Nasional

Presiden Jokowi Resmi Buka Kongres GMNI

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Wednesday, 15 November 2017 12:32   477 kali

MANADO (BK) : Kongres Trisakti Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) ke-20 di Manado, secara resmi dibuka. Pembukaan ditandai dengan pemukulan tetengkoreng oleh Presiden Joko Widodo, Rabu (15/11/2017).


Ada beberapa poin penting yang disampaikan presiden saat memberikan sambutan. Diantaranya Hari Lahir Pancasila, Perppu Nomor 2 Tentang Organisasi Masyarakat (Ormas), masalah Freeport, kekayaan laut dan ketimpangan perekonomian.


“Mengapa saya menetapkan Hari Lahir Pancasila menjadi hari besar nasional? Karena Pancasila adalah bagian dari sejarah bangsa dan sangat mendasar karena merupakan ideologi negara,” jelas Jokowi.


Begitu juga dengan Peraturan Pengganti Undang-undang (Perppu) Nomor 2 tentang Ormas, Presiden menyetujuinya untuk segera dikeluarkan. Perppu ini nantinya untuk menangkal ormas yang anti Pancasila.


“Saya katakan sudah siapkan, nanti saya yang bertanggungjawab,” katanya.


Mengenai Freeport, Jokowi menyebut berapa puluh tahun kehadirannya di Indonesia tapi tidak memberikan kontribusi yang berarti karena yang diperoleh pemerintah sangat kecil. Untuk itu dia menyebut angka 51 persen jika mau beroperasi.


“Minta 51 persen saja kok takut, jangan mundur, terus tapi saya yakin bisa dapat. Kalau kita ragu akan terus dimainin,” tukasnya.


Jokowi juga mengatakan pemberangusan kapal-kapal penangkap ikan ilegal dari luar negeri yang dilakukan Menteri Kelautan Susi Pujiastuti adalah untuk melindungi kekayaan alam negara. Ini juga untuk menjaga ketersediaan ikan untuk nelayan.


“Berapa banyak kapal penangkap ikan ilegal yang laku lalang menangkap ikan, ada 7000 tongkang. Nelayan kita nanti kena, tapi kalau kita tengelamkan, kapal-kapal itu lama-lama nanti akan habis,” tandasnya.


Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey dalam sambutannya mengatakan, kongres ini sengaja dibuat di Graha Gubernuran dan bukan di hotel, karena menginginkan kader GMNI untuk dekat dengan pemerintahan. Apalagi kongres ini merupakan yang pertama kali dilaksanakan di daerah ini (Manado).


“Dan sangat diapresiasi karena langsung dihadiri oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo,” kata Olly.


Kongres Trisakti GMNI ke-20 ini melibatkan 167 perwakilan dari seluruh daerah di Indonesia. Diharapkan, kongres tetap dapat menjaga persatuan dalam menghadapi persoalan bangsa ini dari seluruh ancaman dan tantangan kedepan.


“Kami apresiasi kepada pemerintah yang telah mengembalikan kedaulatan rakyat. Juga terima kasih kepada Presiden yang telah menetapkan Hari Pancasila sebagai Hari Nasional,” ungkap Ketua Presidium GMNI, Chrisman Damanik.


Sejumlah pejabat negara seperti Menteri Sekretaris Negara Pramono Anum, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Gubernur Jawa Timur Soekarwo ikut hadir.


Sementara pejabat daerah Sulut, Ketua DPRD Andrei Angouw, Walikota Manado Vecky Lumentut, Bupati Minahasa Selatan Tetty Paruntu, Bupati Minahasa Tenggara James Sumendap, Forkominda Sulut diantaranya Kapolda Irjen Bambang Waskito, Pangdam XIII Merdeka Mayjen Ganip Warsito dan pejabat lainnya.


(acha/bk-8)

Komentar ()
Berita Nasional
Nasional
10 Jul 2018 / dibaca 289 kali
BANDUNG (BK) : Meminimalisir dampak negatif konten digital, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) mengadakan...
Nasional
07 Jul 2018 / dibaca 333 kali
MANADO (BK) : 2 Menteri perempuan, Puan Maharani dan Yohana Yembise, mempunyai pesan yang sama pada Peringatan Hari Keluarga Nasional...
Nasional
06 Jul 2018 / dibaca 376 kali
MANADO (BK) : Banyak kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak di daerah yang tidak mendapatkan penanganan dengan baik. Masyarakat juga...
Nasional
04 Jul 2018 / dibaca 300 kali
KUPANG (BK) : 2.000 anak di Nusa Tenggara Timur (NTT), mengikuti Jambore V PAR GMIT Tahun 2018 di Jemaat Alfa Omega Labat, Klasis Kota Kupang,...
Nasional
23 Jun 2018 / dibaca 373 kali
MANADO (BK) : Dalam rangka menyambut Peringatan ke-73 Hari Tentara Nasional Indonesia (TNI) tahun 2018, Mabes TNI menggelar "Lomba Karya...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2018 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.