Nasional

Kementerian PPPA Tunjuk Tangerang ‘Pilot Project’ Gerakan Reformashe

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Friday, 02 November 2018 20:35   335 kali
Sekretaris Kementerian PPPA, Pribudiarta Nur Sitepu, menanam pohon pada pencanangan Gerakan Reformashe. (dok : ist)
TANGERANG (BK) : Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) menunjuk Kota Tangerang sebagai Pilot Project Gerakan Reformashe. Gerakan Reformashe adalah gerakan yang berfokus pada pemberdayaan perempuan berbasis lingkungan untuk menciptakan budaya bersih dan sehat dimulai dari keluarga.
 
 
Sekretaris Kementerian PPPA, Pribudiarta Nur Sitepu pada pencanangan yang dilaksanakan, Jumat (2/11/2018) di Kampung Hijau Cibodas Baru, Kota Tangerang, Provinsi Banten, mengatakan Kementerian PPPA melihat adanya peluang pemberdayaan perempuan yang lebih baik melalui edukasi pengelolaan lingkungan dan sampah rumah tangga melalui program yang diberi nama Reformashe.
 
 
“Pengelolaan lingkungan memiliki hubungan kuat dan secara holistik mempengaruhi terwujudnya pembangunan manusia, sosial dan ekonomi berkelanjutan yang tercantum dalam Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB),” ujar Pribudiarta.
 
 
Dia mengatakan, salah satu diantara enam elemen yang ada dalam TPB yaitu planet, people, dignity, prosperity, justice, and partnership. Dalam target dan tujuan TPB, daya dukung lingkungan dipergunakan untuk membangun kondisi masyarakat yang bermartabat sehingga dapat membentuk ekonomi yang berkeadilan.
 
 
Lanjutnya, Kota Tangerang dipilih karena masyarakat dan program pemerintah kota yang begitu memperhatikan masalah perempuan dan anak, dengan predikat Kota Layak Anak dan Kota Ramah Perempuan. “Untuk itu kita dorong dan inisiasi gerakan yang sifatnya tematik dan adaptif sesuai kondisi wilayah disini,” terang Pribudiarta.
 
 
Suasana Pencanangan Gerakan Reformashe di Tangerang, Banten. (foto : humas kemen PPPA)
 
 
Sementara Wakil Walikota Tangerang, Sachrudin mendorong semua lapisan masyarakat untuk bisa mengedukasi dan berperan aktif dalam pembangunan. Salah satunya adalah dengan menambah wawasan kaum ibu dalam rangka pemberdayaan keluarga melalui kegiatan pengelolaan kebersihan lingkungan.
 
 
“Saya berharap kegiatan Reformashe ini dapat memicu semangat warga untuk membudayakan lingkungan bersih dan sehat yang dimulai dari keluarga,” ungkapnya.
 
 
Pencanangan program Reformashe di Tangerang, terdiri dari Reformashe Keluarga, Reformashe Sehat dengan program yang menitikberatkan pada pola hidup sehat lingkungan. Kemudian Reformashe Hijau yang menitik-beratkan terciptanya lingkungan bersih dari sampah dan segala sesuatu yang akan menimbulkan sisa serta membahayakan lingkungan secara umum.
 
 
Sebelum pencanangan, Reformashe sebelumnya telah dilaksanakan di Kota Tangerang dan Banten. Dalam program itu telah terbentuk Warung Sehat Reformashe yang akan menjadi tonggak kesadaran masyarakat untuk mengurangi sampah plastik di lingkungan dan rumah tangga.
 
 
(acha/bk-8)
Komentar ()
Berita Nasional
Nasional
07 Nov 2019 / dibaca 334 kali
MANADO (BK): Upah Minimum Provinsi (UMP) Sulawesi Utara tahun 2020 sebesar Rp. 3.310.723, merupakan kedua terbesar di Indonesia. Urutan...
Nasional
03 Nov 2019 / dibaca 1030 kali
TUNJANGAN  kinerja (tukin) di tiap kementerian memiliki besaran yang beragam. Tentu saja itu menjadi salah satu daya tarik bagi yang...
Nasional
02 Nov 2019 / dibaca 160 kali
(foto kiri ke kanan):  Theo Sambuaga, Gubernur Olly Dondokambey, Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga, Bupati Minahasa Selatan...
Nasional
01 Nov 2019 / dibaca 152 kali
MANADO (BK) :  Gubernur Sulawesi Utara (Sulut), Olly Dondokambey mengumumkan Upah Minimum Provinsi (UMP) tahun 2020 sebesar Rp...
Nasional
01 Nov 2019 / dibaca 178 kali
MANADO (BK) :  Menteri Pemuda Olahraga (Menpora), Dr Zainuddin Amali memilih Manado untuk mengawali agenda kerja Kementerian Pemuda dan...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2019 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.