Minut

Sambut HUT ke-50, Basarnas Manado Tanam 200 Bibit Mangrove di Pantai Likupang

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Saturday, 05 February 2022 20:32   459 kali
MINUT (BK) : 200 bibit mangrove berhasil ditanam di pantai Desa Batu Woku, Kecamatan Likupang Timur, Kabupaten Minahasa Utara (Minut), Sabtu (5/2/2022). Penanaman bibit mangrove ini dalam rangkaian memperingati HUT Basarnas ke-50, pada 28 Februari mendatang.
 
Ikut pada kegiatan Basarnas Manado tersebut, instansi pemerintah seperti Bakamla, KPLP, Pemerintah Daerah dan masyarakat Likupang Timur.
 
“Pencegahan abrasi pantai sangat penting untuk anak cucu kita yang akan datang. Pohon mangrove adalah salah satu cara untuk mencegahnya,” ujar Ludi Yanto, Kepala Sub Bagian Umum Basarnas Manado.
 
Ia mengatakan, dikarenakan semakin lama di pesisir pantai banyak yang mengalami abrasi, Basarnas Pusat pun memberikan perintah setiap UPT yang ada di daerah wajib menanam pohon mangrove. “Ini juga untuk pendekatan dengan masyarakat setempat,” katanya.
 
Ludi Yanto kemudian mengapresiasi masyarakat Desa Batu Woku yang telah memberikan tempat untuk penanaman bibit pohon mangrove.
 
Lanjutnya, Basarnas Manado sudah berkoordinasi dengan pemerintah kabupaten dan kota, diantaranya Kota Bitung, Kabupaten Minut dan Kota Manado, serta daerah lain yang sering terjadi abrasi pantai. Tapi pilihan jatuh ke pantai Likupang yang mengalami abrasi yang cukup parah.
 
“Bukan muda lagi Basarnas di usia 50 tahun, kami akan selalu mendekatkan diri ke masyarakat dan akan selalu memberikan pelayanan terbaik ke masyarakat. Dengan penanaman pohon mangrove kami harap masyarakat setempat bisa menjaga dan merawatnya untuk anak cucu dimasa mendatang,” pungkasnya.
 
Sementara itu, Camat Likupang Timur, Delby Wahiu berterima kasih kepada Basarnas Manado yang membantu penanaman bibit pohon mangrove di pantai Desa Batu Woku. Menurutnya, diperlukan pencegahan dengan penanaman pohon mangrove.
 
“Kami harap dengan penanaman pohon mangrove ini bisa mengedukasi masyarakat setempat agar bisa menjaga dan merawat sehingga bisa meminimalisir pengikisan pantai saat terjadi ombak besar. Mangrove juga memudahkan masyarakat mencari ikan,” tandasnya.
 
Editor: Asrar Yusuf
Komentar ()
Berita Minut
Minut
15 Sep 2021 / dibaca 770 kali
MINUT (BK): Dalam Rangkaian HAORNAS Ke-36 KONI Kabupaten Minahasa Utara,Telah Menyerahkan Atlit dan Pelatih Kontingen PON XX Papua Kepada...
Minut
10 Sep 2021 / dibaca 669 kali
MINUT (BK) : Hari kedua Balai Serbuan Vaksinasi Korem 131/Santiago di Kabupaten Minahasa Utara, dipusatkan di lapangan sepakbola Desa Winuri,...
Minut
09 Sep 2021 / dibaca 584 kali
MINUT (BK) : Korem 131/Santiago kembali menggelar Balai Serbuan Vaksinasi Covid-19 di dua tempat berbeda di Kecamatan Dimembe, Kabupaten...
Minut
08 Sep 2021 / dibaca 810 kali
MINUT (BK) :  Tim Pelaksana Pengabdian Masyarakat Penugasan (PPMP) melaksanakan kegiatan pelatihan, Perawatan dan Perbaikan Alat Mesin...
Minut
25 Aug 2021 / dibaca 558 kali
MINUT (BK) :  Kementerian Perdagangan Republik Indonesia (RI) terus memperhatikan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang berada di...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2022 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.