Nasional

Ini Cara Indonesia Pertahankan Hubungan Bilateral dengan Afrika

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Sunday, 27 May 2018 01:08   549 kali
(foto : Kemen PPPA)

JAKARTA (BK): Indonesia telah menjalin hubungan bilateral dengan Afrika sejak dulu. Hubungan layaknya kakak beradik ini terus dijaga karena memiliki perjuangan yang sama yaitu melawan kolonialisme.

 

Demikian dikatakan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Yohana Yembise pada acara “The Celebration of Africa Day” di Kedutaan Besar Republik Demokratik Rakyat Aljazair, Jakarta, Jumat (25/8/2018).

 

"Hubungan ini juga berlandaskan kesetaraan, solidaritas, dan kesamaan tujuan," ujar Menteri Yohana.

 

Menteri mengatakan, di zaman modern ini, tujuan utama dari sebuah perjuangan bukanlah hanya untuk kemerdekaan, tetapi juga menjadi bangsa yang kuat, mandiri, stabil, dan sejahtera. Indonesia pun siap bekerja sama dengan Afrika, demi mengembangkan negara dan kesejahteraan rakyat kita, melalui ekonomi, sosial, dan budaya.

 

"Afrika telah menjadi mitra penting bagi Indonesia selama 63 tahun. Persaudaraan ini harus tetap terjaga dengan baik,” katanya.

 

Untuk memperkuat hubungan bilateral itu, Indonesia telah menyelenggarakan iven Indonesia Africa Forum (IAF), pada 10 - 11 April 2018 lalu. Forum itu kemudian menghasilkan persetujuan untuk meningkatkan kerja sama ekonomi, keuangan, serta dialog tentang kebijakan untuk mengurangi hambatan impor.

 

"Pemerintah Indonesia saat ini sedang membentuk gugus tugas untuk memetakan dan menerapkan kebijakan terobosan dalam mengembangkan kerja sama infrastruktur antara Indonesia dan Afrika," terang Menteri Yohana.

 

Lanjutnya, Pemerintah Indonesia juga akan menambah program beasiswa dan meningkatkan program pembangunan kapasitas bagi masyarakat Afrika. Hal ini membuktikan bahwa Indonesia bertekad untuk kerja bersama Afrika.

 

"Kemitraan kami diperkuat setiap hari, dan akan menjadi sangat penting di masa depan,” tambahnya.

 

"Kedepan, Indonesia – Afrika akan melakukan beberapa program dan terobosan baru untuk memperkuat hubungan bilateral," pungkas Menteri Yohana.

 

(acha/bk-8)

Komentar ()
Berita Nasional
Nasional
04 Nov 2018 / dibaca 186 kali
JAKARTA (BK): Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau proses pemeriksaan pesawat atau rampcheck yang dilakukan Direktorat Jenderal...
Nasional
04 Nov 2018 / dibaca 257 kali
JAKARTA (BK): Kendati nuansa duka kelihatan menyelimuti keluarganya, tetapi paras muka ayah dan ibunda almarhum Hizkia Jorry Saroinsong, 23...
Nasional
02 Nov 2018 / dibaca 248 kali
TANGERANG (BK) : Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) menunjuk Kota Tangerang sebagai Pilot Project Gerakan...
Nasional
01 Nov 2018 / dibaca 217 kali
JAKARTA (BK): Pemerintah berjanji tidak bakal mengabaikan kelanjutan reformasi ekonomi di tengah gebyar Pesta Demokrasi yang akan...
Nasional
31 Oct 2018 / dibaca 204 kali
KRI BIMA SUCI 945  adalah kapal layar tiang tinggi klas BARK(Barque) buatan galangan kapal Freire Shipyard, Kota Vigo, Spanyol. Kapal ini...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2018 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.