Bitung

Gubernur Buka Porprov Sulut di Bitung

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Tuesday, 03 December 2019 06:37   161 kali
BITUNG (BK): Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey SE membuka secara resmi open ceremoni penyelenggara Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) ke 10 Sulawesi Utara (Sulut), Senin (02/12/2019), sekitar pukul 16.07 Wita, di Stadion Olahraga Duasudara Kota Bitung.  
 
Turut hadir Walikota/Wakil Walikota, Bupati/Wakil Bupati, Forkopimda dari 15 kabupaten/kota, kontingen dari 15 kabupaten/kota, dan masyarakat setempat. 
 
Pelaksanaannya diawali dengan kirab bendera merah putih, sekitar pukul 16.35 Wita dengan menampilkan kontingen dari 15 kabupaten/kota.
 
Diantaranya Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) yang membawa sebanyak 262 kontingen dan mengikuti 16 cabang olahraga (cabor), Kabupaten Bolmong Selatan (Bolsel) dengan jumlah kontigen 135 orang dan mengikuti 9 cabor, Kabupaten Bolmong Timur (Boltim) berjumlah 153 kontigen, Kabupaten Bolmong Utara (Bolmut) yang berjumlah 161 kontingen dan mengikuti 9 cabor, Kota Kotamobagu sebanyak 175 peserta kontingen, Kabupaten Bolmong Selatan (Bolsel) dengan jumlah kontigen sebanyak 133 peserta dan mengikuti 9 cabor, Kota Manado sebanyak 417 peserta kontigen dan mengikuti 26 cabor, Kabupaten Minahasa berjumlah 422 peserta kontingen dan mengikuti 18 cabor, Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) sebanyak 276 peserta kontingen, Kabupaten Minahasa Tenggaran (Mitra) berjumlah 194 peserta kontingen dan mengikuti 14 cabor, Kabupaten Minahasa Utara (Minut) sebanyak 229 peserta kontingen dan mengikuti 22 cabor, Kabupaten Kepulauan Sangihe sebanyak 250 peserta kontingen, Kabupaten Kepulauan Talaud sebanyak 93 peserta kontingen dan mengikuti 6 cabor, Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) sebanyak 151 peserta kontingen dan mengikuti 11 cabor, Kota Tomohon sebanyak 213 peserta kontingen dan mengikuti 19 cabor, serta Kota Bitung sebanyak 420 peserta kontingen dan mengikuti 28 cabor, total keseluruhan peserta kontingen sebanyak 3.890 peserta dan mengikuti 27 cabor. 
 
Dalam sambutannya, Walikota Bitung Max Lomban mengatakan, pada kesempatan yang berbahagia ini,  ijinkan saya menyampaikan terimakasih yang sebesar-besarnyanya kepada pak Gubernur Sulawesi Utara yang telah menunjuk Kota Bitung dalam pelaksanaan Porprov Sulut yang ke 10. 
 
"Terima kasih kepada pak Gubernur,  di tengah kesibukan bisa menempatkan hadir membuka secara langsung kegiatan Porprov yang ke 10 saat ini. Pak Gubernur, tadi cuacanya sangat bagus sekali, sehingga dari sini kita bisa melihat Gunung Duasudara, Pulau lembeh, Selat Lembeh, itu adalah karunia Tuhan bagi Kota Bitung," ucapnya. 
 
Lanjut disampaikan, Kota Bitung diberi gelar oleh Menteri Pemuda dan Olahraga adalah Kota Layak Pemuda, dari 514 kabupaten kota, Menteri Pemuda dan Olahraga menunjuk 20 kabupaten/kota di seluruh Indonesia, dan salah satunya di Sulawesi Utara adalah Kota Bitung. 
 
"Di samping itu juga,  disampaikan kepada kita semua, seluruh masyarakat yang hadir dari 15 kabupaten kota, kita berada di Kota yang sudah 14 kali meraih Adipura. Kita kita menunjuk headline, Bitung sebagai kota hemat plastik atau less plastic city," terang dia. 
 
Pula dijelaskan, kepada kita semua, mari sekalian jangan buang sampah sembarangan, gunakan plastik yg berulang kali dipakai, jangan menggunakan plastik yang sekali pakai, supaya tidak terjadi polusi di laut kita. 
 
"Kepada semua yang hadir saat ini, saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh kabupaten kota," tambahnya. 
 
