Politik

Herwyn Teratas, Kenly dan Mustarin Jadi Komisioner Bawaslu Sulut

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Sunday, 17 September 2017 10:44   976 kali
MANADO (BK): Setelah melewati rangkaian fit and proper test, akhirnya 3 personil Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sulawesi Utara terpilih dari 6 orang yang diuji oleh Bawaslu RI. 
 
Dalam pengumuman yang dikeluarkan Bawaslu RI Nomor: 0486/BAWASLU/SJ/HK.01.00/IX/2017, tiga nama yang dinyatakan sebagai komisioner masa jabatan 2017 hingga 2022 adalah Herwyn Malonda, Kenly Poluan dan Mustarin Humagi.
 
Ketiganya sendiri berhasil unggul dari 3 komisioner lainnya masing-masing Jurike Kaeng, Zulkifly Densi dan Jamaluddin Lamato.
 
Lalu siapa ketiga komisioner Bawaslu terpilih yang rencananya akan segera dilantik pada bulan September 2017 ini.
 
Nama pertama adalah Herwyn Malonda. Dirinya memang sudah dikenal sebagai 'petarung' dalam pemilihan perangkat pemilu. Memulai di Kabupaten Minahasa, Herwyn telah merasakan menjadi komisioner KPU hingga Panwas Kabupaten Minahasa. Pada tahun 2012, dirinya pun akhirnya terpilih menjadi Komisioner Bawaslu Sulut dan berhasil menjadi Ketua selama 5 tahun.
 
Nama kedua adalah Kenly Poluan. Memang di Kota Manado nama ini tak begitu populer karena dirinya lebih banyak berkecimpung di tingkat nasional.
 
Mantan Ketua DPP Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) ini memiliki jaringan yang luas di tingkat nasional. Bahkan, sebagai Direktur Eksekutif for Indonesian Local Policy Studies (ILPOS), Kenly memiliki kemampuan mumpuni terkait dengan dunia perpolitikan dan pemerintahan.
 
Sementara, Mustarin Humagi merupakan seorang aktivis asal Bolaang Mongondow Utara. Kader Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) ini memiliki pengalaman sebagai mantan Ketua Panwaslu Kabupaten Bolmut pada pemilihan legislatif dan presiden 2014 lalu.
 
Ketiga komisioner terpilih ini sendiri dinilai memiliki paduan hebat untuk mengawal proses pemilihan di Sulawesi Utara. Bahkan, sejak jauh hari, memang ketiganya sudah diprediksi bakal terpilih pada seleksi fit and proper test yang dilaksanakan Bawaslu RI.
 
(jusuf kalalo)
Komentar ()
Berita Politik
Politik
04 Jul 2018 / dibaca 234 kali
MANADO (BK) : Meski dilarang dalam Undang-undang Pemilu, Politik SARA, uang dan isu Hoaks masih menjadi persoalan yang kemungkinan akan...
Politik
04 Jul 2018 / dibaca 277 kali
MANADO (BK) : Partisipasi pemilih pada Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 di Sulawesi Utara (Sulut),...
Politik
29 Jun 2018 / dibaca 467 kali
MENJELANG pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) pada beberapa daerah di Provinsi Sulawesi Utara, volume kerja dari Ketua Badan...
Politik
25 Jun 2018 / dibaca 221 kali
MANADO (BK) : Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI menggelar Rapat Kerja (Raker) terkait persiapan Pilkada Serentak Tahun 2018 di Sulawesi Utara,...
Politik
22 May 2018 / dibaca 294 kali
MANADO (BK): Baik anggota DPR/MPR RI, Akbar Faisal maupun mantan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Abraham Samad memuji kehebatan...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2018 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.