Bolmut

BPBD Bolmut Imbau Warga Waspada

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Friday, 18 January 2019 22:52   180 kali
Poster Imbauan untuk waspada banjir dan tanah longsor BPBD Bolmut.
BOLMUT (BK) : Longsor terjadi di ruas jalan Trans Sulawesi, Desa Sampiro, Kecamatan Sangkub, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), Kamis (17/1/2019) malam. Longsor disebabkan tebing setinggi 25 meter menjadi labil karena tergerus air hujan.
 
 
Cuaca yang masih belum bersahabat ini membuat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) mengeluarkan imbauan kepada warga untuk selalu meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana.
 
 
“Kami minta warga untuk mengenali bahaya, kurangi risikonya dan siap untuk selamat,” ujar Sekretaris BPBD Bolmut, Suhardi Binolombangan saat mendampingi Bupati Depri Pontoh dan Wakil Bupati Amin Lasena saat memantau longsor di Desa Sampiro, Kecamatan Sangkub, Jumat (18/1/2019) sore tadi.
 
 
 
 
Kondisi wilayah Kabupaten Bolmut yang berbukit, berpotensi terjadinya longsor. Bolmut juga dilalui 3 sungai besar yaitu Sungai Boya'u, Sungai Ilanga dan Sungai Gambuta (Sangkub) yang bisa meluap di musim penghujan.
 
 
 
 
 
“Intinya waspada banjir bagi warga di bermukim di bantaran sungai serta waspada tanah longsor yang berada di lereng perbukitan,” tandas Suhardi.
 
 
 
 
Lanjutnya, imbauan juga sudah dilakukan dalam bentuk poster yang akan diberikan kepada masyarakat yang bermukim di lokasi rawan bencana.
 
 
Sekadar diketahui, awal tahun 2017 lalu, wilayah Kabupaten Bolmut sempat diterjang bencana banjir dan tanah longsor. Banjir disebabkan oleh meluapnya Sungai Sangkub (Gambuta) setelah dilanda hujan selama 2 hari.
 
 
Tercatat, sejumlah desa di Kecamatan Sangkub, seperti Desa Busisingo, Busisingo Utara, Sangkub I, Sangtombolang, Mokusato dan Desa Tombolango terendam banjir dengan ketinggian mencapai 1 meter.
 
 
Sedangkan di Kecamatan Bintauna terdapat Desa Bintauna Pante, Kopi dan Kuhanga terendam banjir dengan ketinggian 50 hingga 150 centimeter.
 
(acha/bk-8)
Komentar ()
Berita Bolmut
Bolmut
08 May 2013 / dibaca 2746 kali
BOROKO (BK): Calon Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) yang berstatus Incumbent Bupati, Hamdan Datunsolang rupanya kurang...
Bolmut
08 May 2013 / dibaca 3818 kali
BOROKO (BK): Perhitungan cepat yang dilakukan sejumlah lembaga terkait dengan Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara...
Bolmut
16 Apr 2013 / dibaca 2093 kali
BOROKO (BK): Menyusul adanya pelanggaran dalam tahapan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada), Bupati dan Wakil Bupati, Kabupaten Bolaang...
Bolmut
16 Apr 2013 / dibaca 2104 kali
BOROKO (BK): Panitia pengadaan barang dan jasa, Kabupaten Bolmong Utara (Bolmut), Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), dituding bermain mata,...
Bolmut
11 Apr 2013 / dibaca 2577 kali
BOROKO (BK): Diduga arus pendek listrik, Toko Meubel yang terletak di Jalan Trans Sulawesi, tepatnya di Desa Boroko Kecamatan Kaidipang,...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2019 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.