Olahraga

Dibalik Cerita Indonesia Six Days Enduro, Ada Kebersamaan dan Pesan Damai Pemilu

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Sunday, 11 November 2018 17:29   713 kali
Penutupan Indonesia Six Days Enduro (I6DE) ke-IX di Manado. (foto : acha)
MANADO (BK) : Indonesia Six Days Enduro (I6DE) ke-IX di 3 provinsi, Sulawesi Tengah, Gorontalo dan Sulawesi Utara, telah berakhir. Namun ada banyak cerita dari olahraga yang lebih mengutamakan ketahanan fisik dan motor trail di trek lintas alam.
 
 
Dandy, offroader asal Team BAI Jakarta mengungkap ada rasa kebersamaan, kekeluargaan seluruh offroader saat menaklukkan alam di tiga provinsi yang ada di pulau Sulawesi itu. Terkadang, mereka harus jatuh bangun karena ganasnya lintasan yang ditempuh.
 
 
“Kami lihat pemandangan, pantai, angin yang sepoi-sepoi. Lalu kami jatuh, bangun lagi, jatuh dan bangun lagi,” ujarnya dengan kocak saat penutupan event tahunan Enduro Totale Indonesia di Big Fish Restaurant Manado, Sabtu (10/11/2018) malam.
 
 
 
 
Kocakan Dandy malam itu memang mampu menurunkan adrenalin yang sempat terpacu selama 6 hari berpetualang di alam bebas. Dia berharap kebersamaan itu bisa terjadi lagi pada pelaksanaan I6DE ke-X di Minangkabau, Sumatera Barat, tahun depan. “Kalau ada umur panjang, kita bertemu lagi di Minangkabau,” ucapnya.
 
 
Selain berpetualang, 50 offroader yang berdatangan dari berbagai wilayah di Indonesia, seperti Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulteng, Sulbar, NTT, Sumut, Jambi, Lampung, Banten, Jabar, Jateng dan Jakarta, juga punya cerita membawa misi pesan Pemilu Damai 2019.
 
 
Pesan Pemilu Damai 2019 oleh Komunitas  Indonesia Six Days Enduro (I6DE). (foto : ist)
 
 
Setiap tempat persinggahan, selalu diisi dengan memberikan pesan kepada masyarakat untuk menjaga Kamtibmas menjelang Pilpres 2019. Juga mengajak komunitas I6DE untuk menolak hoaks dan intoleran.
 
 
“Kita memang membawa misi Pilpres damai, lawan hoax. Siapa pun yang jadi Presiden, nomor 1 atau nomor 2, itu adalah Presiden kita. Tetap kita jaga kebersamaan supaya Pemilu aman,” ungkap Bambang, peserta lainnya.
 
 
Cerita lainnya adalah, tidak adanya penandaan jalur yang akan dilalui offroader, melainkan menggunakan sistem Global Positioning System (GPS). Kondisi ini membuat para offroader yang menentukan jalan dari etape ke etape berikutnya. Jalur yang ditempuh pun menjadi lebih menantang karena harus melewati pegunungan, sungai dan bahkan tebing yang terjal.
 
 
“Disitulah tantangannya. Ada jalur yang terjal dan berjurang sehingga peserta sampai beberapa kali terguling. Tapi alhamdulillah, semuanya bisa dilalui,” kata Erick, penanggung jawab kegiatan.  
 
 
Ikutnya aktor Al Fathir Muchtar dalam I6DE ke IX ini juga menjadi cerita tersendiri. Aktor kelahiran 23 Desember 1979 ini juga harus menguras tenaga karena jalur yang dilalui memang cukup berat. Namun lelah suami aktris Fera Feriska ini terbayarkan karena berhasil menyelesaikan enam etape tersebut.
 
 
“Pemandangan alam sekitarnya, kearifan lokal yang ditemui membuat balance dengan capek yang saya rasakan,” sebut aktor yang berperan sebagai Abah Rama dalam film "Anak Jalanan".
 
 
 
 
(acha/bk-8)
Komentar ()
Berita Olahraga
Olahraga
01 Sep 2019 / dibaca 315 kali
MANADO (BK): Tim Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa menjuarai pertandingan tenis lapangan yang diselenggarakan Kodam XIII Merdeka dalam...
Olahraga
19 Aug 2019 / dibaca 356 kali
MANADO (BK) : HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke 74, pada tanggal 17 Agustus 2019, turut diperingati oleh Masjid Baitul Ilmi Desa Sea,...
Olahraga
19 Aug 2019 / dibaca 1924 kali
MANADO (BK) : 2 atlet binaragawan Sulawesi Utara (Sulut), Danias Manangkalangi dan Benny Kaunang, berhasil lolos ke Pekan Olahraga Nasional...
Olahraga
09 Aug 2019 / dibaca 555 kali
MANADO (BK): SMA Negeri 7 yang berada di bilangan Teling Manado selama ini dikenal sebagai lumbung atlet-atlet berpretasi dengan reputasi...
Olahraga
02 Aug 2019 / dibaca 295 kali
MANADO (BK) : Sebanyak 25 orang yang tergabung dalam Karate-Do Gojukai Sulawesi Utara (Sulut) mengikuti Kejuaraan Nasional (Kejurnas)...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2020 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.