Olahraga

Cara BTM Baitul Ilmi Desa Sea Maknai Kemerdekaan, Buat Lomba untuk Anak-anak

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Monday, 19 August 2019 20:41   292 kali
MANADO (BK) : HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke 74, pada tanggal 17 Agustus 2019, turut diperingati oleh Masjid Baitul Ilmi Desa Sea, Kecamatan Pineleng, Kabupaten Minahasa. Berbagai permainan tradisional dilombakan untuk anak-anak di bawah usia 12 tahun, Minggu (18/8/2019).
 
 
Ada beberapa jenis permainan yang dilombakan, diantaranya adalah Lari Karung, Makan Kerupuk dan Lari Kelereng. Selain itu juga diadakan lomba Adzan.
 
 
Menurut Ketua Panitia, Hartato Mohamad, perlombaan ini bukan sekadar lomba dan dapat hadiah saja, tapi ada manfaat lain yang bisa didapat oleh anak-anak. Seperti contoh, dalam setiap perlombaan pasti ada yang menang dan ada yang kalah.
 
 
“Sebelum lomba dimulai, tanamkanlah dalam diri anak soal menang dan kalah itu adalah hal yang biasa dalam tiap perlombaan,” ujar Lucky, panggilan akrab Hartato.
 
 
Hartato 'Lucky' Mohamad. (foto : ist)
 
 
Bukan hanya itu, lanjut Lucky, lomba juga bisa mengajari anak soal jiwa sportivitas, yakni mengikuti aturan main. “Kalau menang tidak boleh sombong, dan kalau kalah maka tak boleh berkecil hati,” katanya.
 
 
Selain itu, juga untuk melatih kepercayaan diri karena berani tampil di depan umum, serta yang paling utama adalah menumbuhkan rasa nasionalisme sejak usia dini, seperti makan kerupuk yang mengingatkan tentang kesulitan untuk makan di masa penjajahan dahulu.
 
 
“Ada nilai-nilai nasionalisme yang akan tertanam nantinya ke dalam sanubari 26 anak yang menjadi peserta lomba yang kami gelar di Lobby Masjid Baitul Ilmi,” terang Lucky.
 
 
 
 
Kegiatan yang dimulai dimulai sejak pukul 15.30 WITA, dipandu oleh Kifli Rauf, dengan tim penilai untuk lomba permainan tradisional yaitu Amir Saleh, Safar Musafar, Suroto Kalim, Atina Karmon dan Sumiati Billa. Sedangkan Imam Masjid, Ridwan Pombaile SE SPd menjadi penilai dalam Lomba Adzan.
 
 
Meskipun hadiah dari perlombaan tersebut hanya berupa alat tulis menulis serta uang tunai, tapi perlombaan berlangsung meriah dan sangat menghibur anak-anak serta orang tua.
 
 
“Kami berharap di tahun-tahun mendatang akan dibuat kegiatan yang lebih besar lagi dari pelaksanaan sekarang ini,” tutup Lucky.
 
 
(acha/bk-8)
Komentar ()
Berita Olahraga
Olahraga
19 Aug 2019 / dibaca 1788 kali
MANADO (BK) : 2 atlet binaragawan Sulawesi Utara (Sulut), Danias Manangkalangi dan Benny Kaunang, berhasil lolos ke Pekan Olahraga Nasional...
Olahraga
09 Aug 2019 / dibaca 422 kali
MANADO (BK): SMA Negeri 7 yang berada di bilangan Teling Manado selama ini dikenal sebagai lumbung atlet-atlet berpretasi dengan reputasi...
Olahraga
02 Aug 2019 / dibaca 231 kali
MANADO (BK) : Sebanyak 25 orang yang tergabung dalam Karate-Do Gojukai Sulawesi Utara (Sulut) mengikuti Kejuaraan Nasional (Kejurnas)...
Olahraga
30 May 2019 / dibaca 530 kali
JAKARTA (BK) : Posisi Ketua Umum (Ketum) PSSI yang kosong, banyak menuai pro dan kontra. Iwan Budianto yang mengisi kekosongan sebagai...
Olahraga
08 Apr 2019 / dibaca 600 kali
TOMOHON (BK) : Kejuaraan Karate Open Tournament Kajati Sulut Cup 2019, resmi ditutup. Indonesia Karate-Do Minahasa Utara (Inkado Minut) A,...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2019 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.