Bolmut

PT Dinasti Langgar UU Tenaga Kerja

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Wednesday, 10 April 2013 22:49   2980 kali

BOROKO (BK): Malang nasib puluhan tenaga kerja lepas di PT Dinasty, yang berada di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), Provinsi Sulawesi Utara (Sulut). Perusahaan terkesan mengabaikan keselamatan para pekerjanya.

Betapa tidak, hak sebagai tenaga kerja, berupa  Jaminan Sosial Tenaga Kerja (Jamsostek), pada kenyataannya tidak didaftarkan alias  digantung oleh perusahaan yang beroperasi di Desa Saleo, Kecamatan Bolangitang Timur.

Seperti diungkapkan, Herdy satu di antara sejumlah tenaga kerja, hampir tiga tahun bekerja di perusahaan tersebut, mengaku dirinya beserta 59 rekannya, tidak diikutkan dalam program Jamsostek.

“Saya bersama rekan kerja lainnya, sama sekali tidak tahu, apa alasan, hingga pihak perusahaan tidak mendaftarkan kami ke Jamsostek,” tutur Herdy, Rabu (10/4/2013).

Hal yang sama juga dilontarkan, Wawan, warga Desa Saleo.  Ia mengatakan, perusahaan melindungi keselamatan kerja merupakan suatu kewajiban pihak PT Dinasty.

“Yang menjadi pertanyaan kami, mengapa, kami selaku buruh karyawan perusahaan, ternyata dianggap bukan pekerja tetap," kisahnya.

Sebelumnya, puluhan buruh melalui perwakilan mereka telah mengajukan permohonan direkrut sebagai pekerja tetap, dikarenakan adalah penduduk lokal di lokasi PT Dinasty bertempat.

“Kami sudah pernah mengajukan ke perusaaan agar kami dijadikan pekerja tetap, namun hanya dijanji nanti tetap akan diupayakan,” aku para pekerja.

Menyikapi akan hal ini, aktifis Bolmut, Arifin 'Bung' Bolota, menilai, apa yang dilakukan perusahaan melangkahi hak yang harus diterima pekerja sebagaimana Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003, tentang Ketenagakerjaan.

“Sama halnya, perusahaan ini telah perbudakan gaya baru. Sebab, secara jelas perusahaan telah melanggar aturan mengenai tenaga kerja,” kata Bolota.

Olehnya, Arifin mendesak, pemerintah daerah, agar dapat mengambil langkah guna memfasilitasi permintaan pekerja dengan pihak perusahaan.

"Ini dilakukan agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Instansi teknis dalam hal ini Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Bolmut harus segera turun ke perusahaan untuk memfasilitasi para buruh dengan perusahaan. Bila perlu apa yang menjadi keinginan mereka segera dituntaskan,” pinta Arifin.

(matox/bk-1)

Komentar ()
Berita Bolmut
Bolmut
08 May 2013 / dibaca 2744 kali
BOROKO (BK): Calon Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) yang berstatus Incumbent Bupati, Hamdan Datunsolang rupanya kurang...
Bolmut
08 May 2013 / dibaca 3813 kali
BOROKO (BK): Perhitungan cepat yang dilakukan sejumlah lembaga terkait dengan Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara...
Bolmut
16 Apr 2013 / dibaca 2092 kali
BOROKO (BK): Menyusul adanya pelanggaran dalam tahapan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada), Bupati dan Wakil Bupati, Kabupaten Bolaang...
Bolmut
16 Apr 2013 / dibaca 2100 kali
BOROKO (BK): Panitia pengadaan barang dan jasa, Kabupaten Bolmong Utara (Bolmut), Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), dituding bermain mata,...
Bolmut
11 Apr 2013 / dibaca 2574 kali
BOROKO (BK): Diduga arus pendek listrik, Toko Meubel yang terletak di Jalan Trans Sulawesi, tepatnya di Desa Boroko Kecamatan Kaidipang,...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2019 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.