Bitung

Cara KMPA TANSA Refleksikan Kemerdekaan RI ke-73

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Friday, 17 August 2018 23:44   441 kali
KMPA Tansa melaksanakan upacara bendera memperingati Hari Kemerdekaan RI. (foto : ist)
BITUNG (BK) : Patut ditiru apa yang dilakukan kelompok anak muda yang tergabung dalam Kelompok Muda Pencinta Alam (KMPA) Tindakan Antusias Simpati Alam (TANSA) Sulawesi Utara dalam merefleksikan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-73.
 
 
Selain memperingati dengan melaksanakan Upacara Bendera, para anak muda ini juga melaksanakan bhakti sosial membersihkan lokasi wisata Batu Angus Bitung, dengan mengangkat sampah-sampah yang berserakan, Jumat (17/8/2018) pagi.
 
 
Kegiatan ini kemudian mendapat respon positif dari sejumlah komunitas yang berada di Kota Bitung. Tercatat, kegiatan bersih-bersih itu dihadiri Komunitas Vespa Bitung, Mahasiswa Pencinta Alam (MPA) STIE Petra Bitung, KPA Katsuwonus Adv, KPA Coral Bitung serta Pemerhati Sungai Kota Bitung.
 
 
Ketua KMPA TANSA Sulut, Fernando Laira mengungkapkan, selain memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia, kegiatan ini bertujuan membangun semangat para-pemuda untuk selalu mencintai lingkungan. Juga untuk menyadarkan para pengunjung di lokasi wisata Batu Angus untuk tidak membuang sampah sembarangan.
 
 
“Ada 60 karung sampah yang berhasil kami angkut. Umumnya sampah plastik bekas makanan seperti snack maupun botol plastik bekas air mineral dan soda,” ujar Laira.
 
 
 
Bersih-bersih pantai Wisata batu Angus. (foto : ist)
 
 
Pemerhati Sungai Kota Bitung, Epang Pangalila mendukung kegiatan yang dilakukan KMPA Tansa Sulut. Pangalila yang juga menjadi pembina dalam upacara peringatan Hari Kemerdekaan yang digelar KMPA Tansa, meminta kegiatan seperti ini harus terus dilakukan sebagai upaya dalam melestarikan lingkungan.
 
 
“Jadilah pemuda yang mencintai alam dan lingkungan karena itu bagian dari menjaga NKRI,” tandasnya.
 
 
Saran bagus dikemukakan Vano Tambanaung, anggota KPA Coral Bitung yang menyebut perlunya pendataan barang bawaan pengunjung yang bisa menjadi sampah plastik ketika datang ke lokasi wisata Batu Angus. Data itu nantinya akan dicocokkan lagi ketika pengunjung kembali pulang.
 
 
“Pengunjung tidak lagi membuang sampah sembarangan karena barang bawaan sudah didata saat masuk ke lokasi,” tukasnya.
 
 
Begitu pun dengan sampah dari laut yang terbawa ke darat oleh arus air, dia berharap Pemerintah Kota Bitung lebih tegas menanganinya. “Harus ada himbauan kepada pemilik kapal untuk tidak membuang sampah ke laut agar laut serta pantai kita bisa bebas dari sampah plastik,” pungkas Tambanaung.
 
 
(acha/bk-8)
Komentar ()
Berita Bitung
Bitung
16 Jun 2015 / dibaca 1349 kali
BITUNG (BK): Seorang wanita bertato ditemukan tewas di Taman Kota samping Bank Mandiri Bitung, pada Senin (15/6/2015). Kapolres AKBP...
Bitung
02 Jun 2015 / dibaca 1830 kali
BITUNG (BK): Walikota Bitung Hanny Sondakh tidak bisa menyembunyikan perasaan sukacitanya atas masuknya investasi Lippo Group ke Kota Bitung...
Bitung
01 Jun 2015 / dibaca 1584 kali
BITUNG (BK): Lagi, Lippo Grup melakukan investasi di Kota Bitung senilai Rp800 miliar. Hal tersebut dibuktikan dengan penandatanganan...
Bitung
25 May 2015 / dibaca 2051 kali
BITUNG (BK): Hingga kini, petugas Direktorat Polair Polda Sulawesi Utara dengan menggunakan Kapal patroli XV 214 bersama kapal KM Lambelu...
Bitung
18 Apr 2015 / dibaca 1881 kali
BITUNG (BK): Peresmian Pemilu Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bitung tahun 2015, telah dilakukan di Kantor KPU Bitung, Jumat (17/4/2015)....
Profil Perusahaan | © 2011 - 2018 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.