Bolmong

Tanggul Darurat Hancur, BPBD Bolmong Himbau Warga Pesisir Pantura Waspada Gelombang Pasang

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Monday, 13 February 2017 17:24   324 kali
Tanggul darurat dari karung pasir bantuan BPBD Bolmong, tak mampu menahan gelombang pasang di Inobonto. (foto : ist)

BOLMONG (BK): Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) membantu warga di pesisir Pantai Inobonto untuk membuat tanggul darurat penahan gelombang pasang dengan memberikan ratusan karung pasir.

 

Karung-karung tersebut disusun warga di belakang tanggul pemecah ombak. Namun tanggul darurat ini pun tak mampu menahan kerasnya gelombang ombak yang mengganas sejak Minggu (12/2/2017) sore, hingga Senin (13/2/2017) siang.

 

Kepala BPBD Bolmong Channy Wayong melalui Kasie Penanganan Darurat Bidang Tanggap Darurat, Abdul Muin Paputungan mengatakan sampai siang tadi wilayah Pantai Utara (Pantura) masih diguyur hujan dengan intensitas sedang sampai tinggi. Warga pun dihimbau untuk tetap waspada.

 

"Antisipasi awal untuk warga pesisir karena air laut juga pasang dengan gelombang besar," ujar Abdul Muin via WhatsApp (WA) mesengger, Senin (13/2/2017) siang.

 

Dia mengatakan cuaca ekstrim kemungkinan masih akan berlanjut dalam beberapa hari kedepan. Karena berdasarkan hasil pantauan Citra Satelit, pemusatan awan masih berpotensi terjadi di wilayah Sulawesi Utara.

 

"Kondisi seperti ini juga sudah terjadi pada saat awal bulan Februari ini, untuk itu kewaspadaan perlu ditingkatkan lagi," terangnya.

 

Mengenai adanya warga yang mengungsi karena rumah mereka diterjang gelombang pasang, katanya itu hanya bersifat temporer saja. Dimana, saat gelombang naik, semua warga yang rumahnya langsung berhadapan dengan laut, langsung meninggalkan rumahnya, dan ketika air surut, mereka kembali lagi ke rumah masing-masing.

 

"Kami mohon bantuan warga, sekiranya ada info terkini di wilayah masing-masing untuk segera disampaikan kepada kami, karena dengan luas wilayah yang besar tidak memungkinkan personil BPBD untuk hadir di wilayah Bolmong pada saat bersamaan," pungkas pria yang akrab dipanggil Ing ini.

 

(acha/bk-8)

Komentar ()
Berita Bolmong
Bolmong
13 Feb 2017 / dibaca 325 kali
BOLMONG (BK): Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) membantu warga di pesisir Pantai Inobonto untuk...
Bolmong
13 Feb 2017 / dibaca 318 kali
BOLMONG (BK): Cuaca ekstrim yang melanda wilayah Pantai Utara (Pantura) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong). Akibatnya, gelombang air pasang...
Bolmong
12 Feb 2017 / dibaca 349 kali
BOLMONG (BK): Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sulut menilai Pilkada Bolmong rawan akurasi data pemilih. Hal ini diungkapkan Johnny...
Bolmong
10 Feb 2017 / dibaca 390 kali
BOLMONG (BK): Hajar Latama (32), warga Desa Nonapan Baru Kecamatan Poigar Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), hanyut di sungai Nonapan....
Bolmong
09 Feb 2017 / dibaca 421 kali
BOLMONG (BK): Sebanyak 346 pengawas Tempat Pemungutan Suara (TPS), dibekali dengan Bimbingan Teknik (Bimtek) oleh Badan Pengawas Pemilu...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2017 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.