Bolmong

Petani Terseret Arus Sungai Nonapan saat Pindahkan Sapi

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Friday, 10 February 2017 08:49   626 kali
Proses evakuasi korban hanyut di sungai Nonapan Poigar. (foto : ist)

BOLMONG (BK): Hajar Latama (32), warga Desa Nonapan Baru Kecamatan Poigar Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), hanyut di sungai Nonapan. Korban kemudian ditemukan sudah tidak bernyawa lagi, Kamis (9/2/2017) pukul 21.45 WITA.

 

Informasi yang dihimpun beritakawanua.com, sore sekitar pukul 16.00 WITA, korban bermaksud memindahkan ternak sapinya yang berada di seberang sungai. Dia bersama seorang rekannya yang bernama Dimas Adipati (14).

 

Awalnya, Dimas menawarkan dirinya yang memindahkan sapi yamg berada di seberang. Korban juga dilarangnya untuk ikut menyeberang karena dalam kondisi sakit.

 

Tapi saat berada di seberang, Dimas kaget korban tidak terlihat lagi. Dia hanya melihat pakaian korban di atas tanah di tepi sungai. Dia pun yakin korban berusaha menyeberang dan hanyut.

 

Dimas lalu kembali ke desa dan memberitahukan kepada masyarakat. Dengan spontanitas, warga lalu berbondong-bondong ke sungai untuk mencari korban dengan menggunakan peralatan seadanya.

 

Informasi orang hanyut ini langsung ditanggapi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bolmong dengan menurunkan 2 personilnya untuk asesment awal. Namun karena kondisi sudah malam, tidak memungkinkan untuk langsung melakukan pencarian.

 

BPBD lalu berkoordinasi dengan Polsek Poigar dan Sangadi Nonapan untuk rencana operasi pencarian korban keesokan paginya. Alasannya, sesuai protap dan Standar operasional prosedur (SOP) dalam operasi SAR, tidak memungkinkan melakukan pencarian di malam hari karena berkaitan dengan visual dan keselamatan personil Tim Reaksi Cepat (TRC).

 

Tapi, keluarga korban dan masyarakat setempat ngotot untuk melakukan pencarian. Upaya ini akhirnya berhasil dan menemukan korban di muara sungai, yang berjarak satu kilometer dari rumah korban dengan kondisi sudah meninggal dunia.

 

(acha/bk-8)

Komentar ()
Berita Bolmong
Bolmong
18 May 2017 / dibaca 1158 kali
LOLAK (BK): Ada hal menarik saat Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Utara melakukan kunjungan kerja ke lokasi...
Bolmong
06 Apr 2017 / dibaca 786 kali
BOLMONG (BK) : Curah hujan yang cukup tinggi telah menyebabkan Longsor disertai pohon tumbang di Desa Baturapa Kecamatan Lolak Kabupaten...
Bolmong
05 Apr 2017 / dibaca 858 kali
BOLMONG (BK): Hujan deras selama tiga jam telah menyebabkan banjir di Desa Lolan Dua Kecamatan Bolaang Timur Kabupaten Bolmong. Akibatnya,...
Bolmong
15 Mar 2017 / dibaca 1035 kali
KOTAMOBAGU (BK) : Bidang Profesi dan Pengamanan (Bidpropam) Polda Sulut melaksanakan Penegakan Ketertiban dan Disiplin (Gatiplin) di Polres...
Bolmong
10 Mar 2017 / dibaca 586 kali
BOLMONG (BK) : Operasi Simpatik Polres Bolmong bersandi 'Ambang 2017' yang menimbun jalan berlobang, diapresiasi warga. Warga pun tak...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2018 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.