Bolmong

1 Warga Terseret Banjir, Dandim 1303/Bolmong Perintahkan Jajaran Bantu Pencarian

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Monday, 21 February 2022 19:52   426 kali
BOLMONG (BK) : Banjir melanda Desa Nonapan Dua, Kecamatan Poigar, Kabupaten Bolmong, Minggu (20/2/2022). Hujan dengan intensitas tinggi yang turun seharian penuh membuat air sungai yang melintas di desa tersebut meluap.
 
Akibatnya, luapan sungai masuk hingga menggenangi beberapa rumah penduduk dengan ketinggian air berkisar antara 50 centimeter hingga 1 meter. Banjir ini juga menyebabkan seorang warga bernama Haman Mokodongan (70) ikut terseret arus.
 
Informasi ini kemudian direspon Komandan Kodim (Dandim) 1303/Bolaang Mongondow (BM) Letkol Inf Raja Gunung Nasution, dengan memerintahkan jajarannya yang berada di wilayah Koramil 1303-10/Poigar dan personil Babinsa untuk melakukan pencarian seorang warga yang terseret banjir tersebut.
 
“Segera ambil tindakan cepat untuk melakukan upaya pencarian terhadap salah seorang warga yang hilang akibat banjir,” ujar Dandim.
 
 
 
Tim gabungan menyusuri Sungai Nonapan. (Foto: istimewa)
 
 
Untuk mempermudah pencarian, Dandim meminta anggotanya untuk berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Tim SAR, Polsek dan masyarakat setempat. Selain itu, anggotanya juga harus siaga dan bekerjasama dengan aparat desa untuk membantu warga untuk proses evakuasi apabila air semakin tinggi.
 
“Saya imbau masyarakat yang berada di Desa Nonopan Dua agar tetap waspada dan selalu siap untuk dievakuasi ke tempat yang tidak terdampak banjir,” ujar Letkol Inf Raja Gunung Nasution.
 
Upaya pencarian di hari pertama tersebut sempat dihentikan pada pukul 17.30 WITA, mengingat hari yang semakin gelap. Operasi pencarian kemudian dilanjutkan keesokan harinya, Senin (21/2/2022), dipimpin Pasi Inteldim 1303/BM, Kapten Czi Sardi O. Mamonto.
 
Adapun personil yang terlibat berjumlah 62 orang, yang terdiri dari BPBD Bolmong, Basarnas Kotamobagu, Koramil 1303-10/Poigar, Polsek Poigar, Sekcam Poigar dan masyarakat Desa Nonapan Dua. Tim gabungan kemudian melakukan penyisiran di tiga titik, yakni seputaran rumah dengan radius 100 - 200 meter, daerah aliran Sungai Nonapan dan areal perkebunan.
 
 
 
Korban saat ditemukan di areal persawahan. (foto: istimewa)
 
 
Haman Mokodongan akhirnya ditemukan sekitar pukul 10.45 WITA di areal perkebunan/persawahan yang jaraknya sekitar 1 kilometer dari rumahnya. Namun, korban sudah dalam keadaan meninggal dunia.
 
Jasad korban sempat dibawa ke Puskesmas Poigar untuk dilakukan proses visum, sebelum dikembalikan ke keluarganya untuk dimakamkan.
 
Editor: Asrar Yusuf
 
Komentar ()
Berita Bolmong
Bolmong
06 Feb 2018 / dibaca 2496 kali
BOLMONG (BK) : Curah hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi, terus terjadi di wilayah Bolaang Mongondow (Bolmong) dalam sepekan...
Bolmong
21 Jan 2018 / dibaca 1497 kali
BOLMONG (BK): Polres Bolmong mengamankan delapan unit motor yang berasal dari pencurian dan penggelapan. Tiga orang yang diduga pelakunya ikut...
Bolmong
07 Jan 2018 / dibaca 1692 kali
BOLMONG (BK) : AR (22), terpaksa meringkuk dalam tahanan. Dia ditangkap Tim Opsnal Polres Bolmong di rumahnya, Desa Ambang Dua Kecamatan...
Bolmong
08 Nov 2017 / dibaca 2620 kali
BOLMONG (BK) : Pelatihan Jungle Resque hari kedua, Tim Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana (TRC-PB) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPDB)...
Bolmong
07 Nov 2017 / dibaca 1537 kali
BOLMONG (BK) : Kemampuan Tim Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana (TRC-PB) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bolmong terus...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2022 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.