Pemerintahan

Duh! Ponakan Kakanwil Kemenag Sulut Lulus PPNPN Tanpa Tes

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Thursday, 13 January 2022 08:07   1884 kali
MANADO (BK) : Aroma nepotisme tercium pada tes masuk Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri (PPNPN) di Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut). Seorang calon PPNPN lulus tanpa mengikuti tes atau ujian.
 
Ironisnya, calon berinisial RF alias Rizal tersebut belakangan diketahui masih mempunyai hubungan kekeluargaan dengan Kakanwil Kemenag Sulut, Hi Anwar Abubakar S.Ag, M.PD.
 
“Ponakannya kakanwil,” ujar Ika, salah seorang peserta yang tidak lulus
Pada tes PPNPN tersebut kepada media ini di Manado, Senin (17/1/2022).
 
Kasus ini kemudian diadukan dia bersama lima rekan lainnya yang juga tidak lulus ke Polresta Manado dengan alasan untuk mencari keadilan. Mereka menganggap banyak kejanggalan dalam tes masuk PPNPN itu.
 
Menurut Ika, bukan hanya keponakan kakanwil saja yang diluluskan pada tes yang berlangsung 7 Januari 2022 itu. Sopir kakanwil berinisial BK alias Bambang yang datang terlambat pun ikut diluluskan.
 
“Padahal Ketua Panitia tes PPNPN 2022 sebelum pelaksanaan tes telah mengumumkan terlambat 10 menit saja akan langsung didiskualifikasi. Nyatanya saat dipampang di papan, nama BK lulus,” tukas Ika.
 
Selain itu, Ika mengungkap kejanggalan lainnya dalam tes tersebut. Ia mencontohkan batas kualifikasi pendidikan calon PPNPN disebutkan untuk SMA/SMK sederajat.
 
“Nyatanya, ada lulusan SMP bisa lulus. Ini yang patut dipertanyakan?” tandasnya lagi.
 
Lapor Ombudsman
 
Kejanggalan-kejanggalan dalam tes PPNPN di Kanwil Kemenag Sulut ini juga dilaporkan ke Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Sulawesi Utara. Tiga dari enam calon yang tidak lulus tersebut mendatangi kantor lembaga yang penerima keluhan masyarakat yang beralamatkan di Jalan Sam Ratulangi No.21, Ranotana, Kecamatan Wanea, Kota Manado, Rabu (19/1/2022).
 
Keasistenan Penerimaan dan Verifikasi Laporan Ombudsman Perwakilan Sulut, Raldy Rengkuan membenarkan adanya laporan pengaduan masyarakat terkait PPNPN di Kanwil Kemenag Sulut. Tapi laporan tersebut, katanya, harus diverifikasi dulu sebelum dilanjutkan ke tahapan pemeriksaan.
 
“Jadi ada verifikasi formil dan materiil,” katanya.
 
Lanjutnya, mereka punya waktu 14 hari untuk menentukan laporan tersebut akan masuk ke dalam tahapan pemeriksaan. Jika nantinya ada informasi tambahan dari pihaknya, akan menghubungi pelapor kembali untuk menentukan langkah selanjutnya.
 
Peliput/Editor: Asrar Yusuf
Komentar ()
Berita Pemerintahan
Pemerintahan
25 Aug 2021 / dibaca 1016 kali
MANADO (BK) : Penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), dinilai pilih...
Pemerintahan
21 Aug 2021 / dibaca 681 kali
MINUT (BK) : Pimpinan beserta anggota Komisi 1 Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Provinsi Sulawesi Utara Melaksanakan Kunjungan kerja (KunKer) di...
Pemerintahan
19 Aug 2021 / dibaca 744 kali
MANADO (BK)  :  Gubernur Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey meletakan Batu Pertama Pembangunan Gedung Fakultas Seni...
Pemerintahan
18 Aug 2021 / dibaca 500 kali
MANADO (BK)  :   Memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-76 tahun dengan mengusung tema Indonesia tangguh dan...
Pemerintahan
17 Aug 2021 / dibaca 797 kali
MANADO (BK)  :  Gubernur Olly Dondokambey menjadi Inspektur Upacara Kenaikan Bendera dalam rangka Memperingati HUT ke-76 Kemerdekaan...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2022 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.