebagai salah satu Komisaris BUMN.
 
 
Foto brsama mantan Gubernur Sulut, almarhum CJ Rantung. (foto : istimewa)
 
 
Menurut dia, Almarhum Freddy Roeroe meninggalkan rekam jejak yang akan terus menginspirasi rakyat Sulut. Beberapa karyanya bagi Sulut di antaranya, Kongres Minahasa Raya I dan II pada tahun 2000 dan 2002.
 
 
“Bung Freddy ikut mengamplifikasi gagasan Sam Ratulangi terkait posisi Sulut yang sangat strategis di Pasifik secara geopolitik, geostrategis dan ekonomi global," ujar Umbas yang mengaku pernah dimentori Freddy sewaktu koresponden Harian Sinar Harapan di Sulut.
 
 
Ia mengatakan, Freddy Roeroe boleh berpulang. Tapi ide dan gagasannya harus dirawat dan diperjuangkan.
 
 
Freddy Roeroe, pemegang Press Card Number One dari PWI meninggal Jumat (10/5/2019). Jenazahnya disemayamkan beberapa hari di rumah duka di Kelurahan Sario Tumpaan Lingkungan III Kecamatan Sario, Manado.
 
 
Jenazah Bung Freddy akan dimakamkan di Pekuburan Keluarga, Kakaskasen, Tomohon, Selasa (14/5/2019) hari ini. (*)
 
 
Editor : Asrar Yusuf
Komentar ()
Berita Manado
Manado
14 May 2019 / dibaca 478 kali
Mendiang almarhum Freddy Roeroe, wartawan senior Sulut bersama mantan Gubernur Sulut, yang kini Duta Besar Indonesia untuk Filipina, Sinyo...
Manado
29 Apr 2019 / dibaca 587 kali
MANADO (BK) : Tim Kelurahan Tangguh Bencana (Keltana), melakukan evakuasi jenazah yang terjebak banjir di Ternate Tanjung Kecamatan Singkil,...
Manado
29 Apr 2019 / dibaca 391 kali
MANADO (BK): Rumah Tahanan Negara Kelas IIA Manado banjir penghargaan. Momen itu semakin paripurna saat Rutan Manado sukses saat dipercayakan...
Manado
28 Apr 2019 / dibaca 509 kali
MANADO (BK): Kepala Bidang Kedaruratan dan  Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Manado, Jenny Bangonang, di Manado,...
Manado
20 Apr 2019 / dibaca 340 kali
MANADO (BK): Warga Binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kelas II A Kota Manado, Jumat (19/4) mengikuti prosesi Jalan Salib, sebagai refleksi...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2019 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.