Bitung

Bawaslu Bitung Gandeng Wartawan Awasi Pemilu

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Wednesday, 12 December 2018 19:46   112 kali

BITUNG (BK): Pemilu 2019 prosesnya cukup panjang. Bawaslu sendiri sadar bahwa untuk melaksanakan fungsi pengawasan diperlukan peran semua pihak, tidak terkecuali media massa.

 

Hal tersebut dikatakan Ketua Bawaslu Bitung, Deiby Agustin Londok saat membuka kegiatan bertajuk Peran Media dalam Partisipatif Pemilu, di Kantor Bawaslu, Madidir, Kota Bitung, Rabu sore tadi.

 

“Bawaslu ini terbatas jangkauannya, sedangkan rekan-rekan media punya kemampuan lebih untuk menjangkau seluruh kelompok masyarakat dalam memberikan informasi," ujar Londo didampingi dua komisioner Bawaslu Bitung, Josep Sammy Rumamby, ST., MAP, Zulfikly Densi.

 

Pada kesempatan itu, wartawan senior Patria Pombengi sebagai narasumber (narsum) mengatakan, posisi media massa sangat penting dan strategis dalam menyebarluaskan semua informasi terkait dengan Pemilu kepada semua lapisan masyarakat. Sehingga, fungsi pengawasan Bawaslu Bitung akan terbantu.

 

Sementara itu, sambung komiosoner Zulfikly Densi, selama ini kalangan media sudah dilibatkan dalam pengawasan berbagai tahapan Pemilu di berbagai tingkatan dengan baik. Namun, masih diperlukan kesepahaman mengenai beberapa hal.

 

Dia menilai, pelibatan kalangan media, dalam hal ini para jurnalis dapat memaksimalkan kerja dan fungsi pencegahan serta penindakan dari Bawaslu Bitung. "Dalam metode kampanye Pemilu, ada juga kebolehan media massa untuk menerima iklan kampanye dengan batasan-batasan dan waktu tertentu, ini yang harus sama-sama dipahami agar tidak terjadi pelanggaran," kata dia.

 

Iklan Kampanye

Narsum Patria Pombengi menekankan, partai politik diberi waktu 21 hari untuk melakukan iklan kampanye di pelbagai media. Terdapat beberapa aturan terkait iklan kampanye tersebut.

 

Aturan ini tercantum dalam Peraturan KPU Nomor 23 Tahun 2018 Pasal 37 tentang kampanye. Materi iklan kampanye tersebut berisi visi, misi, dan program peserta pemilu. “Nantinya materi iklan kampanye dapat dimuat berupa tulisan, gambar, hingga suara. Selain itu, KPU membatasi banyak dan durasi iklan kampanye tersebut,” papar Pemimpin Redaksi beritakawanua.com itu.

 

Tak hanya itu, sambung dia, peserta pemilu juga dilarang memasang iklan kampanye dalam bentuk berita. Iklan kampanye ini baru dapat dilakukan pada 24 Maret 2019. "Mulai 24 Maret 2019 sampai 13 April 2019," tegas dia.


Berikut ini isi pasal yang mengatur iklan kampanye di media massa: 

Pasal 37 

(2) Materi Iklan Kampanye sebagaimana dimaksud pada ayat (1) paling sedikit memuat visi, misi, dan program Peserta Pemilu. 
(3) Materi Iklan Kampanye sebagaimana dimaksud pada ayat (2) dapat berupa: 

a. tulisan; 
b. suara; 
c. gambar; dan/atau 
d. gabungan antara tulisan, suara, dan/atau gambar, yang bersifat naratif, grafis, karakter, interaktif atau tidak interaktif, serta yang dapat diterima melalui perangkat penerima pesan.

(4) Iklan Kampanye sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dibatasi maksimum secara kumulatif sebanyak: 

a. 8 (delapan) spot berdurasi paling lama 30 (tiga puluh) detik untuk setiap stasiun televisi setiap hari 
untuk iklan di televisi; 
b. 4 (empat) spot berdurasi paling lama 60 (enam puluh) detik untuk setiap stasiun radio setiap hari untuk iklan di radio; 
c. 810 (delapan ratus sepuluh) milimeter kolom atau 1 (satu) halaman untuk setiap media cetak setiap hari untuk iklan di media cetak; 
d. 1 (satu) banner untuk setiap media dalam jaringan setiap hari untuk iklan di media dalam jaringan; dan 
e. 1 (satu) spot berdurasi paling lama 30 (tiga puluh) detik untuk setiap media sosial setiap hari untuk iklan di media sosial. 

(5) Peserta Pemilu dilarang membuat materi iklan dalam bentuk tayangan atau penulisan berbentuk berita.

 

(bk-1)

 

 

 

 

 

 

 

 

Komentar ()
Berita Bitung
Bitung
20 Jul 2015 / dibaca 5729 kali
MANADO (BK): Kondisi gesekan horizontal yang telah menjurus ke isu Suku Agama Ras Antar Golongan (SARA) yang terjadi di Kota Bitung,...
Bitung
16 Jul 2015 / dibaca 1354 kali
BITUNG  (BK): Penatua Pemuda yang juga tokoh Pemuda GMIM Kota Bitung, Alfani Rumampuk, SIP mengapresiasi figur Jerry Sambuaga karena...
Bitung
16 Jun 2015 / dibaca 1400 kali
BITUNG (BK): Seorang wanita bertato ditemukan tewas di Taman Kota samping Bank Mandiri Bitung, pada Senin (15/6/2015). Kapolres AKBP...
Bitung
02 Jun 2015 / dibaca 1879 kali
BITUNG (BK): Walikota Bitung Hanny Sondakh tidak bisa menyembunyikan perasaan sukacitanya atas masuknya investasi Lippo Group ke Kota Bitung...
Bitung
01 Jun 2015 / dibaca 1645 kali
BITUNG (BK): Lagi, Lippo Grup melakukan investasi di Kota Bitung senilai Rp800 miliar. Hal tersebut dibuktikan dengan penandatanganan...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2019 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.