Religi

Begini Cara KMPA Tansa Sulut Memaknai Ramadan

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Thursday, 16 May 2019 22:30   260 kali
MANADO (BK) : Komunitas pencinta alam identik dengan gunung, laut dan tempat-tempat eksotis lainnya. Gaya yang slengean, celana robek dengan menggunakan ikat kepala ‘slayer’.
 
 
Komunitas pencinta alam juga punya cara tersendiri untuk mengapresiasi alam. Momentum seperti bersih-bersih gunung dan laut, penanaman mangrove sebagai garda terdepan dalam menjaga kelestarian alam.
 
 
Meski berorientasi ke alam, banyak komunitas pencinta alam juga tak melupakan momentum keagamaan seperti bulan Ramadan. Tak terkecuali Kelompok Muda Pencinta Alam (KMPA) Tansa Sulawesi Utara (Sulut).
 
 
Memaknai bulan suci Ramadan tahun ini (1440 Hijriah), KMPA Tansa Sulut punya cara sendiri, yaitu membagikan takjil atau penganan buka puasa. Kegiatan itu dilaksanakan di depan Kampus Politeknik Negeri Manado (Polimdo), Kamis (16/5/2019) sore.
 
 
“Bagi-bagi takjil ini adalah bentuk rasa saling menghormati terhadap rekan-rekan mahasiswa serta masyarakat sekitar kampus yang sedang melaksanakan ibadah puasa,” ujar Reinaldo Suwu, Ketua Umum KMPA Tansa Sulut.
 
 
Uniknya, pada pembagian takjil berupa kue dan buah ini terselip pesan untuk mengurangi penggunaan sampah plastik untuk menyelamatkan bumi.
 
 
 
 
Contohnya, wadah kue yang dibagikan menggunakan pembungkus dari daun pisang. Sedangkan untuk buah, masyarakat dan mahasiswa diminta membawa mangkok atau wadah yang bukan berbahan plastik.
 
 
“Kami juga menitipkan pesan-pesan untuk mengurangi penggunaan plastik demi bumi kita,” ungkap Reinaldo.
 
 
Bagi-bagi takjil yang dilaksanakan KMPA Tansa Sulut ini ternyata mendapat apresiasi positif dari warga dan mahasiswa.
 
 
“Terima kasih buat KMPA Tansa, mereka mau berbagi berkat dengan kami yang menjalankan ibadah puasa. Sekali lagi terima kasih,” ungkap Ardy Sumaila, mahasiswa Politeknik Negeri Manado.
 
 
(acha/bk-8)
Komentar ()
Berita Religi
Religi
27 Oct 2018 / dibaca 513 kali
MANADO (BK): “Saya tahu, kegiatan sekolah minggu (SM) dan katekisasi merupakan bagian dari tata gereja. Bukan sebuah lembaga pendidikan...
Religi
27 Oct 2018 / dibaca 612 kali
JAKARTA (BK): Bupati Kepulauan Sangihe Jabes Ezar Gaghana SE ME  menghadiri Rapat Kerja (Raker) Pelka Laki-Laki Sinode (PLS) Gereja...
Religi
25 Oct 2018 / dibaca 458 kali
MANADO (BK): Ketua Umum Laskar Manguni Indonesia (LMI), Pdt Hanny Pantouw meminta pemerintah untuk membakukan kegiatan-kegiatan pertemuan...
Religi
21 Oct 2018 / dibaca 378 kali
KALAWAT (BK): Jemaat GMIM Genesaret Watutumou Permai (GWP) Kalawat, Kabupaten Minahasa Utara mengadakan ibadah syukur HUT ke-10, pada Minggu...
Religi
01 Oct 2018 / dibaca 525 kali
MANADO (BK): Penatua (Pnt) Jabes Ezar Gaghana (JEG) SE ME dilantik menjadi Wakil Ketua Pengurus Forum Komunikasi (FK) Pria Kaum Bapa...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2019 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.