Bitung

Jaksa Masuk Sekolah Kejati Sulut Beri Penyuluhan Hukum di Bitung

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Wednesday, 02 December 2020 12:40   324 kali
BITUNG (BK) : Tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) Kejaksaan Tinggi (Kejati) adalah melaksanakan tugas dan wewenang serta fungsi Kejaksaan di daerah hukum Kejati yang bersangkutan sesuai dengan peraturan perundangan-undangan dan kebijaksanaan yang ditetapkan oleh jaksa serta tugas-tugas lain yang ditetapkan oleh Jaksa Agung.
 
Demikian disampaikan Kepala Seksi Penerangan Hukum (Kasi Penkum) Kejati Sulut Theodorus Rumampuk pada penyuluhan dan penerangan hukum Jaksa Masuk Sekolah (JMS) di SMK Negeri 2 Bitung, Selasa (1/12/2020). Penyuluhan tersebut mengambil topik Peran Kejaksaan RI dalam Penegakan Hukum di Indonesia.
 
Kasi Penkum ditemani Kasi Teknologi Informasi dan Produksi Sarana Intelijen Advani Fahmi Ismail, mewakili Asisten Intelijen Kejati Sulut Stanley Yos Bukara untuk menjadi narasumber dalam penyuluhan.
 
“Kami juga melaksanaan fungsi kami sebagai penegakan hukum baik preventif maupun yang berintikan keadilan di bidang pidana,” ujar Rumampuk.
 
 
 
 
Para peserta yang mengikuti kegiatan Jaksa Masuk Sekolah ini adalah siswa-siswi yang merupakan perwakilan dari SMK Negeri 1 Bitung, SMK Negeri 2 Bitung, SMA Negeri 1 Bitung, SMA Negeri 2 Bitung, SMA Kristen Tumou Tou Girian, SMA Katholik Don Bosco Bitung, dan SMA Advent Bitung.
 
Topik pembahasan lainnya dalam penyuluhan ini adalah materi tentang pengenalan hukum, faktor-faktor yang mempengaruhi penegakan hukum, materi tentang narkotika dan psikotropika, Undang-undang Darurat Nomor 12 Tahun 1951, Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, materi tentang KUHP dan peraturan tentang protokol kesehatan pencegahan Covid-19.
 
Kepala Cabang Dinas Pendidikan Nasional Provinsi Sulut di Bitung dan Minut, Ernes Emor menyambut baik kedatangan tim Penerangan Hukum Kejati Sulut dan mengapresiasi atas kegiatan Penyuluhan dan Penerangan Hukum program Jaksa Masuk Sekolah (JMS) tingkat SMA / SMK se Kota Bitung. Ia berharap kegiatan seperti ini dapat terus dilakukan agar para siswa-siswi tentunya dapat mengetahui tentang aturan hukum yang berlaku di Indonesia.
 
“Diharapkan dengan adanya kegiatan ini para siswa-siswi dapat mengetahui apa itu hukum, sehingga jika siswa-siswi kenal apa itu hukum, niscaya akan terhindar dari hukuman,” ujarnya.
 
"Kenali hukum, jauhi hukuman," tambahnya.
 
 
 
 
Pelaksanaan JMS ini menerapkan protokol kesehatan Covid-19 dengan melakukan tes suhu tubuh, cuci tangan sebelum masuk tempat kegiatan serta tetap saling menjaga jarak dan menggunakan masker.
 
Turut hadir dalam kegiatan ini Kepala Seksi SMA/SLB pada Cabang Dinas Pendidikan Nasional Provinsi Sulut di Bitung dan Minut, Anie Alouw, para Pengawas Sekolah, dan perwakilan guru dari beberapa sekolah.
 
(acha/bk-8)
 
Komentar ()
Berita Bitung
Bitung
03 Mar 2020 / dibaca 387 kali
BITUNG (BK) : Wakil Sekretaris DPW Partai Amanat Nasional (PAN) Provinsi Sulut, Ahmad Syafrudin Ila mengatakan kontestasi Pilkada Bitung,...
Bitung
29 Jan 2020 / dibaca 557 kali
BITUNG (BK) : Sepuluh (10) mahasiswa Universitas Negeri Manado (Unima) melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kelurahan Girian Indah,...
Bitung
30 Dec 2019 / dibaca 639 kali
BITUNG (BK): Ketua Bawaslu Bitung, Deiby Londok melantik sebanyak 24 orang menjadi anggota Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) di Bitung,...
Bitung
03 Dec 2019 / dibaca 649 kali
BITUNG (BK): Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey SE membuka secara resmi open ceremoni penyelenggara Pekan Olahraga Provinsi...
Bitung
09 Nov 2019 / dibaca 512 kali
BITUNG (BK) : Satgas Jalayudha 19 yang membawa Taruna dan Taruni Akademi Angkatan Laut (AAL) Angkatan 65, melaksanakan Cocktail Party di...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2021 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.