Bolmong

Bawaslu Sulut Bekali Pengawas TPS se-Kabupaten Bolmong

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Thursday, 09 February 2017 17:53   413 kali
Komisioner Bawaslu Sulut Johnny Suak berfoto bersama 346 Pengawas TPS se-Kabupaten Bolmong. (acha)

BOLMONG (BK): Sebanyak 346 pengawas Tempat Pemungutan Suara (TPS), dibekali dengan Bimbingan Teknik (Bimtek) oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sulut di Restaurant Lembah Bening Kotamobagu, Kamis (9/2/2017). Bimtek ini dalam rangka Pengawasan Pungut dan Hitung pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bolmong tahun 2017.

 

Komisioner Bawaslu Sulut, Johnny Suak ketika memberikan materi meminta pengawas TPS harus bersikap netral selama sebulan ini. "Syaratnya harus netral, meskipun yang menjadi calon adalah saudara anda sendiri," ujarnya.

 

Dia mengatakan banyak, Bawaslu banyak menemukan adanya pengawas yang tidak netral pada pilkada-pilkada sebelumnya. Biasanya, sikap tidak netral ditemukan dalam akun facebook (FB), dengan memberikan status dan sikap yang condong kepada salah satu pasangan calon.

 

"Jika memang ditemukan pada Pilkada Bolmong ini, maka anda tidak akan pernah dilibatkan lagi dalam kegiatan pilkada berikutnya," tandasnya.

 

Ditemui disela-sela kegiatan, Johnny Suak mengatakan bimtek ini untuk bekal dan peningkatan kapasitas pengawas menjelang pemungutan suara. Selain itu juga untuk mengenalkan konsep dan terobosan dari Bawaslu RI, untuk melakukan pengawasan TPS yang berbasis teknologi.

 

"Kami siap sekali, pengawas TPS kita kumpulkan untuk dibekali, kami berikan bagaimana cara mengawas TPS sesuai dengan peraturan dan perundangan yang berlaku," terangnya.

 

Ketua Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Sulut ini menghimbau masyarakat, penyelenggara negara maupun pasangan calon untuk tidak berbuat hal-hal yang tidak sesuai dengan undang-undang dan peraturan yang berlaku di dalam pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara.

 

"Nantinya yang menjadi harapan kita, dari pengawas TPS ini, kita mampu mewujudkan pemilu yang berkualitas dan berintegritas di Kabupaten Bolmong," jelasnya.

 

"Dari Bawaslu kita selamatkan Indonesia, dari Pengawas TPS kita selamatkan Pilkada Bolmong," tambahnya lagi.

 

Pelaksanaan bimtek ini juga dihadiri Komisioner Bawaslu lainnya, Syamsurizal Musa, Anggota Panwaslu Bolmong Erni Mokoginta dan sejumlah pejabat teras di Bawaslu Sulut dan Ketua Panwas Kecamatan se-Kabupaten Bolmong.

 

(acha/bk-8)

Komentar ()
Berita Bolmong
Bolmong
13 Feb 2017 / dibaca 317 kali
BOLMONG (BK): Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) membantu warga di pesisir Pantai Inobonto untuk...
Bolmong
13 Feb 2017 / dibaca 309 kali
BOLMONG (BK): Cuaca ekstrim yang melanda wilayah Pantai Utara (Pantura) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong). Akibatnya, gelombang air pasang...
Bolmong
12 Feb 2017 / dibaca 344 kali
BOLMONG (BK): Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sulut menilai Pilkada Bolmong rawan akurasi data pemilih. Hal ini diungkapkan Johnny...
Bolmong
10 Feb 2017 / dibaca 380 kali
BOLMONG (BK): Hajar Latama (32), warga Desa Nonapan Baru Kecamatan Poigar Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), hanyut di sungai Nonapan....
Bolmong
09 Feb 2017 / dibaca 414 kali
BOLMONG (BK): Sebanyak 346 pengawas Tempat Pemungutan Suara (TPS), dibekali dengan Bimbingan Teknik (Bimtek) oleh Badan Pengawas Pemilu...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2017 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.