Olahraga

Bola Basket Sulawesi Utara Kena Sanksi, 2 Tahun tak Bisa Tanding

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Thursday, 24 January 2019 10:35   680 kali
Bola Basket
MANADO (BK): Kabar kurang mengenakan harus diterima para pecinta dunia bola basket di Sulawesi Utara. Diinformasikan jika tim Basket Sulawesi Utara mendapatkan sanksi selama 2 tahun tidak bisa tampil dalam kejuaraan apapun.
 
Alhasil, beberapa kejuaraan penting diantaranya Pra Pekan Olahraga Nasional (Pra PON) juga ikut terkena imbas. Tim Basket Sulawesi Utara tidak bisa ikut ambil bagian dan dipastikan tak akan tampil dalam PON.
 
Informasi yang diperoleh wartawan, Pengurus Pusat Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PP Perbasi), memberikan sanksi dikarenakan Sulawesi Utara membatalkan keikutsertaan pada Kejuaraan Nasional (Kejurnas) pada 10 Januari 2019 lalu.
 
Derita bola basket Sulut juga tak hanya pada pembatasan keikutsertaan dalam kejuaraan, tetapi juga harus membayar denda sebesar Rp10 juta.
 
Penelusuran yang dilakukan wartawan terkait sanski ini, berawal pada penunjukan tim MIS sebagai wakil dari Sulawesi Utara dalam Kejurnas. Tanpa melakukan seleksi seperti halnya prosedur dalam penunjukan tim perwakilan Provinsi, MIS diserahkan penuh untuk membiayai semua hal terkait Kejurnas tersebut.
 
"Tapi ternyata MIS terbentur anggaran. Kan, memang seperti jalan sendiri, jadi kesusahan dan akhirnya tidak mampu dan mundur," kata sumber yang meminta namanya tidak dipublish.
 
Karena tak cukup anggaran ini, MIS kemudian batal menjadi perwakilan Sulut di Kejurnas. Akibatnya, PP Perbasi pun naik pitam. Sanksi berat pun diberikan kepada Sulut.
 
Ketua Pengurus Provinsi (Pengprov) Perbasi Sulut, Harley Mangindaan saat dikonfirmasi mengaku jika pihaknya belum menerima salinan keputusan sanksi tersebut.
 
"Belum ada surat resmi dari pusat," kata Mangindaan.
 
Terkait dengan persoalan batalnya MIS ikut dalam Kejuaraan sebagai pemicu sanksi, Mangindaan tidak menjawab secara gamblang. Namun dirinya membenarkan jika MIS membatalkan keikutsertaan, padahal mereka yang justru menawarkan diri awalnya.
 
"Tiba-tiba nda ikut, alasan dana tidak cukup. Dan tidak konfirmasi ke saya kalau ada kekurangan," tutur Mangindaan.
 
Mangindaan sendiri mengaku jika pihak Perbasi Sulut tengah mencari kebenaran isu yang ada.
 
"Kami Perbasi juga push ke MIS untuk selesaikan sesuai yang mereka mohonkan kepada pengurus Sulut," kata Mangindaan kembali.
 
(jusuf kalalo)
Komentar ()
Berita Olahraga
Olahraga
19 Aug 2019 / dibaca 330 kali
MANADO (BK) : HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke 74, pada tanggal 17 Agustus 2019, turut diperingati oleh Masjid Baitul Ilmi Desa Sea,...
Olahraga
19 Aug 2019 / dibaca 1866 kali
MANADO (BK) : 2 atlet binaragawan Sulawesi Utara (Sulut), Danias Manangkalangi dan Benny Kaunang, berhasil lolos ke Pekan Olahraga Nasional...
Olahraga
09 Aug 2019 / dibaca 507 kali
MANADO (BK): SMA Negeri 7 yang berada di bilangan Teling Manado selama ini dikenal sebagai lumbung atlet-atlet berpretasi dengan reputasi...
Olahraga
02 Aug 2019 / dibaca 273 kali
MANADO (BK) : Sebanyak 25 orang yang tergabung dalam Karate-Do Gojukai Sulawesi Utara (Sulut) mengikuti Kejuaraan Nasional (Kejurnas)...
Olahraga
30 May 2019 / dibaca 578 kali
JAKARTA (BK) : Posisi Ketua Umum (Ketum) PSSI yang kosong, banyak menuai pro dan kontra. Iwan Budianto yang mengisi kekosongan sebagai...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2020 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.