Profil

Ini Aspirasi Petani Cengkih Yang Disampaikan Ke Keintjem Saat Kunjungan Diluar Reses

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Monday, 03 October 2016 21:32   645 kali
MANADO (BK) : Anggota DPR RI utusan Sulawesi Utara dari PDI Perjuangan Djenri Keintjem, terus melakukan blusukan ke konstituen. 
 
Seperti hari ini sabtu (1/10/2016) Keintjem dan tim ahli dan tenaga ahli DPR-RI melakukan kegiatan di Manado.
 
Pertemuan kali ini bersama Asosiasi Petani Cengkih Sulut (APCI) dan Himpunan Petani Cengkih (HPC) Sulut siang tadi, Sabtu (01/10) di Raja Oci Resto Jln. Toar Manado.
 
Pertemuan dihadiri Ketua APCI Sulut Tony Mukuan, para Wakil Ketua, Setly Kohdong SH, Jemmy Saroinsong S.Sos, Drs. Paulus Adrian Sembel MS, Sek APCI Sulut DR. Sefanya Oratmangun SE. MM, Ketua HPC Sulut Boy Tangkau, Sek. HPC Max Karaseran, APCI Minahasa Tito Manopo, para Tenaga Ahli D'Jek di DPR RI masing-masing: Novita Umbo SH.MH, Margo Tawas S.Sos. MSi, Jeffry Polii SE, Romeo Tumbel SH, Akeman Assa dan tim lainnya.
 
Seperti di ketahui kerja para DPR dalam menyerap aspirasi dilakukan dalam 2 bagian saat reses maupun diluar masa reses. 
 
Kunjugan Keintjem kali ini adalah memanfaatkan agenda diluar masa reses, dimana, kunjungan kerja yang memang terjadwalkan dilakukan pada hari "weekend" jumat, sabtu & minggu adalah wujud kinerja parlemen yang tetap harus bekerja turun menyerap aspirasi masyarakat.
 
Djek yang didampingi Novita Umboh, SH.MH selaku tenaga ahli di DPR RI mengungkapkan 
bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari menyerap aspirasi masyarakat agar dapat disampaikan dan diperjuangan bagi program dan kebijakan nantinya di DPR RI. 
 
Adapun aspirasi petani cengkih yaitu
ASPIRASI DAN TUNTUTAN DPD ASOSIASI PETANI CENGKIH INDONESIA (APCI) SULUT.
 
1. Mencabut kebijakan Kemenperindag tentang Impor Cengkih.
2. Harus ada regulasi tentang Cengki bukan seperti selama ini hanya untuk tembakau.
3. Jadikan Cengkih sebagai komoditas strategis agar bisa diproteksi oleh Pemerintah, sebab telah berproduksi di 14 Provinsi san cengkih yang ada pada rokok kretek telah memberikan kontribusi besar kepada negara lewat cukai ratusan triliun/tahun serta kepada usaha pabrikan rokok kretek di Indonesia.
4. Harusnya ada Patokan Harga Dasar (PHD) secara naaional per tahun dan tahun 2017 sebesar Rp. 110.000/kg kering. (proteksi harga).
5. Ada regulasi mengatur keterlibatan Perbankan untuk bisa memfasilitasi dana pra panen lewat Kredi lunak seperti KUR.
6. Untuk provinsi/daerah sentra cengkih agar bisa diterapkan konsep 'resi gudang'.
7. Pemerintah harus campur tangan ketika saat panen raya untuk menekan empat perusahaan rokok kretek besar, seperti; Djarum, Bentoel, Gudang Garam dan Sampoerna membuka pembelian langsung kepada petani.
8. Adanya kebijakan pemerintah dalam hal Dana Bagi Hasil (DBH) cukai rokok ke provinsi. Ini supaya ada transparansi pemanfaatannya dan sebaiknya bisa dimanfaatkan untuk kepentingan petani misalnya untuk; pembibitan, peremajaan, pemupukan dll.
9. Adanya sharing dana hibah ke APBN/APBD ke APCI dan lembaga perjuangan petani Cengkih untuk kepentingan manajemen dan pelaksanaan program organisasi serta kegiatan lainnya dilapangan.
 
"Kalo bisa menyurat ke DPR RI agar kami bisa memanggil hearing dengar pendapat masalah ini dan mengundang kehadiran perwakilan petani dalam hearing tersebut," usul Djek politisi PDI Perjuangan ini.
 
(mfw/bk-11)
Komentar ()
Berita Profil
Profil
02 Sep 2016 / dibaca 742 kali
BITUNG (BK) : Bangsa Indonesia semakin hari semakin jauh dari jati dirinya. Sebelumnya, bangsa Indonesia dikenal sebagai Bangsa yang penuh...
Profil
26 Aug 2016 / dibaca 673 kali
MANADO (BK) : Menyampaikan aspirasi adalah tugas anggota DPR. Ini juga dilakukan oleh Anggota DPR RI utusan Sulawesi Utara dari PDI Perjuangan...
Profil
13 Aug 2016 / dibaca 793 kali
MANADO (BK) : Anggota DPR RI utusan Sulawesi Utara dari PDI Perjuangan Djenri Keintjem, beberapa waktu yang lalu tepatnya Rabu (10/8/2016)...
Profil
31 Jul 2016 / dibaca 851 kali
JAKARTA (BK): Michael Prabawa Mohede atau yang akrab dikenal sebagai Mike Mohede, meninggal dunia, Minggu (31/7). Mike dikabarkan meninggal...
Profil
31 Jul 2016 / dibaca 888 kali
MICHAEL Prabawa Mohede atau Mike Mohede (lahir 7 November 1983 ; umur 32 tahun) adalah pemenang Indonesian Idol 2 . Mike mengikuti audisi...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2017 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.