Nasional

Mahasiswa Papua Dukung Pilkada Serentak di Sulut

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Thursday, 02 July 2020 19:04   268 kali
Ketua IMIPA Cabang Tondano, John Romeo Bame dan Komisioner KPU Provinsi Sulut, Lanny Ointoe. (foto: istimewa)
 
 
 
TONDANO (BK) : Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020 akan dilaksanakan pada 9 Desember 2020. Keputusan tersebut berdasarkan pada Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu) No.2 Tahun 2020.
 
 
Meski di tengah pandemi Covid-19 yang mewabah, pilkada serentak 2020 terus mendapat dukungan. Di Sulawesi Utara (Sulut), dukungan datang dari mahasiswa asal Papua.
 
 
"Kami para pemuda yang mewakili mahasiswa asal Papua, mendukung penuh pelaksanaan pilkada serentak 2020 di Sulut," ujar Ketua Ikatan Mahasiswa Indonesia Papua (IMIPA) Cabang Tondano, John Romeo Bame.
 
 
John yang ditemui di Tondano, Selasa (30/6/2020) mengatakan, sebagai warga negara Indonesia akan tetap mendukung Pilkada Serentak 2020 terlaksana. "Bahkan kami (mahasiswa Papua) tetap optimis untuk bisa memilih sama-sama karena mempunyai hak yang sama dimana kita berada (Tondano)," katanya.
 
 
Secara terpisah, Komisioner KPU Provinsi Sulut, Lanny Ointoe mengatakan pada pendataan pemilih Pilkada 2020, harus sesuai dengan ketentuan, dan hanya untuk pemilih yang memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) setempat. Secara otomatis, menganulir keinginan para mahasiswa Papua untuk bisa memilih.
 
 
"Iya, mahasiswa Papua yang memiliki KTP Papua tidak bisa memilih di Sulut. Kan nanti mereka ada pilkada sendiri," terang Lanny.
 
 
Dijelaskannya, warga yang pindah dari daerah lain bisa memilih asalkan masih dalam satu provinsi. Ia mencontohkan seorang yang ber-KTP Manado lalu pindah ke Minsel, bisa menyalurkan hak pilihnya.
 
 
"Tapi warga tersebut hanya bisa memilih Gubernur bukan untuk memilih Bupati Minsel," ungkap Lanny.
 
 
Komisioner berwajah cantik ini pun ikut mengapresiasi dukungan para mahasiswa Papua yang antusias untuk bisa ikut dalam Pilkada Serentak 2020 di Sulut.
 
 
"Tapi itulah, kan ada Peraturan KPU yang menyatakan mereka tidak bisa menyalurkan hak pilihnya di daerah atau provinsi lain, kecuali pada saat pelaksanaan pemilihan presiden," tutup Lanny.
 
 
(acha/bk-8)
 
Komentar ()
Berita Nasional
Nasional
25 Feb 2020 / dibaca 897 kali
JAKARTA (BK):  Wakil Menteri Perdagangan RI, DR Jerry Sambuaga menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) terkait Generalized System of...
Nasional
16 Feb 2020 / dibaca 479 kali
Rijal Angule, nelayan asal Manado yang hanyut dan diselamatkan kapal tongkang di perairan Kwandang, Gorontalo. (foto: ist)  ...
Nasional
06 Feb 2020 / dibaca 230 kali
Jakarta, (4/2/2020) -  Kementerian ESDM RI mengalokasikan Pembangunan PLTS Roof top di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) sebanyak 80 unit,...
Nasional
05 Feb 2020 / dibaca 260 kali
BOGOR (BK): Bupati Minahasa Selatan Christiany Eugenia Paruntu mengikuti Rapat Kordinasi Nasional (Rakornas) Penanggulangan Bencana, yang dibuka...
Nasional
03 Feb 2020 / dibaca 961 kali
Penumpang di Bandara Sam Ratulangi Manado. (foto: humas bandara sam ratulangi manado)       MANADO (BK) :...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2020 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.