Pendidikan

Ini Penjelasan Dinas Dikda Sulut Terkait Keterlambatan Dana Sertifikasi Guru

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Friday, 08 June 2018 13:48   523 kali
Kadis Dikda Sulut, Grace Punuh. (foto : ist)

MANADO (BK): Kepala Dinas Pendidikan Daerah (Dikda) Sulut, Grace Punuh, menampik dana Tunjangan Sertifikasi Guru (TSG) Triwulan I tahun 2018, terindikasi telah dideposito di bank.

 

Sekitar 3.905 guru SMA-SMK berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS) di 15 Kabupaten dan Kota, belum menerima dana tunjangan profesi itu.

 

Dikatakannya, dana sertifikasi adalah dana yang memang bersumber dari transfer dana pemerintah pusat. Tapi ada mekanisme yang telah diatur, dimulai dengan penetapan SK dari Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan Kemdikbud RI.

 

"Biasanya diterbitkan per semester atau 2 kali setahun," tandas Grace.

 

Pada tahun-tahun sebelumnya katanya, penerbitan SK langsung disertai dengan transfer dana dari pusat. Tapi pada tahun ini berbeda. "Untuk SK Semester 1 baru terbit bulan April 2018. Tahun ini transfer dana dari pusat ke kas daerah baru diterima tanggal 6 Juni 2018," terangnya.

 

"Jumlahnya Rp 44.196.222.960,-. Dananya sudah di bank dan saat ini dalam proses pemindah-bukuan oleh pihak bank hari ini," tambah Grace.

 

Dia meyakinkan kalau keterlambatan dana sertifikasi ini sama sekali tidak ada kaitan dengan Dinas Dikda, Badan Keuangan atau Pemerintah Provinsi Sulut. Tapi karena memang benar-benar keterlambatan transfer dana dari pusat.

 

Begitu juga dengan proses seleksi calon penerima tunjangan profesi dan penerbitan SK pun bukan melalui usulan Dinas Dikda, tapi langsung oleh Ditjen GTK Kemdikbud melalui Data SIM tunjangan profesi yang diinput langsung oleh operator sekolah masing masing.

 

"Permasalahan keterlambatan tunjangan profesi untuk guru SMA/SMK dan SLB bukan cuma terjadi di Sulut saja, tapi di seluruh Indonesia," tukas Grace.

 

(acha/bk-8)

Komentar ()
Berita Pendidikan
Pendidikan
04 Sep 2018 / dibaca 209 kali
MANADO (BK): Fakultas MIPA Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) kembali menggelar Program Kemitraan Masyarakat (PKM). Kali ini yang disasar...
Pendidikan
04 Sep 2018 / dibaca 270 kali
LIKUPANG : Indonesia merupakan negara yang menganut trias politika yaitu kelembagaan eksekutif yudikatif dan legislatif legislatif identik...
Pendidikan
28 Aug 2018 / dibaca 176 kali
MANADO (BK) : Lemahnya kurikulum menjadi salah satu penyebab tumbuh suburnya paham radikalisme di kampus. Hal ini disikapi Unsrat Manado...
Pendidikan
27 Aug 2018 / dibaca 182 kali
MANADO (BK) : Fakultas Hukum (FH) Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado terus menghadirkan pejabat negara dalam rangkaian kegiatan Dies...
Pendidikan
25 Aug 2018 / dibaca 342 kali
MANADO (BK): Fakultas Ekonomi Unima menyelenggarakan Seminar Nasional dengan tema: Prospek Perekonomian Indonesia dan Ekonomi Digital dalam Era...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2018 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.