Nasional

Bhakti Kodam XIII/Merdeka di Gorontalo, Lestarikan Kawasan Hutan dan DAS Limboto

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Sunday, 13 May 2018 17:19   419 kali
GORONTALO (BK) : Sebanyak 200 ribu bibit pohon akan ditanam pada areal seluas 400 hektare di Desa Ayumolingo dan Desa Molamahu Kecamatan Pulubala Kabupaten Gorontalo. Di dua desa tersebut juga akan dibuat bangunan Konservasi Tanah dan Air.
 
 
Demikian kerjasama antara Pemerintah Provinsi Gorontalo dengan Kodam XIII/ Merdeka, yang tertuang dalam Nota Kesepahaman yang bertujuan, melakukan pemulihan dan penyelamatan kawasan hutan dan lahan yang tergradasi dan upaya penyelamatan pelestarian sekitar DAS Limboto sebagai ikon Provinsi Gorontalo.
 
 
Panglima Kodam XIII/Merdeka, Mayjen TNI Madsuni, turun langsung pada Pencanangan Program Kegiatan Padat Karya yang dipusatkan di Malahu, Desa Ayumolingo Kecamatan Pulubala, Sabtu (12/5/2018).
 
 
Pangdam dalam sambutannya mengatakan Karya Bakti dalam bentuk Program Padat Karya merupakan salah satu metode yang dilakukan oleh Aparat Komando Kewilayahan untuk membantu  Pemerintah Daerah  dalam meningkatkan taraf Kesejahteraan  Masyarakat. Untuk itu dia yakin proyek ini dapat berjalan sesuai perencanaan dan bermanfaat untuk kesejahtraan rakyat, karena adanya dukungan semua stakeholder.
 
 
“Proyek ini juga sekaligus mengugah dan memupuk komitmen Persatuan dan Kesatuan seluruh elemen masyarakat melalui hidup tolong menolong, gotong royong yang didasari kesetiakawanan, kekeluargaan dan toleransi yang tinggi di atas keberagaman,” ujar Mayjen Madsuni.
 
 
Pangdam mengharapkan, melalui prorgram Padat Karya ini, akan terwujud kondisi lingkungan yang memiliki ketahanan wilayah bidang ekonomi dan keamanan, serta menumbuhkan kesadaran masyarakat dalam Berbangsa dan Bernegara, serta terwujudnya kemanunggalan TNI dan masyarakat.
 
 
“Ini kehormatan bagi saya selaku Pangdam yang baru. Untuk itu saya juga mengucapkan selamat atas kepemimpinan Gubernur Gorontalo yang sudah berjalan 6 tahun, semoga Gorontalo kedepan semakin sukses, berjaya dan masyarakat semakin sejahtera,” terang Madsuni.
 
 
 
 
Kepala Dinas Sosial Provinsi Gorontalo, Risjon Sunge mewakili Gubernur Gorontalo, Ruslie Habibie mengatakan, ada beberapa kegiatan pada pencanangan Program Kegiatan Padat Karya yang sudah berjalan 3 bulan. Diantaranya, pemberian bantuan kepada Kaum Dhuafa sebanyak 1000 keluarga penerima manfaat.
 
 
Juga dilakukan pelayanan Kesehatan Gratis dari Dinas Kesehatan, Pasar Murah dari Disperindag, Pasar Ikan Segar dari Dinas Perikanan, Sunatan Massal dengan peserta 23 orang dari keluarga tidak mampu serta Donor Darah dari PMI Provinsi Gorontalo.
 
 
Sementara tindak lanjut kerjasama ini adalah penyediaan Rumah Hunian Layak bagi masyarakat miskin dan pembangunan 600 unit rumah permanen dengan kondisi sederhana ukuran 30 M2. Pelaksanaannya dilakukan secara bertahap di 6 Kabupaten dan Kota, dimana tahap pertama sejumlah 238 unit dan tahap kedua sejumlah 382 unit.
 
 
“Kegiatan pengembangan pertanian berbasis konservasi dalam upaya mengurangi erosi tanah melalui kekuatan terasering seluas 14 H, penanaman tanaman pembangunan  terasering dan pengelolaan tanah melalui sistim TTOT atau Tanah Tanpw Olah Tanah di 6 Kabupaten dan Kota,” ucap Risjon Sunge.
 
 
Pencanangan itu dihadiri Gubernur Rusli Habibie, Kasrem 131 Santiago Kolonel Inf Endro Satoto, Dandim 1304/Gtlo Letkol Inf Allan Surya Lesman, Para Asisten dan Kabalag Kodam XIII/ Mdk, Para Kadis dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Provinsi Gorontalo, Camat Pulubala, Karlina Ekei dan Kapolsek Pulubala Ipda Yudi Setiawan.
 
 
(acha/bk-8)
 
Komentar ()
Berita Nasional
Nasional
10 Jul 2018 / dibaca 288 kali
BANDUNG (BK) : Meminimalisir dampak negatif konten digital, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) mengadakan...
Nasional
07 Jul 2018 / dibaca 331 kali
MANADO (BK) : 2 Menteri perempuan, Puan Maharani dan Yohana Yembise, mempunyai pesan yang sama pada Peringatan Hari Keluarga Nasional...
Nasional
06 Jul 2018 / dibaca 375 kali
MANADO (BK) : Banyak kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak di daerah yang tidak mendapatkan penanganan dengan baik. Masyarakat juga...
Nasional
04 Jul 2018 / dibaca 299 kali
KUPANG (BK) : 2.000 anak di Nusa Tenggara Timur (NTT), mengikuti Jambore V PAR GMIT Tahun 2018 di Jemaat Alfa Omega Labat, Klasis Kota Kupang,...
Nasional
23 Jun 2018 / dibaca 371 kali
MANADO (BK) : Dalam rangka menyambut Peringatan ke-73 Hari Tentara Nasional Indonesia (TNI) tahun 2018, Mabes TNI menggelar "Lomba Karya...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2018 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.