Bolmut

Panitia Tender di Pemkab Bolmut Kongkalikong dengan Kontraktor

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Tuesday, 16 April 2013 08:05   2099 kali

BOROKO (BK): Panitia pengadaan barang dan jasa, Kabupaten Bolmong Utara (Bolmut), Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), dituding bermain mata, dengan pihak kontraktor.

Pasalnya, banyak timbul indikasi sejumlah kejangalan, pada saat proses lelang dilakukan hingga pengumuman tender pada paket pengadaan alat peraga/praktik sekolah, berbandrol Rp. 4.254.344.640, di Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga (Dikpora) Bolmut, tahun anggaran 2013.

"Sejak awal, pada waktu pembukaan penawaran, kami menemukan adanya persekongkolan antar sesama peserta tender. Ini juga bisa dubuktikan dengan kesamaan bentuk dokumen penawaran dari isi, format serta kesamaan kata-kata. Selain itu juga terjadi kesamaan kesalahan pengetikan, kesamaan metode pelaksanaan, kesamaan arsiran dalam barchart jadwal pelaksanaan, serta lainya,” beber Direktur  CV Wenang Inti Medika, Herry Nixon Djafar, didampingi M Kifli Alamri, kepada sejumlah wartawan, Senin (15/4/2013).

Menurutnya, kejangganan yang sama juga terjadi pada saat pemasukan penawaran, karena dokumen-dokumen penawaran di bawah oleh orang yang sama. Sehingga indikasi persekongkolan dengan pihak panitia pengadaan diduga dilakukan oleh beberapa CV.

“Berdasarkan Perpres nomor 54 Tahun 2010 tentang tata cara pemilihan penyedia barang, apabila dalam evaluasi ditemukan bukti adanya persaingan usaha yang tidak sehat dan atau terjadi pengaturan bersama (kolusi/persekongkolan) antara peserta, ULP dan atau PPK, dengan tujuan untuk memenangkan salah satu peserta, maka peserta yang ditunjuk sebagai calon pemenang dan peserta lain yang terlibat dimasukkan ke dalam daftar hitam. Begitu juga jika ada anggota ULP atau PPK yang terlibat persekongkolan diganti dan dikenakan sanksi administrasi atau pidana. Sehingga proses evaluasi tetap dilanjutkan dengan menetapkan peserta lainnya yang tidak terlibat,” kata Djafar.

Dia juga menjelaskan, jika panitia pengadaan barang dan jasa lainnya ULP kabupaten Bolmut pada tahap evaluasi penawaran, dengan mengacu pada ketentuan diatas sudah seharusnya menggugurkan seluruh peserta lelang yang terlibat persekongkolan termasuk CV Mitra Media dan menunjuk CV Wenang Inti Medika yang tidak terlibat persekongkolan dengan pihak manapun sebagai pemenang lelang.

“Pihak panitia juga dengan sengaja tidak mengumumkan pemenang lelang melalaui website sebagaimana amanat Perpres 54 Tahun 2010, bahkan dengan sengaja membiarkan pengumuman lelang pada papan pengumuman tidak ditempel lagi setelah disobek oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Hal ini menginidikasikan sebuah skenario agar pengumuman pemenang lelang tidak diketahui oleh peserta yang lain sampai berakhirnya masa sanggah,” tandasnya.

Sehingga itu pihaknya merasa dirugikan dengan adanya permainan antara pihak panitia lelang dan sejumlah perusahaan yang dinyatakan menang tender secara tidak fair.

“Kami menilai panitia pengadaan barang dan jasa lainnya ULP Dikpora Bolmut sarat dengan kecurangan dan rekayasa yang sangat merugikan pihak kami dengan tujuan untuk menggagalkan kami sebagai pemenang lelang. Padahal secara jelas dan nyata bahwa perusahaan kami memiliki penawaran yang responsifdan telah memenuhi persyaratan tanpa penyimpangan yang substantive,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua panitia pengadaan barang dan jasa lainnya ULP Dikpora Bolmut, Ismail Mardani belum bisa dikonfirmasi. Meskipun yang bersangkutan didatangi secara langsung di sekretariat pelelangan namun tidak berada ditempat.

(matox/bk-1)

Komentar ()
Berita Bolmut
Bolmut
08 May 2013 / dibaca 2744 kali
BOROKO (BK): Calon Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) yang berstatus Incumbent Bupati, Hamdan Datunsolang rupanya kurang...
Bolmut
08 May 2013 / dibaca 3813 kali
BOROKO (BK): Perhitungan cepat yang dilakukan sejumlah lembaga terkait dengan Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara...
Bolmut
16 Apr 2013 / dibaca 2092 kali
BOROKO (BK): Menyusul adanya pelanggaran dalam tahapan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada), Bupati dan Wakil Bupati, Kabupaten Bolaang...
Bolmut
16 Apr 2013 / dibaca 2100 kali
BOROKO (BK): Panitia pengadaan barang dan jasa, Kabupaten Bolmong Utara (Bolmut), Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), dituding bermain mata,...
Bolmut
11 Apr 2013 / dibaca 2573 kali
BOROKO (BK): Diduga arus pendek listrik, Toko Meubel yang terletak di Jalan Trans Sulawesi, tepatnya di Desa Boroko Kecamatan Kaidipang,...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2019 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.