Sementara itu, Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey SE dalam sambutannya mengatakan, menyambut kegembiraan yang sangat, karena hari ini kita berkumpul, dalam rangka penyelenggaraan olahraga yang sudah dua kali, yang sejak hampir 20 tahun tidak terselenggaranya Pekan Olahraga Provinsi di Sulawesi Utara. 
 
"Saya sangar berharap Porprov ini terus berlangsung dengan baik, setiap dua tahun sekali kita menyelenggarakannya. Dan tentunya harapan seluruh masyarakat dan Pemerintah provinsi Sulawesi Utara agar bisa mendapatkan atlit-atlit yang berbakat," ucapnya. 
 
Lanjut disampaikannya, kita perlu atlit asal Sulawesi Utara dalam mengikuti iven-iven nasional maupun internasional. Kita sudah membuktikan dalam Asian Games, ada atlit asal Sulawesi Utara yang mendapatkan medali emas. 
 
"Kemudian kita berharap dalam PON nanti, Provinsi Sulawesi Utara bisa menghasilkan emas dari atlit-atlit sendiri. Kita tidak perlu membeli atlit di luar Provinsi Sulawesi Utara. Kita bangun semangat kita dalam meningkatkan olahraga di Provinsi Sulawesi Utara ke depan," terang dia. 
 
Pula disampaikannya, Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara akan menyiapkan anggaran penyelenggaraan Porprov ke 11 nanti. 
 
"Saya menunggu 15 kabupaten kota yang siap, dan saya minta daerah lain legowo dulu. Dibikin di Bolaang Mongondow, dari 5 kabupaten ini berembuk, mana paling pas untuk melaksanakan kegiatan ini. Selama kami menjabat sebagai gubernur dan bapak steven kandouw sebagai wakil gubernur," tandasnya. 
 
Gubernur juga menjelaskan, tentunya semua ini berjakan denhan baik, segala kegiatan yang ada di Sulawesi Utara, karena kerja sama pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten dan kota. 
 
"Dan tentunya tidak kurang lebih, kita diberkati oleh Tuhan, karena diberikan kekuatan kesehatan dan kearifan. Sehingga kita selalu bersatu dalam rangka memajukan Provinsi Sulawesi Utara. Sekali lagi kami berterima kasih kepada Pemerintah Kota Bitung dan seluruh peserta yang berpartisipasi aktif dalam setiap olahraga yang ada di Sulawesi Utara," tutupnya. 
 
Secara terpisah, Wakil Bupati (Wabup) Kepulauan Sangihe Helmud Hontong SE, kepada awak media mengatakan, saya kira kontingen Sangihe sangat-sangat siap, walaupun ada sedikit kekurangan, saya yakin kontingen Sangihe akan merebut medali sebanyak-banyaknya. 
 
"Dan itu menjadi harapan pemerintah daerah dan seluruh masyarakat Kabupaten Kepulauan Sangihe. Agar doa yang disampaikan, agar kontigen tetap siap bertarung di Porprov X di Bitung. Harapan, minimal lima besar untuk Porprov saat ini. Sebagai pemerintah akan mensuport atlit-atlit kita, walaupun tadi saya sampaikan sedikit kekurangan. Tapi kita percaya atlit-atlit kita sudah siap untuk turun berlaga pada porprov X di Kota Bitung saat ini," kata Wabup. 
 
(fad/bk-10)
Komentar ()
Berita Bitung
Bitung
08 Oct 2018 / dibaca 864 kali
BITUNG (BK) : Meidy Montesoria Tuwo merayakan Pengucapan Syukur bersama kerabat dan masyarakat sekitar kediamannya di Kelurahan Girian Indah,...
Bitung
17 Aug 2018 / dibaca 950 kali
BITUNG (BK) : Patut ditiru apa yang dilakukan kelompok anak muda yang tergabung dalam Kelompok Muda Pencinta Alam (KMPA) Tindakan Antusias...
Bitung
12 Jul 2018 / dibaca 881 kali
BITUNG (BK) : Letkol Marinir Nandang Permana Jaya SE resmi menjabat Komandan Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) VIII Bitung....
Bitung
24 Jun 2018 / dibaca 1029 kali
BITUNG (BK) : Satlantas Polres Bitung berhasil menjadi jawara dalam ajang Police Movie Festival (PMF) ke-5 yang digelar Divisi Humas Polri....
Bitung
02 Jun 2018 / dibaca 1038 kali
BITUNG (BK): Basarnas Sulut berhasil menyelamatkankan pambut (kapal) penangkap ikan yang mengalami mati mesin di laut. Pambut berlambung...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2019 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.