Politik

Pakai C6, Puluhan Warga Singkil Ditolak Nyoblos

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Wednesday, 17 April 2019 18:28   198 kali
TPS 002 Kelurahan Singkil Satu Kecamatan Singkil. (foto : ist)

MANADO (BK): Puluhan warga Kelurahan Singkil Satu Kecamatan Singkil Kota Manado, terpaksa mengurungkan niatnya untuk menyalurkan hak pilihnya di Pemilu 17 April 2019. Penyebabnya, mereka ditolak petugas KPPS untuk mencoblos karena tidak membawa KTP.

 

"Padahal kami memiliki surat panggilan untuk memilih (C6)," keluh warga, Rabu (17/4/2019).

 

Tercatat sekitar 20 warga terpaksa mengurungkan niatnya untuk mencoblos. Padahal, nama mereka tercatat sebagai pemilih di TPS 2 Kelurahan Singkil Satu Kecamatan Singkil.

 

Petugas KPPS di TPS 2, Juang Sihombing saat dikonfirmasi wartawan membantah menolak pemilih untuk mencoblos.

 

“Iya karena mereka tidak memiliki KTP. Oke mereka punya C6 tapi aturan menyebutkan harus membawa kartu identitas diri,” tepis Sihombing.

 

Tak pelak, aksi itu sempat ditentang Panwas yang mengawasi TPS. Panwas meminta KPPS agar memberikan kesempatan kepada 20-an warga untuk menggunakan hak suara mereka.

 

"Kan tujuan kita agar partisipasi pemilih bagus pada Pemilu 2019. Ini kok aneh, warga yang ingin menyalurkan hak suara malah ditolak,” ujar Eunike Lombo, Panwas TPS dengan nada kesal.

 

Komisioner Bawaslu Sulut, Erwin Umbola, kaget dengar informasi itu. Menurutnya, KPPS harusnya membaca surat edaran yang diputuskan KPU dan Bawaslu.

 

"Pemilih yang masuk DPT jika tidak bisa menunjukan KTP diperbolehkan menggunakan hak pilihnya dengan ketentuan petugas KPPS memastikan bahwa formulir model C6-KPU dibawa sesuai dengan pemilih yang bersangkutan,” tandas Umbola.

 

(acha/bk-8)

Komentar ()
Berita Politik
Politik
27 Nov 2019 / dibaca 438 kali
Salah satu proyek pembangunan drainase di Kelurahan Lawangirung yang ditinjau Komisi III DPRD Manado. (foto: acha)    ...
Politik
25 Nov 2019 / dibaca 339 kali
MANADO (BK) : Rapat Paripurna DPRD Kota Manado dalam rangka pembicaraan tingkat II atas Ranperda tentang APBD Kota Manado tahun anggaran...
Politik
19 Nov 2019 / dibaca 214 kali
MANADO (BK) : Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Utara melaksanakan Sosialisasi Hasil Rapat Koordinasi Sumber Daya Manusia dan...
Politik
18 Nov 2019 / dibaca 93 kali
MANADO (BK) : DPRD Kota Manado menerima penyampaian nota pengantar Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) tahun 2020 dari...
Politik
14 Nov 2019 / dibaca 339 kali
Marthin Daniel Tumbelaka (MDT) tiba di kantor Dewan Pimpinan Daerah Partai Golkar Manado. (foto: acha)      ...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2020 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.