Politik

Panwaslu Manado Gandeng Wartawan Awasi Pemilu

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Saturday, 25 November 2017 11:14   309 kali

MANADO (BK): Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Manado menggandeng wartawan dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) untuk mengawasi pelaksanaan pemilihan legislative, dan pemilihan presiden tahun 2019 mendatang.

 

Hal tersebut dikatakan Ketua Panwaslu Kota Manado, Marwan Martino Kwinda didampingi dua anggota masing-masing Supriyadi Pangelu serta Ramly Pateda saat forum grup discussion (FGD) pada salah satu rumah kopi di Manado, Jumat (24/11/2017).

 

Ia menyatakan, pers sebagai lembaga independen dan pengontrol diharap dapat membantu tugas Panwaslu dalam mengawasi setiap gerakan yang mengarah pada kecurangan dan pelanggaran pemilu.

 

“Makanya, kami telah bentuk grup wa dengan wartawan agar bisa informasi setiap pelanggaran yang ditemukan di lapangan. Kami akan rahasiakan setiap informan,” ujar Kwinda.

 

Sementara itu, sambung Pangelu, Badan Pengawas Pemilihan Umum ( Bawaslu) RI telah meluncurkan slogan (tagline) baru yaitu 'Bersama Rakyat Awasi Pemilu, Bersama Bawaslu Tegakkan Keadilan Pemilu'.

 

Diungkapkan dia, slogan baru itu mengandung filosofi bahwa pemilu adalah milik seluruh rakyat Indonesia.

 

“Partisipasi rakyat jadi bagian penting bagi terciptanya pemilu yang demokratis dan berkualitas. Kami ajak rakyat terlibat awasi Pemilu," papar Pangelu yang sudah beberapa kali dipercayakan Bawaslu sebagai Panwaslu.

 

Ditegaskannya, keadilan pemilu dapat diwujudkan dengan sistem pengawasan yang optimal dan penegakan hukum tanpa pandang bulu.

 

Ia menambahkan, kedekatan antara Panwaslu dengan banyak pihak dari berbagai latar belakang menjadi modal untuk membuat kerja-kerja pengawasan menjadi lebih menyenangkan.

 

(patria)

 

Komentar ()
Berita Politik
Politik
23 Oct 2017 / dibaca 438 kali
MANADO (BK): Musyawarah Daerah Luar Biasa (Musdalub) Partai Golkar Sulawesi Utara yang dilaksanakan di kantor DPP Golkar, Jakarta, Senin 23...
Politik
17 Oct 2017 / dibaca 356 kali
AMURANG (BK) : Sedikitnya, 13 Ormas dan LSM di Sulawesi Utara meyakini Bupati Minahasa Selatan, Christiany Eugenia Paruntu (CEP), bakal...
Politik
17 Oct 2017 / dibaca 305 kali
MANADO (BK): Ketua Panwaslu Kota Manado Marwan Kawinda menyebutkan jika selama proses pendaftaran Partai Politik di KPUD Kota Manado, tidak...
Politik
29 Sep 2017 / dibaca 431 kali
MANADO (BK): Sekretaris DPD I Partai Demokrat Sulawesi Utara Marthen Manoppo mengaku belum mengetahui secara jelas terkait penangkapan EYL...
Politik
29 Sep 2017 / dibaca 750 kali
MANADO (BK): Drama Pelaksana Tugas (PLT) 4 Ketua DPD II Partai Golkar Kabupaten dan Kota akhirnya berakhir manis untuk pihak yang di PLT...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2018 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.