Minsel

Inovatif, Bupati FDW Luncurkan Perizinan Keliling Bantu Pelaku UMKM

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Tuesday, 13 September 2022 20:18   338 kali

AMURANG (BK): Bupati Minahasa Selatan (Minsel), Franky Donny Wongkar SH meluncurkan inovasi perizinan keliling Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Satu Pintu (PMPTS). Launching inovasi layanan publik di bidang perizinan itu berlangsung di Balai Desa Paslaten Kecamatan Tatapaan, Selasa (13/9/2022) siang tadi.


Pelaksanaan program inovasi yang berbasis tata laksana pemerintahan yang prima itu akan digelar di 17 Kecamatan secara bergiliran.


Dalam sambutannya, Bupati menyambut baik inovasi layanan perizinan yang diprakarsai DPMPTS Kabupaten Minsel.


Bupati menyebutkan kehadiran layanan perizinan keliling kian mempermudah proses pengurusan izin bagi masyarakat termasuk pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).


Selain untuk memudahkan proses penerbitan izin, program ini juga sebagai bagian dari upaya pemkab Minsel dalam mendekatkan pelayanan kepada masyarakat.


Usai meluncurkan program perizinan keliling, Bupati FDW juga menyerahkan Nomor Induk Berusaha (NIB) bagi sejumlah pelaku usaha mikro kecil perseorangan.


Nomor Induk Berusaha (NIB) penting dimiliki setiap UMKM sebagai legalitas atau perlindungan hukum untuk suatu yang produk yang dimiliki pelaku UMKM itu sendiri.


Selain itu, dengan telah memiliki NIB akan mempermudah UMKM dalam memdapatkan pembinaan dari instansi terkait mengingat usahanya tersebut sudah terdata.


Sementara itu, Kepala Dinas DPMPTSP Kabupaten Minsel Ronald Paat mengatakan perluncuran layanan izin keliling berbasis OSS itu mendapat sambutan hangat masyarakat.


"Antusias masyarakat begitu tinggi. Kami awalnya hanya menargetkan 110 pelaku usaha, tapi ternyata membludak sampai 200 yang kami proses dokumen pengajuan izinnya," ungkap Paat. 

 

(Wesly)

Komentar ()
Berita Minsel
Minsel
27 Jun 2022 / dibaca 439 kali
AMURANG (BK): Bupati Minahasa Selatan  Franky Donny Wongkar, SH menghadiri perayaan HUT ke-100 master guide sekaligus penutupan kegiatan...
Minsel
27 Jun 2022 / dibaca 440 kali
AMURANG (BK): Setelah sekitar dua tahun ditutup karena pandemi Covid-19, pemerintah Republik Indonesia akhirnya membuka kembali keberangkatan...
Minsel
23 Jun 2022 / dibaca 416 kali
AMURANG (BK): Berbagai terobosan terus dilakukan Bupati Franky Donny Wongkar (FDW) dalam memperjuangkan warga terdampak bencana alam abrasi...
Minsel
22 Jun 2022 / dibaca 350 kali
AMURANG (BK): Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (Setwan) Minahasa Selatan menyerahkan bantuan untuk para korban terdampak bencana alam...
Minsel
22 Jun 2022 / dibaca 327 kali
AMURANG  (BK): Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) melaksanakan rapat paripurna dalam rangka...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2022 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.