Olahraga

Sulut Terancam Tak Bisa Ikut Peparnas Papua 2020

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Sunday, 10 November 2019 17:23   317 kali

MANADO (BK): Atlet-atlet penyandang disabilitas asal Sulawesi Utara di Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) ke XVI di Papua, 2020 mendatang, terancam tak bisa disaksikan. Hal ini setelah muncul dugaan jika anggaran untuk kontingen dicoret oleh Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sulawesi Utara, dan digeser ke dana Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada).

 

Informasi diperoleh bahwa pencoretan tersebut dilakukan oleh Dispora sesaat sebelum Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) Sulawesi Utara tahun anggaran 2020 dimasukan ke DPRD untuk dibahas bersama.

 

"Memang informasinya seperti itu, dimana yang dikorbankan adalah dana untuk persiapan dan keberangkatan kontingen atlet Peparnas," ujar sejumlah pengurus National Paralympic Commite (NPC) Sulawesi Utara, yang meminta namanya tak dipublish.

 

Wakil Ketua Umum NPC Sulawesi Utara, Patria Pombengi mengakui hal tersebut. Dikatakan Pombengi, beberapa pengurus NPC sudah memastikan jika anggaran yang sebelumnya telah ditata, tiba-tiba hilang dari draft yang diajukan ke DPRD Provinsi Sulawesi Utara.

 

Menurut Patria, Dispora seperti menganak tirikan persiapan para atlet disabilitas yang justru memiliki sejumlah atlet berprestasi tak hanya tingkat nasional tapi internasional.

 

"Jika benar anggaran itu raib, maka ini adalah kemunduran. Saya dengar, Dispora hanya akan memasukan anggaran untuk Peparnas pada APBD Perubahan, artinya persiapan untuk para atlet akan diabaikan dimana tidak akan ada pencarian bibit atlet baru sama pelatihan. Ini sangat memiriskan," kata Patria.

 

Sementara, Kepala Dispora Provinsi Sulawesi Utara, Marsyl Sendoh saat dikonfirmasi hanya menyebutkan jika tidak benar anggaran untuk atlet disabilitas telah dikebiri. Menurutnya, anggarannya tetap ada seperti anggaran untuk atlet Pekan Olahraga Nasional (PON).

 

"Ada di induk (APBD) dan kalau kurang ditambah di perubahan. Tapi rincian anggaran saya tidak hafal," kata Sendoh, Minggu (10/11) pagi ini.

 

Menurut Sendoh, tidak ada pencoretan anggaran untuk Peparnas, karena kegiatan tersebut ada pada kegiatan yang sama dengan PON. "Peparnas ada dianggarkan karena kegiatannya sama dengan PON," tutur Sendoh.

 

(kump/bk-1)

 

 

Komentar ()
Berita Olahraga
Olahraga
19 Aug 2019 / dibaca 1785 kali
MANADO (BK) : 2 atlet binaragawan Sulawesi Utara (Sulut), Danias Manangkalangi dan Benny Kaunang, berhasil lolos ke Pekan Olahraga Nasional...
Olahraga
09 Aug 2019 / dibaca 421 kali
MANADO (BK): SMA Negeri 7 yang berada di bilangan Teling Manado selama ini dikenal sebagai lumbung atlet-atlet berpretasi dengan reputasi...
Olahraga
02 Aug 2019 / dibaca 229 kali
MANADO (BK) : Sebanyak 25 orang yang tergabung dalam Karate-Do Gojukai Sulawesi Utara (Sulut) mengikuti Kejuaraan Nasional (Kejurnas)...
Olahraga
30 May 2019 / dibaca 529 kali
JAKARTA (BK) : Posisi Ketua Umum (Ketum) PSSI yang kosong, banyak menuai pro dan kontra. Iwan Budianto yang mengisi kekosongan sebagai...
Olahraga
08 Apr 2019 / dibaca 599 kali
TOMOHON (BK) : Kejuaraan Karate Open Tournament Kajati Sulut Cup 2019, resmi ditutup. Indonesia Karate-Do Minahasa Utara (Inkado Minut) A,...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2019 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.