Nasional

Menteri Puan Minta Percepat Pembuatan Panel RISHA di Lombok

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Wednesday, 21 November 2018 23:37   376 kali
Menteri Puan bersama murid SMP Negeri 4 Praya, Lombok, NTB. (dok : ist)
LOMBOK (BK) : Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Puan Maharani meminta stakeholder terkait untuk mempercepat pembuatan Panel RISHA di Praya, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB).
 
 
Saat melakukan peninjauan bersama Kepala BNPB, KemenPUPERA dan Jajaran Pemda NTB di lokasi pembuatan panel terbesar di Praya, Rabu (21/11/2018), Menteri Puan mendapat fakta adanya kendala dalam kecepatan ketersediaan panel untuk pembuatan RISHA bagi rumah warga terdampak gempabumi di NTB.
 
 
RISHA merupakan rumah dengan konsep knock down, dimana proses pembangunannya tidak membutuhkan semen dan bata, melainkan dengan menggabungkan panel-panel beton dengan baut. Untuk itu, pembangunan rumah dapat diselesaikan dengan waktu jauh lebih cepat.
 
 
“Stakeholder harus memikirkan jalan keluarnya jika ada kendala dan hambatan di lapangan. Saya harap kelompok masyarakat (Pokmas) juga diberi peran dalam beberapa proses produksi panel RISHA untuk membantu percepatan pendirian rumah dan bangunan,” ujar Menteri Puan.
 
 
Menurutnya, Kementerian terkait juga sudah berusaha mempercepat proses dengan memangkas 17 syarat menjadi 1 syarat saja. Untuk itu, Pokmas-Pokmas harus segera dibentuk.
 
 
“Pokmas inilah yang nantinya bertanggung jawab dalam memberikan pendampingan dan memberikan masukan, sehingga bapak/ibu yang mempunyai hak untuk membangun rumah dapat segera membangun rumahnya,” jelas Puan lagi.
 
 
Menko PMK juga mengingatkan pentingnya membangun rumah tahan gempa, sehingga di masa mendatang setiap peristiwa alam tidak menghasilkan korban dan kerusakan yang besar. "Mari kita bangun rumah tahan gempa sesuai ketentuan teknis Kementerian PUPERA, baik rumah jenis RISHA, RIKO, ataupun RIKA," himbaunya.
 
 
Menko PMK dan rombongan juga menyempatkan mengunjungi sekolah sementara SMPN 4 Praya, Lombok Tengah. Selain berdialog dan memberi semangat kepada murid dan jajaran pengajar, Menteri Puan menyerahkan bantuan berupa alat kelengkapan sekolah dan Al-Qur'an yang diserahkan secara simbolis kepada salah satu murid dan kepala sekolah.
 
 
Putri Megawati Soekarnoputri ini ingin memastikan bahwa pemerintah dengan dukungan masyarakat, sedang giat-giatnya memulihkan seluruh aspek kehidupan masyarakat NTB, secara bertahap menuju keadaan normal dengan tekad bersama untuk membangun lebih baik dan lebih aman, menghindari risiko buruk bencana di masa depan.
 
 
(acha/bk-8)
Komentar ()
Berita Nasional
Nasional
13 Mar 2019 / dibaca 85 kali
SIBOLGA (BK): Istri terduga teroris Husain alias Abu Hamzah di Sibolga, Sumut, meledakkan diri dengan bom lontong rakitan. Jasadnya sudah tak...
Nasional
12 Mar 2019 / dibaca 149 kali
TANGGERANG (BK): Bupati Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel), Christiany Eugenia Paruntu, SE menghadiri Peresmian dan Penghargaan Pasar Rakyat...
Nasional
04 Mar 2019 / dibaca 569 kali
TOMOHON (BK): Sekjen DPP Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Raja Juli Antoni menyambangi kantor Sinode GMIM, di Tomohon didampingi Ketua DPW...
Nasional
02 Mar 2019 / dibaca 174 kali
LAMPUNG (BK) : Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) menegaskan akan memberikan perlindungan dan memastikan...
Nasional
26 Feb 2019 / dibaca 222 kali
SULUT (BK) : Sulawesi Utara patut bangga memiliki Senator andal Ir Stefanus BAN Liow, MAP. Dalam setiap Raker dengan Kementerian/Kelembagaan RI...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2019 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.