Politik

Diduga Kongkalikong, KPU RI Segera Periksa Timsel KPU Sulut

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Monday, 09 April 2018 18:57   764 kali
Kuasa Hukum Juman Budiman membawa laporan ke KPU RI Jakarta.

MANADO (BK): Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia akan memanggil sekaligus memeriksa tim seleksi (timsel) anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Utara (Sulut).

 

Mereka yang bakal menjadi terperiksa yaitu, Ketua Timsel Prof Dr Donald Rumokoy SH MH, dan anggotanya, Dr dr Taufiq Pasiak MPdI MKes, Dr Dra Joice Rares MSi, Delmus Puneri Salim MA MRes PhD dan Markus Wantania SH.

 

Timsel tersebut diadukan ke KPU RI oleh peserta seleksi KPU Sulut yakni, Andre Mongdong, Mariska Polii dan Melinda Tungka didampingi kuasa hukum, Juman Budiman, SH.

 

Laporan tersebut diantar Budiman SH diterima Ketua KPU Arif Budiman dan Komisioner (Kordinator Wilayah Sulawesi), Viryan serta Biro Sumber Daya Manusia (SDM), di KPU RI, beberapa waktu lalu.

 

Menurut pengacara kondang itu, hasil pengumunan tes psikologi harus berdasarkan ranking dan menggunakan sistem gugur sesuai PKPU Nomor 36. “Intinya dari pertemuan dengan Biro KPU RI, akan panggil tim seleksi untuk bertanggungjawab atas tindakan yang telah dilakukan,” jelas Budiman.

 

Budiman dengan terbuka membeberkan  berdasarkan hasil tes psikologi yang dilakukan tim psikologi Polda Sulut, hasil tes Andre Mongdong, Mariska Polii dan Melinda Tungka masuk 20 besar. “Datanya ada sama kami,” ujarnya.

 

Herannya, kata dia,Timsel KPU Sulut tidak meloloskan. “Kami sudah punya bukti dari tim psikologi Polda Sulut. Disinyalir ada permainan yang tidak beres dalam seleksi tersebut. Ada kejanggalan. Pokoknya kami akan tegakkan kebenaran,” tukasnya.

 

Ia menerangkan, ada lima peserta nilai tes psikologi berada di bawah ambang batas ranking 20 besar ditetapkan sebelumnya dan seharusnya dinyatakan gugur. Timsel ditengarai paksakan lulus.

 

(bk-1)

 

Komentar ()
Berita Politik
Politik
05 Jul 2018 / dibaca 384 kali
MANADO (BK) : Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) Sulawesi Utara (Sulut) menargetkan fraksi pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019. Selain...
Politik
04 Jul 2018 / dibaca 236 kali
MANADO (BK) : Meski dilarang dalam Undang-undang Pemilu, Politik SARA, uang dan isu Hoaks masih menjadi persoalan yang kemungkinan akan...
Politik
04 Jul 2018 / dibaca 278 kali
MANADO (BK) : Partisipasi pemilih pada Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 di Sulawesi Utara (Sulut),...
Politik
29 Jun 2018 / dibaca 470 kali
MENJELANG pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) pada beberapa daerah di Provinsi Sulawesi Utara, volume kerja dari Ketua Badan...
Politik
25 Jun 2018 / dibaca 222 kali
MANADO (BK) : Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI menggelar Rapat Kerja (Raker) terkait persiapan Pilkada Serentak Tahun 2018 di Sulawesi Utara,...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2018 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.