Profil

Wartawan Senior Ini Koleksi Puluhan Masker Agar Terhindar Corona

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Wednesday, 16 December 2020 13:37   552 kali

Wartawan senior di Sulawesi Utara, Firdaus Syam. (foto: acha)

 

 

 

NAMANYA Firdaus Syam. Tapi orang-orang lebih mengenalnya dengan sebutan Opa Daus. Nama stringer salah satu media televisi ini memang tidak asing bagi kalangan jurnalis di Kota Manado, bahkan di Sulawesi Utara (Sulut).

 

Nyaris semua wartawan mengenal sosok pria berusia 58 tahun ini. Selain itu, pria berkumis ini juga tenar di kalangan anggota polisi, mulai dari polisi berpangkat Brigadir Dua (Bripda) hingga Perwira Tinggi (Pati).

 

Meski sudah memasuki usia senja, anggota Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Sulut ini tetap terlihat enerjik. Bahkan ketika pandemi Covid-19 telah masuk ke daerah Nyiur Melambai ini, mantan wartawan SCTV ini tetap eksis meliput.

 

Walaupun pemerintah menerapkan syarat dan kebijakan bagi warga untuk bisa beraktivitas di luar rumah. Salah satu syarat tersebut adalah larangan bagi anak-anak dan orang tua berusia 45 tahun keatas. Tapi, jiwa kewartawanannya tidak luntur.

 

“Intinya bagaimana kita menerapkan protokol kesehatan secara disiplin ketika beraktivitas di luar rumah. Seperti masker, itu wajib dipakai terus,” ujar Opa Daus.

 

Untuk menerapkan protokol kesehatan, puluhan masker dimilikinya seperti masker medis biasa hingga KN95, serta masker scuba. Masker-masker itu digunakan secara bergantian.

 

Untuk itu, tidak heran jika melihat bagasi motornya akan telihat banyaknya masker. Begitu juga dengan hand sanitizer yang telah menjadi penghuni tetap di dalam tas yang dibawanya.

 

Karena mempunyai banyak masker, terkadang dibagikannya kepada rekan jurnalis atau kenalannya. “Sebagian yang masih baru saya simpan di bagasi motor, siapa tau ada teman yang lupa membawa masker, ya saya berikan,” tuturnya.

 

Untuk masker medis, ia mendapatkannya dengan memesan secara online. Sedangkan masker lainnya diperoleh dengan membeli dari penjual di pinggir jalan karena suka dengan logo atau tulisan di masker.

 

Tapi terkadang, ia membuat logo masker sendiri seperti logo Hunter News Crime (HNC), komunitas wartawan peliput di Polresta Manado.

 

“Jadi yang masuk dalam komunitas wartawan pos liputan Polresta Manado saya berikan,” ujarnya.

 

Ia tidak lagi pulang larut malam seperti lazimnya kebanyakan wartawan liputan hukum dan kriminal (hukrim). Jika wartawan pos hukrim selalu bangun kesiangan, Opa Daus tidak lagi seperti itu.

 

“Kami bahkan selalu ketinggalan liputan di waktu pagi hari darinya,” kata Marwan, kontributor TV One.

 

Tak jarang karena menjadi wartawan pos liputan hukrim ia harus turun lapangan dan berdesak-desakan dengan orang-orang, hanya karena ingin mendapatkan gambar atau video untuk dijadikan berita. Tapi ia kemudian membatasinya untuk tidak lagi berdesak-desakan.

 

“Terkadang kita lupa karena ingin dapat gambar yang bagus tapi lupa kalau sudah saling berdesakan, harusnya kita tetap menjaga jarak agar tetap aman dari corona,” ujar Opa Daus.

 

Pola hidup sehat juga dijalankannya selama pandemi Covid-19. Meski jarang berolahraga, tapi mengkonsumsi makanan sehat dan vitamin serta banyak minum air putih.

 

(acha/bk-8)

 

Komentar ()
Berita Profil
Profil
21 Mar 2019 / dibaca 1365 kali
MANADO (BK): Nama Arhur Kotambunan ternyata melekat dengan baik di benak puluhan ribu masyarakat Manado. Ini terlihat dari munculnya aspirasi di...
Profil
04 Mar 2019 / dibaca 934 kali
MANADO (BK): Djenri Keintjem, SH.MH selaku Anggota DPR RI dapil Sulawesi Utara dari Partai PDI Perjuangan melakukan sosialisasi 4 pilar di...
Profil
28 Feb 2019 / dibaca 1113 kali
MINUT (BK) : Srikandi PDIP Novita Umboh, SH.MH yang aktif dalam berbagai kegiatan termasuk salah satunya menjadi motor terselengaranya Parlemen...
Profil
22 Feb 2019 / dibaca 1691 kali
TOMOHON (BK): Kendati berstatus Pejabat Negara sebagai Anggota DPD RI/MPR RI, namun kefiguran Pnt Ir Stefanus BAN Liow terus membuktikan...
Profil
11 Feb 2019 / dibaca 1927 kali
TONDANO (BK) : Universitas negeri manado secara serentak mulai dari tingkat Program studi dan jurusan, Fakultas hingga universitas...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2021 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.