Bolsel

Lokasi Eks Tambang PT MM Potensi Konflik

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Friday, 16 November 2012 20:18   1594 kali

BOLSEL (BK): Menyusul adanya pembiaran serta sikap dari Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Bolmong Selatan (Bolsel) atas lokasi eks tambang PT Mongondow Mandiri (MM) di Desa Tolondadu yang kini diambil alih oleh masyarakat, berpotensi terjadi konflik sosial.

Prediksi buruk ini terjadi ketika masyarakat sudah merasakan dan sangat bergantung pada hasil tambang.

Sudah berlangsung beberapa bulan lamanya, puluhan masyarakat Tolondadu melakukan penambangan illegal di lokasi tambang milik PT MM. Mereka juga mulai merasakan keuntungan dari hasil olah tambang secara tradisional itu.

“Bila ini terus dibiarkan oleh pemerintah, lokasi tambang itu akan menjadi liar. Pemerintah sulit untuk mencegah karena akan berlawanan dengan masyarakat yang sudah bergantung atas hasil tambang emas itu,” ungkap Darman Matara, pemerhati lingkungan Bolmong raya.

Kepala Dinas Pertambangan Energi dan Sumber Daya Mineral Kabupaten Bolsel, Ir Sugeng Purwono, menjelaskan PT MM sudah mengajukan permohonan untuk perpanjangan ijin operasional kepada Pemkab Bolmong Selatan.

Namun hingga saat ini permohonan tersebut belum disetujui, karena harus memenuhi banyak proses dan ketentuan yang harus dipenuhi. Disamping itu, pihaknya belum meninjau langsung lokasi tambang pasca tambang PT Mongondow Mandiri yang masa ijin operasionalnya sudah berakhir sejak Juni lalu.

“Dulu sempat turun ke lokasi tapi setelah sejauh ini, belum diketahui bagaimana kondisi terakhir lokasi eks tambang termasuk soal adanya kegiatan tambang rakyat oleh masyarakat setempat,” kata Sugeng.

(jusuf kalalo/tox)

Komentar ()
Berita Bolsel
tidak ditemukan
Profil Perusahaan | © 2011 - 2018 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.